BINGKISAN ROSULULLAH VIA ABI UNTUK BUNAYYA

Pernikahan bukan sekedar seremonial ada wali dan dua orang saksi,tetapi adalah suatu mitsaqon gholizan (perjanjian yang berat)yang menuntut keduanya untuk memenuhi hak dan kewajiban masing masing dengan penuh keadilan dan keseimbangan yang akan diminta pertanggungan jawabnya kelak dihari perhitungan.

DI SURGA FIRDAUS KITA BERSATU

Aku tidak mau ikut gila,buruk muka cermin kok dibelah. Kulitku hitam legam,hidungku pesek,posturku bulat pendek,cukuplah kalau aku dijuluki sitampang brengsek. Kemiskinan yang melanda hidupku melengkapi diriku,mengapa tidak ada satupun gadis yang mau melirikku. Tiga puluh lima tahun sudah aku menapak dibumi Allah,menambah predikatku si Bujang Lapuk.

PLUTOKRASI DAN KLEPTOKRASI

SUMUT bukan singkatan Sumatera Utara tetapi diplesetkan dengan : SEMUA URUSAN MUSTI UANG TUNAI. Baik itu urusan politik,ekonomi ,hukum,apapun harus pakai uang. Ada uang abang disayang tidak ada uang abang melayang.

Dilemma

Salah seorang calon tersebut haruslah meninggalkan agamanya dan beralih kepada agama calon yang sangat dicintainya. Bayangkan diotakmu yang bersih apa yang akan terjadi kalau kau rela menggadaikan akidahmu dengan DUNIA YANG HINA DAN GILA ini?

Dialog Musa dan Tuhannya

Ya Allah ya Tuhanku Maha Pencipta diriku dan manusia seutuhnya engkau kurniakan akal nurani serta kehidupan penuh kenikmatan mengapa diakhirat engkau lemparkan mereka keneraka,tanya Musa yang sedang dilanda perang batin yang melanda jiwanya.

Saturday, February 28, 2015

MENJELAJAH DUNIA JIN

Pertanyaannya apakah jin itu ada atau hanya isapan jempol dan sesuatu yang mitos?Dalam al quran ditemui khusus sutat Jin sebanyak 28 ayat dimana ayat 1
Allah berfirman Katakanlah hai Muhammad:telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan( bacaan alquran) lalu mereka berkata:Kami Telah mendengar bacaan yang menakjubkan.
Dalam surat adz Dzariyat 58 ditegaskan:Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka menyembahku.
Jelas dengan firman Allah ini pastilah jin itu ada tak diragukan lagi.
Apa persamaan dan perbedaan jin dan manusia?
Persamaannya adalah baik jin atau manusia sama sama hidup punya jasad, akal dan nafsu keturunan juga bisa mati serta bersama sama dibebani perintah dan larangan dari Allah swt yang kelak akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah dihari kiamat.
Jin ada yang mungkar yang bersifat syaitan tetapi ada juga yang sholeh mereka berpegang teguh pada  agamanya memiliki mesjid dan melakukan sholat sebatas yang mereka tahu tetapi kebanyakan mereka bodoh kata Syaikh Muqbil bin Hadi rahimullah.
Lihatlah surat Jin ayat 11:Sesungguhnya diantara kami ada yang sholeh dan ada yang tidak demikian halnya adalah kami menempuh jalan yang berbeda.
Perbedaannya jin bisa melihat manusia sedangkan manusia tak bisa melihat jin dalam bentuknya yang hakiki.
Sesuai namanya jin asal katanya dari jim dan nun artinya tertutup dan jin bisa berubah wujud dalam bentuk hewan..Manusia diciptakan dari tanah sedang jin diciptakan dari api lebih dahulu dari manusia.
Disebutkan dalam surat al "Araf 27:Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.
Firman Allah dalam surat al Hijr,27-28:Dan kami telah menciptakan jin sebelum Adam dari api yang sangat panas.Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat:Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk demikian juga disebut dalam surat ar Rahman 15.
Rasulullah saw bersabda:Malaikat diciptakan dari nur(cahaya),jin diciptakan dari marij(api.Dan adam diciptakan dari tanah.(HR:Muslim).
Rasul saw juga bersabda:Jin itu terdiri dari tiga kelompok:Ada yang bersayap terbang keangkasa.ada yang berwujud ular atau anjing dan ada juga berdiam diri ditempatnya dan melakukan petualangan (HR:Thabrani,Hakim ,Baihaqi).
Jin memakan tulang dan kotoran sebagai makanan rutinnya.
Rasul saw bersabda pada Abu Hurairah ra:Carilah beberapa batu untuk kugunakan bersuci dan janganlah engkau carikan tulang dan kotoran hewan,Abu Hurairah berkata:Aku membawakannya beberapa batu kuletakkan disampingnya.Aku menjauh hingga beliau selesai buang hajat.Lalu aku bertanya:Ada apa dengan tulang dan kotoran hewan ya Rasul?Beliau menjawab:Keduanya termasuk makanan jin.(HR:Bukhari).
Beberapa tempat yang sangat disukai para jin antara lain:adalah Pasar.
Dari Salman ra berkata:Rasulullah saw bersabda:Sungguh jika kamu mampu janganlah kamu jadi orang pertama kali masuk pasar.dan terakhir kali keluar darinya karena sesungguhnya pasar adalah medan peperangan syaitan dan didalamnya ia menancapkan bendera.(HR:Muslim).
Tempat buang hajat:Dari Zaid bin Arqam ra dari Nabi saw beliau bersabda:Tempat tempat buang hajat itu dikunjungi oleh syaitan khusus untuk mengganggu maka kalau salah seorang kalian masuk kedalamnya hendaklah mengucapkan (Ya Allah sesungguhnya aku berlindung padaMU dari gangguan syaitan laki laki dan perempuan.(HR:Abu Daud).
Di lautan:Dari Jabir ra ia berkata:Rasulullah saw bersabda:Sesungguhnya Iblis meletakkan singasananya dilautan.Dari sana ia mengirim pasukannya untuk membuat fitnah ummat manusia.Maka siapa yang lebih besar membuat bencana dialah yang lebih besar jasanya dikalangan mereka.(HR:Muslim).
Dirumah :Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasul saw bersabda:Janganlah kalian jadikan rumah rumah kalian sebagai kuburan sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan didalamnya surat al Baqarah .(HR:MMuslim).
Dari As Sya"bi ia berkata,Abdullah bin Mas"ud berkata:Barang siapa yang membaca sepuluh ayat dari surat al Baqarah didalam rumah,maka syaitan tak akan memasuki rumah itu malam harinya sampai pagi harinya Ke sepuluh ayat tersebut adalah empat ayat pertama darinya,ayat Kursy,dua ayat sesudah ayat Kursy dan tiga ayat terakhir surat al Baqarah(HR:Thabrani).
Dilubang tanah.Dari Qatadah ,dari Abdullah bin Sirjis bahwa sesungguhnya Nabi saw melarang seseorang kencing dilubang tanah.Mereka bertanya kepada Qatadah:Mengapa dibenci kencing dilubang?Ia menjawab:Lubang itu tempat tinggal jin.(HR:Abu Daud).
Bersama unta dikandang kandangnya.Dari Abdullah bin Mughofal,ia berkata:Rasul saw telah melarang kamu menegakkan sholat dikandang unta dan tempat menderumnya karena itu diciptakan dari syaitan .(HR:Abu Daud).
Para jin juga senang tinggal dipadang pasir,lembah,lorong dan rumah rumah yang ditinggalkan pemiliknya.
Apakah jin sama dengan setan atau iblis?
Syaitan berasal dari kata syathona yang artinya jauh (ba"udah) maksudnya jauh dari kebenaran. Dalam bahasa Arab setiap makhluk yang membangkang disebut syaitan.Sifat syaitan antara lain:
Dalam surat al Baqarah 169 Allah swt berfirman:Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat keji dan mungkar dan mengatakan apa yang tak kamu ketahui.tentang Allah swt.
Syaitan itu adalah musuh manusia lihat surat al Baqarah 208:
Hai orang orang yang beriman masuklah kamu kedalam Islam secara total dan jangan kamu turuti langkah syaitan,Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Syaitan itu penipu dan memberi janji dan angan angan kosong buka surat an Nisa 120:Syaitan itu memberikan janji janji kepada mereka dan membangkitkan angan angan kosong padahal syaitan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka
Syaitan bisa berwujud manusia perhatikanlah surat al An"am 112:
Dan demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari syaitan manusia dan jin.sebagian mereka membisikkan sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan.Dan bila Tuhanmu menghendaki niscaya mereka tidak akan melakukannya maka biarkanlah mereka bersama kebohongan yang mereka ada adakan.
Dalam surat an Nas juga disebutkan syaitan itu adalah dari golongan jin dan manusia.Siapa saja baik jin dan manusia yang bersifat seperti syaitan disebut syaitan.Allah berfirman dalam surat an Nas 1-6::Katakanlah hai Muhammad:Aku berlindung kepada Tuhan manusia,Raja manusia,Sembahan manusia.Dari bisikan syaitan yang bersembunyi.Yang membisikkan kejahatan dalam dada manusia.Dari golongan jin dan manusia.
Jadi syaitan itu adalah sifat jahat yang berwujud jin dan manusia seperti yang dikatakan Ibnu Jarir bahwa syaitan itu adalah setiap yang durhaka kepada Allah swt baik dari jenis manusia,jin,hewan dan segala sesuatu.
Sementara Iblis berasal dari kata al balas yang bermakna tak punya kebaikan sedikitpun atau ablasa maknanya putus asa atau bingung.
Makhluk yang durhaka yang jenisnya jin bukan manusia.perhatikan surat al Kahf 50.Dan ingatlah ketika Kami berfirman pada para malaikat Sujudlah kamu kepada Adam.maka mereka bersujud kecuali iblis.Dia adalah dari golongan jin maka dia mendurhakai perintah Tuhannya.
Iblis adalah oknum jin yang durhaka  kepada Allah swt.dan sombong (al Baqarah 34,al Araf 12).
Apakah yang menghalangimu untuk bersujud ketika aku menyuruhmu bersujud pada Adam?Iblis menjawab:Saya lebih baik darinya Engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia dari tanah.
Ciri utama iblis adalah bahwa iblis tak akan mati sampai dunia kiamat.
Dan penangguhan kematiannya memang telah diberikan Allah swt (surat AL Araf 14-15 dan surat as Sad 79-81).Iblis menjawab: Berilah aku penangguhan waktu sampai hari mereka dibangkitkan.Allah swt berfirman:Benar,kamu termasuk yang diberikan penangguhan waktu.
Al Hasan Al Bashri berucap:Iblis tak termasuk malaikat sedikitpun .Iblis merupakan asal mula jin sebagaimana Adam asal mula manusia.
As Syaikh Abdur Rahman bin Natsir As Sa'di rahimamullah berkata:Iblis ad abul jin(bapak dari jin).
Namun Al Qurtubi termasuk Ibnu Abbas ra  dan jumhur ulama mengatakan bahwa iblis dari malaikat berdasarkan surat al Baqarah 34
Ditafsirkan semua malaikat bersujud kecuali iblis bahwa iblis adalah malaikat yang tak mau bersujud.
Apakah manusia bisa menundukkan atau memerintah jin?
Tidak seorang manusiapun yang bisa mengendalikan jin setelah doa nabi Sulaiman as sebagaimana firman Allah swt  dalam surat as Sad 35-39:
Dia berkata:Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki siapapun setelahku.Sungguh Engkaulah Yang Maha Pemberi.Kemudian Kami tindukkan kepadanya angin yang berembus dengan baik menurut perintahnya kemana saja yang dikehendakinya.Dan kami tundukkan padanya syaitan syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam.Dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu.
Inilah anugerah kami maka berikanlah kepada orang lain atau tahanlah untuk dirimu sendiri tanpa perhitungan.
Tetapi kenyataan masa kini banyak orang mengaku mampu bersahabat dan mengendalikan jin untuk kepentingan pengobatan atau kepentingan duniawi lainnya,Mereka mengklaim meminta bantuan jin muslim lewat bantuan al Quran semata mata tak pakai mantera yang tak diketahui maknanya dan jimat jimat tertentu itu adalah pendusta menurut Syaikh Majd Muhammad asy Syahawi.Beberapa cara meminta bantuan kepada jin antara lain :
Penjualan cincin atau batu aqiq dengan harga yang sangat mahal dengan iming iming ada jin tinggal dalamnya yang bisa menjaga keselamatannya.
Membedah pasien tanpa melukai tubuh.
Membaca doa wirid tertentu pada seseorang yang sedang berbaring setelah selesai didoakan tubuhnya tergantung diawang awang.
Menyeru arwah memasuki tubuh seseorang lalu kesurupan berbicara segala sesuatu yang diinginkan oleh orang yang disusupinya atau arwah yang sudah mati berbicara dengan orang sekitarnya.
Bagaimana pandangan Islam tentang minta bantuan jin?
Sama sekali tidak dibenarkan secara syar"i dengan alasan:
Tidak pernah dilakukan Rasul saw.Khulafah ur Rasyidin,para sahabat,para tabi"inj dan orang orang shaleh.
Ciri utama jin dan syaitan itu adalah dusta>Rasulullah saw bersabda kepada Abu Hurairah ra:Ia berlaku jujur padamu sedangkan dia pendusta.(HR:Bukhari).
Para jin seperti syaitan akan menjerumuskan manusia dalam kekufuran dan kemusyrikan.
Perusaakan aqidah karena ketergantungan kepada selain Allah swt.
Banyak yang mendakwahkan dirinya meminta tolong jin yang sholeh tentu sebagai orang awam tak bisa membedakan mana tukang tenung atau sihir dan lainnya.
Mereka berkedok ru"yah syari""yah berdasarkan al Qur"an dan Hadist meminta tolong hanya pada jin Islam saja.
Keistimewaan nabi Sulaiman as mengendalikan syaitan(jin) untuk kepentingan kerajaanya adalah anugerah khusus dari Allah swt untuknya tak untuk siapapun sedangkan kepentingan Rasul saw bertemu dengan kumpulan jin semata mata untuk berda"wah karena Rasul saw diutus bukan hanya untuk manusia tetapi juga golongan jin.Apa mungkin ada seseorang hanya untuk berdakwah berinteraksi dengan jin kalau bukan untuk kepentingan duniawi?


Dikutip dan disusun oleh ALS: Semarang 1 Maret 2015. published 11.10 wib.

Monday, February 23, 2015

AHLI KITAB ITU SIAPA YA?

Ahli kitab terdiri dua suku kata bahasa Arab yaitu Ahlu dan al Kitab dimana Ahlu maknanya pemilik dan al Kitab adalah kitab suci jadi ahli kitab bermakna pemilik kitab suci maksudnya semua ummat Nabi yang diturunkan kepada mereka wahyu Allah.Mayoritas para mufassir berpendapat bahwa ahli kitab hanyalah ummat Yahudi dan Nasrani.Istilah ahli kitab diusik sebanyak 31 kali dalam alqur"an dalam sembilan surat al Baqarah,Ali Imran,an Nisa",al Maidah,al Ankabut,al Ahzab,al Hadid,al Hasyr dan al Bayyinah.hanya satu surat al Ankabut (surat Makkiyah) selebihnya surat Madaniyah.
Tetapi pada perkembangan selanjutnya cakupan ahli kitab semakin meluas menurut mereka yaitu hampir semua ummat yang mempunyai kitab suci adalah ahli kitab yaitu.Yahudi,Nasrani,Majusi,Shabi"un,Budha,KongHu Cu dan Shinto(lihat Islam Dokrin dan Peradaban karya Nurcholis Majid 1992).
Konsep pemikiran seperti ini dimana penganut semua agama adalah ahli kitab bahkan tidak ada bedanya Islam dan agama lainnya katanya sih dijamin keselamatannya diakhirat kelak.
Pola pikir seperti ini tak berdasarkan syar"i. Inilah dasar pemikiran liberal boleh nikah antar agama.
Padahal Imam Syafii berpendapat adalah pengikut Yahudi dan Nasrani dari Bani Israel saja yang termasuk ahli kitab sedang yang bukan Bani Israel tak termasuk didalamnya walaupun penganut Yahudi atau Nasrani.
Menurut tafsirab Imam Syafii bahwa Nabi Musa as dan Isa as hanya diutus untuk kaumnya yaitu Bani Israel.Maka agama Majusi(Zoroaster) tidak termasuk criteria ahli kitab karena tidak diturunkan kepadanya kitab dan tidak menganut baik Yahudi atau Nasrani.
Pendapat Imam Syafii ini diperkuat oleh ulama besar lainnya seperti
Thabary, al Qurtuby,al Biqa"iy,Ibnu Katsir dan al Baghawi dalam menafsirkan surat al Bayyinah ayat 1:Orang orang yang kafir dari golongan ahli kitab dan orang musyrik tidak akan meninggalkan agama mereka sampai datang kepada mereka bukti yang nyata.
Yang dimaksud ahli kitab disini adalah hanya penganut Yahudi dan Nasrani .
Kedudukan ahli kitab dalam alquran secara tegas mengataksn bahwa ahli kitab termasuk kafir karena menentang kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad saw bahkan Imam Nawawi al Bantani memosisikan ahli kitab bukan hanya kafir tetapi juga musyrik karena ummat Yahudi dan Nasrani telah menjadikan rahib dan ulama mereka sebagai Tuhan selain Allah sebagaimana ummat Nasrani menganggap Isa ibnu Maryam sebagai anak Allah dan Tuhan yang disembah.
Perhatikan surat at Taubah 31:Mereka menjadikan orang orang alim dan rahib rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan mereka juga menuhankan al Masih putra Maryam pada hal mereka hanya diperintahkan menyembah Tuhan Yang Esa dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia Dan Maha Suci Allah daripada apa yang mereka sekutukan.
Perhatikan juga surat al Maidah 17 dan 73 dimana Allah swt berfirman:Sesungguhnya kafirlah orang orang yang berkata:Sesungguhnya Allah itu ialah al Masih putra Maryam(17).Sesungguhnya kafirlah orang orang yang mengatakan bahwa Allah itu salah seorang dari yang tiga;padahal sekali kali tidak ada Tuhan dari Tuhan Yang Esa(73).
Ingatlah firman Allah dalam surat al Maidah 68:Katakanlah hai Muhammad Wahai ahli kitab kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran Taurat,Injil dan al Qur"an yang diturunkan Tuhanmu kepadamu.Dan apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu pasti akan membuat banyak diantara mereka lebih durhaka dan lebih ingkar maka janganlah kamu berputus asa terhadap orang kafir itu.
Dari Abu Hurairah ra Rasulullah saw bersabda:Demi Zat yang jiwaku berada dalam genggamanNya tidaklah seseorang ummat ini yang yang mendengar agamaku baik dia itu orang Yahudi atau Nasrani kemudian ia meninggal dan belum beriman dengan apa yang aku diutus dengannya kecuali dia termasuk penghuni neraka(HR:Ahmad dan Muslim).
Sementara sebagian kalangan mengklaim surat al Baqarah 62 sebagai dasar aliran pluralisme yaitu semua penganut agama berhak mendapat keridhaan dari Tuhan walaupun tanpa meyakini risalah Rasulullah saw.
Perhatikan firman Allah dalam surat al Baqarah 62:Sesungguhnya orang orang yang beriman,orang Yahudi,Nasrani dan Shabi"in siapa saja diantara mereka beriman kepada Allah dan hari akhir dan melakukan kebajikan mereka mendapat pahala dari Tuhannya,tidak rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.
Imam Nawawi al Bantani menafsirkan surat al Baqarah 62 adalah sebagai berikut;Bahwa sesungguhnya orang orang yang beriman sebelum diutusnya Nabi Muhammad saw seperti Waraqah ibn Naufal,Salman Al Farisi,Abizar al Gifary dan penganut agama Yahudi atau Nasrani setelah diutus Nabi Muhammad mereka beriman kepada ajarannya maka mereka itulah yang dimaksud orang orang beriman kepada Allah,hari akhir dan mendapat pahala dari sisi Tuhan mereka.Pendapat ini didukung oleh Ibnu Katsir yang berpendapat bila ahli kitab istiqamah dengan isi kitabnya yang diturunkan kepada para nabi sebelumnya pastilah mereka beriman kepada ajaran yang dibawa Nabi Muhammad saw artinya mereka segera menjadi muslim.
Pemikiran yang sama juga didukung oleh  Ahmad Mustafa al Maragi,Ibnu Abbas&Ibnu Mas"ud.
Bagaimana dengan halalnya sembelihan ahli kitab dan menikahi wanita ahli kitab seperti tercantum dalam surat al Maidah ayat 5.
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik baik.Makanan(sembelihan) ahli kitab halal bagimu.dan makananmu halal bagi mereka.Dan dihalalkan bagimu menikahi perempuan perempuan yang menjaga kehormatan diantara perempuan yang beriman dan perempuan yang menjaga kehormatan diantara orang orang yang diberi kitab sebelum kamu,apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk dijadikan perempuan piaraan.Barang siapa kafir stelah beriman maka sungguh sia sia amal mereka itu dan diakhirat termasuk orang orang rugi.
Imam Nawawi berkomentar sembelihan mereka halal maupun halalnya menikahi wanita ahli kitab sebelum turun alqur"an maka agama yang mereka anut tidak berlaku lagi setelah Islam hadir dan mereka keluar dari kategori ahli kitab yang sebenarnya.Dengan demikian tidak halal sembelihan bukan Islam dan menikahi wanita non Muslim karena mereka kafir dan musyrik.
Bukankah Allah berfirman dalam surat al Baqarah 221:Dan janganlah kamu menikahi wanita wanita musyrik sebelum mereka beriman,Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik daripada wanita musyrik walaupun dia menarik hatimu.
Namun mayoritas ulama bertahan bahwa musyrik disini bukan ahli kitab tetapi penyembah api,berhala atau matahari dan Allah mengkhususkan menghalalkan sembelihan ahli kitab dan menikahi wanita ahli kitab yang menjaga kehormatannya.
Tetapi Ibnu Qudamah mengatakan lebih afdhol tak menikah dengan wanita ahli kitab Karena Umar pernah berkata kepada mereka yang menikahi ahli kitab:Ceraikanlah dia.Maka merekapun menceraikannya kecuali Huzaifah.Lalu Umar berkata kepada Huzaifah:Ceraikan dia.Huzaifah menyanggah:Maukah engkau jadi saksi bahwa dia itu haram?Umar terus berkata:Ceraikan dia karena dia adalah ibarat api.Huzaifah menjawab:Saya tahu dia itu bara api tetapi dia halal bagiku.Namun setelah selang beberapa lama Huzaifah menceraikannya.Lalu ada yang bertanya:Kenapa anda tak menceraikannya ketika Umar menyuruh anda?Beliaupun menjawab:Saya tak suka orang menyangka saya menggauli wanita yang tak halal bagiku.
Syeikh Ibnu Baz rahmatullah berkata:Walaupun Allah menghalalkan namun pertimbangan dampak buruknya pada zaman  sekarang banyak wanita yang justru menarik keagamanya dan menyerahkan urusan anak kepada mereka yang beragama lain cukup riskan aqidahnya.Bahkan fatwa MUI(Majelis Ulama Indonesia) cenderung melarang nikah berbeda agama oleh sebab akan merugikan Islam karena proses pemurtadan selama ini salah satunya lewat pernikahan beda agama.berbeda dengan di Barat justru lewat pernikahan seperti ini terjadi Islamisasi yang dahsyat.

Dikutip dan disusun oleh ALS:Semarang 24 Februari 2015 published jam 10.15 wib.

Sunday, February 22, 2015

ALIRAN SESAT AKAN MENERKAMMU

Aliran kebatinan berkedok Islam di indonesia  tak lepas dari ajaran Syeikh Siti Jenar yang dikenal dengan Lemah Abang pada abad ke 14 Masehi yang dianggap sesat oleh Walisongo.Nama aslinya Ali Hasan alias Abdul Jalil berseberangan pendapat dengan Walisongo yang menyatakan berbagai ketentuan syariah yang disusun ulama dan menjadi pegangan utama Walisongo adalah kesalahan memahami isi alqur"an dan hadist Nabi saw.Menurut Syeikh Siti Jenar bahwa syariat Islam baru berlaku sesudah kematian yang merupakan kehidupan yang sebenarnya dan Allah ada dalam dirinya persis dengan konsep Al Halaj tokoh Sufi Islam yang dihukum mati abad ke 9 yang mengajarkan tentang kesamaan sifat Tuhan dan manusia.yang menyebabkan Syeikh Siti Jenar diseret kepengadilan Walisongo dan dijatuhi hukuman mati.
Inilah diduga embrio berkembangnya aliran sesat yang sesudah kemerdekaan semakin marak dimana tak ada keraguan untuk mengexpose keberadaannya dalam bentuk organisasi tertentu yang ujung ujungnya menimbulkan keresahan ummat.Keresahan ummat ini kemudian dinetralisir dengan terbitnya peraturan presiden no I/1965 tentang PNPS yang kemudian disahkan sebagai undang undang oleh DPR sebagai dasar hukum untuk melarang keyakinan atau praktik keagamaan yang bertentangan dengan agama yang diakui.Agama yang diakui di Indonesia berdasarkan UUno 24/2013 tentang administrasi kependudukan adalah Islam,Kristen,Katholik,Hindu,Budha dan KongHuCu.
Sasarannya adalah pemurtadan kaum Muslimin dengan pendangkalan akidah lewat strategi meragukan kaum Muslimin dengan kitab sucinya sendiri.Muslimin dan Muslimat yang berpendidikan rendah dan ekonomi lemah tetapi berminat tinggi mempelajari Islam namun tak mendapat informasi yang akurat dan benar akhirnya terjebak oleh perangkap aliran atau sempalan yang berbaju Islam tetapi menyimpang dari Al Quran dan Sunnah Rasul.Sayangnya mereka yang terlanjur terjebak oleh kedunguannya sangat mengkultuskan tokoh spiritualnya sehingga sulit untuk diajak kembali kepada kebenaran.
Kenyataannya aliran dan sempalan ajaran sesat terus berkembang padahal MUI sudah menghimbau pengikut aliran kepercayaan untuk sadar dan segera memeluk agama yang diakui di Indonesia sebab aliran kepercayaan bukanlah agama.Perlu diketahui kehidupan pengikut aliran kepercayaan tidak diatur oleh negara.Untuk lokasi dan tatacara penguburan aliran kepercayaan saja tidak jelas oleh karena tidak diatur oleh negara.
Allah telah mengingatkan dalam surat Al Ahzab 36:
Dan tidaklah pantas bagi laki laki yang mukmin apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan yang lain.tentang urusan mereka dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan RasulNya sungguhlah dia terseret dalam kesesatan yang nyata .
Perhatikan juga firman Allah swt dalam surat An Nisa" 115:Dan barang siapa yang menentang Rasul saw sesudah jelas ketetapan baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang mukmin Kami biarkan ia dalam kesesatan yang telah dilakukannya itu dan Kami masukkan ia ke neraka jahannan dan jahannam adalah seburuk buruk tempat kembali.
Ingat sabda Rasulullah saw:Dan sesungguhnya Bani Israel terpecah jadi 72 golongan dan ummatku akan terpecah jadi 73 golongan semuanya akan masuk neraka kecuali satu golongan.Lantas para sahabat bertanya:Siapakah mereka ya Rasul?Rasul menjawab:Yaitu golongan yang berpegang teguh kepada perkara yang aku dan sahabatku berpegang padanya.(HR:Tirmidzi,Abu Daud,Ahmad dan Ibnu Majah)Dan.pesan Rasul saw:Aku tinggalkasn dua perkara yang dengannya kamu tidak akan pernah tersesat yaitu Kitabullah(Al Quran) dan Sunnah Rasul.(HR:DarulQutni).
Majelis Ulama Indonesia(MUI) telah membuat sepuluh kriteria aliran sesat agar ummat Islam mudah mengenalnya lebih dini sebelum terperosok kelubang sempalan sesat yaitu:
1.Menigingkari salah satu Rukun Iman dan Rukun Islam.
2.Meyakini dan mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan dalil sya"ri.
3.Meyakini turunnya wahyu sesudah Al Qur"an.
4.Mengingkari kebenaran Al Qur"an.
5.Mentafsirkan Al Qur"an yang tidak berdasarkan kaidah kaidah tafsir.
6.Mengingkari kedudukan hadist Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
7.Menghina,melecehkan atau merendahkan Nabi dan Rasul.
8.Mengingkari Nabi Muhammad saw sebagai Rasul terakhir.
9.Mengubah,menambah dan mengurangi pokok pokok ibadah yang  telah  ditetapkan secara sya"ri.
10.Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil sya"ri.
Bila salah satu kriteria tersebut ditemukan dalam amalan suatu aliran pastilah dapat dikategorikan atau dicurigai aliran sesat.berkonsultasilah dengan MUI.
Berdasarkan data dari PAKEM(Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat) selama periode 1980 sampai 2006 tercatat adanya 250 ajaran sesat di Indonesia.Diantaranya adalah Jamaah Ahmadiyah.

Jamaah Ahmadiyah dibangun oleh Mirza Ghulam Ahmad lahir di India kampung Qadian 13 Februari 1835(1250H) wafat 26 Mei 1908,anak Mirza Ghulam Murtadha seorang pegawai tinggi pemerintah kolonial Inggris yang menjajah India yang sangat loyal terhadap kolonial.Mirza Ghulam Ahmad manusia cerdas belajar sendiri tanpa guru sejak umur sepuluh tahun rajin membaca alquran,bahasa Arab,buku buku Persia dan umur 17 tahun belajar ilmu filsafat/logika dan Islam dan sangat fasih bahasa Urdhu,Arab,Persia dan Inggris gemar menulis lebih kurang 100 buku tersebar seluruh dunia.
Dia berkerja di kantor Mahkamah Inggris sejak umur 29 tahun(1864-1868) dan terkesan memuja kolonialis Inggris dimana dia menulis dalam bukunya Hamamat al Bushra 1378H, bahwa barangsiapa yang menentang kolonial Inggris sama dengan durhaka kepada Allah dan RasulNya.
Ia mengaku mendapat wahyu pada bulan Maret 1882 tetapi baru membai"at 28 pengikutnya 1889.sementara pengakuannya sebagai Imam Mahdi,Masih al Mau"ud dan sebagai Nabi tersurat dalam Mawahib ar Rahman dimana dia berucap: Sesungguhnya aku ini adalah al Masih yang dijanjikan dan Imam Mahdi yang ditunggu tunggu dan aku telah diberi wahyu oleh Allah bagaikan cahaya yang terang benderang.Dia menafsirkan makna khataman nabiyyin dalam surat Al Ahzab 40 bukan sebagai nabi penutup  tetapi nabi yang agung.Makaana muhammadun abaa ahadimmin rijaalikum walaakin rasulullahi wahkhaatam nabiyyiina;wakaanallaahu bikulli syai"in a'liima,
Muhammad itu bukanlah bapak seorang diantara kamu tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi.Dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.Oleh karena itu dia mengklaim wahyu Allah belum terputus sampai hari kiamat dan penerima wahyu itu adalah dia sebagai nabi terakhir walaupun kenabiannya tak seagung Nabi Muhammad saw.
Dan hadist Laa nabiyya ba"di,tak ada nabi sesudahku(HR:Abu Dawud) diterjemahkan tak ada nabi sesudahku kecuali dari ummatku sendiri yang memiliki kesempurnaan ruhani yaitu dirinya.
Wahyu itu terkumpul dalam Kitab Tadzkirah sama sucinya dengan al quran dan tempat sucinya adalah Qadian dan Rabwah wajib dikunjungi setiap bulan,Perempuan jamaah Ahmadiyah diharamkan kawin dengan lelaki non Ahmadiyah tetapi lelaki Ahmadiyah boleh menikahi wanita non Ahmadiyah.
Tak dibolehkan bermakmum dengan Imam bukan Ahmadiyah.Ahmadiyah dinyatakan sesat oleh Konfrensi Organisasi Islam Sedunia dan oleh Rabithah Alam Islami ditentang oleh Pemerintah Pakistan dan Saudi Arabia.Majelis Ulama Islam Indonesia pernah menetapkan  sesat Ahmadiyah dibawah ketuanya Buya Hamka tahun 1980.
Jamaah Ahmadiyah masuk ke Indonesia lewat Jogyakarta tahun 1924 saat ini sudah punya 200 cabang berpusat di Parung Bogor Jabar dengan bangunan seluas 3 hektar bernama Al Mubarak sesuai dengan nama mesjid kota suci Ahmadiyah di Qadian India terdiri atas 3 lantai dimana lantai kedua sebagai mesjid bernama An Nashar dan pengikutnya diklaim 200 ribu orang.

Kelompok Baha"iyah atau Baha"isme mengggabungkan agama Islam,Nasrani dan Yahudi menjadi satu.Pendirinya adalah Mirza Ali Muhammad Asy Syairazi lahir di Iran tahun 1928.berkembang di Eropah dan Amerika berpusat di Chicago.Muhammad saw bukanlah Rasul terakhir,Tuhan menyatu dalam dirinya((hulul).Tak percaya adanya syurga,neraka dan hari kiamat.Tak mengakui Ka"bah sebagai kiblat dan syariat Islam telah kedaluwarsa,tak ada sholat berjamaah,kecuali sholat jenazah dan perempuan mempunyai hak yang sama dalam warisan.

Sempalan Inkar Sunnah pendirinya Irham Sutarto tahun 1980 dan fatwa MUI menyatakan sesat 1983.
Menamakan pengajiannya dengan sebutan Kelompok Qur"ani prinsipnya tak meyakini seluruh hadist Nabi saw sebagai dasar hukum Islam hanya al quran jadi pegangan sempalan ini.Karena mereka menganggap hadist itu buatan Yahudi untuk menghancurkan Islam dari dalam.Syahadat mereka Isyhadu bianna muslimin dan sholatnya model dua rakaat dan ada yang model ingat(eling) saja.Puasa hanya wajib bagi mereka yang menyaksikan bulan.Tapi mereka terbelah atas 3 kelompok yaitu:
1.Kelompok yang menolak seluruh hadist .
2.Kelompok yang meyakini hadist yang ada dalam alquran secara tersirat/tersurat.
3.Kelompok yang hanya menerima hadist mutawatir dan menolak hadist ahad walau shahih.

Ajaran Salamullah didirikan oleh Lia Aminuddin tahun 1995 dan disesatkan oleh fatwa MUI 1997.
Mengaku sebagai bunda Maria bertemu Jibril,dan juga mengaku sebagai Imam Mahdi sementara anaknya bernama Ahmad Mukti katanya jelmaan Nabi Isa dan Imam Besar mereka Abdur Rahman adalah jelmaan Nabi Muhammad.

Aliran Ahmad Sayuti tukang cukur yang mengaku dapat wahyu tahun 1993 diusianya 62 tahun mengakui nabi terakhir bukan Muhammad saw dan al qur"an hanyalah kitab hukum berbahasa Arab yang ditulis para sahabat atas perintah Rasul saw dan kitab hadist Bukhari adalah dusta bukan sabda Nabi Muhammad saw.Fatwa MUI menyatakan aliran ini sesat tahun 2007.

Ajaran Islam Sejati aliran kecil tapi gencar mencari pengikut digerakkan oleh Heri dan Akhyari yang hilang tak tentu rimba dianggap sesat oleh fatwa MUI tahun 2007 dimana sholat menghadap empat penjuru angin dan sholatnya hanya subuh,zuhur dan maghrib.Anggota baru dibaiat dimandikan dengan air kelapa.

Mahesa Kuring merupakan aliran sufi (Thariqat Khurafy)berpusat di Taman Yasmin Bogor  dipimpin oleh As Sayyid al Habib Faridhal Attros Alkindy  aktif sejak tahun 1984 mengamalkan banyak kemusyrikan dan fatwa MUI menyesatkan aliran ini tahun 2006.

Gerakan Darul Arqam berasal dari Malaysia pernah dilarang di Malaysia dan disesatkan oleh fatwa MUI tahun 1994,saat ini berganti nama dengan Hawariyyun pendirinya adalah Ashari Muhammad biasa dipanggil Abuyya mengaku pernah bertemu Imam Mahdi.Kalimah syahadat ditambah dengan Abu Bakar,Umar,Utsman,Ali dan Muhammad bin Abdullah As Suhaimi (Tokoh sentral Darul Arqam)
Syaikh Ahmad Suhaimi mengaku bertemu dengan Nabi Muhammad saw dalam keadaan terjaga dan Nabi saw memberi wiridan yang kemudian disebut Aurad Muhammadiyah.

LDII(Lembaga Dakwah Islam Indonesia) didirikan oleh alm Madigol Nurhasan Ubaidah Lubis bin Abdul bin Thahir bin Irsyad seorang ulama di Purwasari Kabupaten Kediri Jatim  pada tahun 1951 berawal dengan nama Darul Hadist meresahkan masyarakat Jawa Timur dilarang PAKEM(Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat) Jatim berubah namanya jadi Islam Jama"ah kemudian Islam jamaah dianggap aliran sesat dan dilarang diseluruh Indonesia berdasarkan SK Jaksa Agung RI No.Kep.08/D.A/10.1971 tanggal 29 Oktober 1971.Kemudian dinyataakan sesat oleh fatwa MUI tahun 2003.Semua orang Islam diluar kelompok mereka adalah kafir dan najis.walaupun kedua orang tua mereka.Bila ada orang yang bukan kelompoknya sholat dimesjid mereka maka bekas tempat sholatnya dicuci karena terkena najis.Al Quran dan Hadist yang boleh diterima adalah yang keluar dari mulut Imam atau Amir mereka.Dosa bisa ditebus dengan uang kepada Amir mereka dan diharamkan menikah dengan orang diluar kelompoknya.

Aliran Isa Bugis didirikan oleh Muhammad Isa Bugis lahir di Pidie Aceh tahun 1926 aktif di Rawamangun Jakarta tahun 1980 Pokok pokok ajarannya antara lain menganggap semua tafsir alqur"an saat ini salah dan alqur"an bukan bahasa Arab.Ka"bah adalah kubus berhala dan nabi Muhammad adalah pembangkit imperialis Arab.Semua mukzizat para nabi adalah dongeng belaka demikian juga kisah penyembelihan Ismail oleh Nabi Ibrahim dan kisah Nabi Musa as membelah lautan tatkala dikejar Fira"un.Air zamzam adalah air bekas bangkai orang Arab.Saat ini masih periode Mekah maka belum diwajibkan sholat,puasa,zakat,haji dan lainnya.Ilmu tauhid,fikih dan sejenisnya adalah syirik.Diluar pengikutnya dianggap kafir.

Al Qiyadah Al Islamiyah didirikan oleh Ahmad Mushaddeq tahun 2001 dan dinyatakan sesat oleh fatwa MUI tanun 2007.Mushaddeq dianggap Rasul pengganti Muhammad saw bergelar Al Masih Al Mau"ud,Sholatnya hanya satu kali diwaktu malam saja,syahadatnya juga berbeda dan siapa saja diluar Al Qiyadah dianggap kafir.

Jema"ah Ngaji Lelaku didirikan oleh Yusmin Roy mantan petinju di Lawang Jatim tahun 2005 dan dinyatakan sesat oleh fatwa MUI tahun 2005.karena sholat dengan dua bahasa.

Jaringan Islam Liberal(JIL) aktif sejak tahun 2001 tokohnya adalah Ulil Absar Abdallah dan Zuhrawi Misrawi aliran sesat modern yang tak kelihatan sebagai aliran sesat diplesetkan JIL adalah Jaringan Iblis La"natullah.dinyatakan sesat oleh fatwa MUI tahun 2007.Ajarannya dikenal sebagai sekularisme,pluralisme dan liberalisme dimana semua agama benar,alqur"an saat ini tak asli lagi,hukum Islam dianggap zalim melanggar HAM,wanita muslim boleh menikah dengan lelaki non muslim,Ibadah haji dibolehkan diluar bulan haji,menggagas penyamaan waris bagi lelaki dan wanita mengakui keberadaan kaum gay dan lesbi.

NII(Negara Islam Indonesia) didirikan oleh Sekarmaji Maridjan Kartosuwiryo aktif tahun 1949 di Tasik Malaya Jawa Barat semula memang berniat mendirikan negara Islam tetapi sesudah diganti oleh Pemimpin NII KW(Komendemen Wilayah) IX Abu Totok Syek Panjigumilang ((Syeikh Mahad Al Zaytun) membuat komandemen termuat dalam kitab Pedoman Darma Bakti yang berisikan pokok pokok program dan aturan anggota NII.
Oleh sebab sejak dulu NII sering dikejar aparat maka sampai saat ini banyak mengembangkan kerahsiaan dalam gerakannya walaupun dalam bentuk yayasan,majelis taklim maupun pesantren.
Beberapa kriteria NII antara lain mengkafirkan orang yang tidak masuk jamaah mereka dan menghalalkan darah dan harta  milik mereka yang tidak mau ikut jamaah mereka sehingga penjambretan,pencurian,perampokan dianggap halal baik terhadap sesama muslim apalagi kaum kafir.
Semua anggota baru harus disyahadat ulang dan dibai"at dengan membangun ketaatan mutlak kepada pimpinan tidak dikenal kritik dari level bawah walaupun ada majelis syuro hanyalah sekedar memberikan saran namun keputusan mutlak ditangan pemimpin.Pemberian upeti kepada pimpinan berdalih zakat,infak,kaffarat disetor kepihak atasan tanpa laporan pertanggung jawaban andaikata ada anggota menuntut agar diaudit pastilah dipecat..
Apapun yang melompat dari mulut pimpinan dianggap syari"ah.
Tak wajib menegakkan sholat karena kita masih dalam periode Mekah belum ada perintah sholat.dan mereka berusaha menghindar dari diskusi terbuka dengan ulama ahli syariah.Pencarian anggota baru lewat pengajian maupun pesantren dan lain lain lewat uraian tafsir atau hadist nabi asal asalan terhadap orang orang awam yang dangkal agama.
Pondok pesantren Al Zaytun Indramayu  yang megah dan mewah sebagai markas NII dan pemerintah Malaysia telah menarik seluruh santrinya dari Ma"had Al Zaytun karena aliran sesat menyesatkan.
Belum lagi ustadz gadungan dan ustadz cabul sampai klenik gentayangan disekitar kita terus mencari mangsanya dengan berbaju Islami dan berkedok majelis taklim dan sejenisnya tetapi faktanya menyeru maksiat.Semoga tulisan ini bermanfaat mencegah terperosoknya para muslimin dan muslimat dengan minimnya ilmu Islam.


Dikutip dan disusun oleh ALS :Semarang 22 Februari 2015,published jam 17.45.

Saturday, February 14, 2015

DISERET VALENTINE"S DAY

By ALS
Hari kasih sayang yang dikenal dengan Valentine"s Day dilatar belakangi oleh perayaan festival Lupercalia merujuk nama Lupercus sang Dewa Kesuburan laki laki setengah telanjang berpakaian kulit kambing pada zaman Romawi Kuno abad ketiga M. Dilaksanakan antara tanggal 13 sampai 18 Februari diawali dengan dilakukan upacara persembahan kurban beberapa kambing untuk Dewi Cinta (Queen of Feverish Love) bernama Juno Februata.Pada tanggal 14 Februari diadakan permainan khusus para pemuda diwilayah kerajaan Romawi dimana para pemuda mengundi nama para gadis yang berada dalam kotak secara acak.Nama yang terambil akan jadi pacar sang pemuda selama setahun hanya untuk sekedar hiburan saja namun akhirnya banyak yang jadi sungguhan dan menikah.Besoknya tanggal 15 Februari merupakan puncak perayaanSupercalia mereka ke Quil untuk minta perlindungan Dewa Lupercus dari gangguan srigala dan para pria muda setalah minum anggur mereka berlari lari dijalanan kota Roma  melecut para gadis dengan kulit kambing agar mereka jadi tampil cantik dan subur mudah punya anak.Dalam tarikh kelender Athena Kuno periode antara pertengahan Januari dan pertengahan Februari disebut sebagai bulan Gamellion yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera dan pertengahan Februari dalam pandangan tradisi Romawi Kuno dikenal sebagai periode cinta dan kesuburan.
Suatu waktu Romawi mengalami peperangan yang membuat Kaisar Claudius II memerintahkan para pria dan pemuda ikut ambil bagian dalam pertempuran.Namun banyak pemuda merasa berat berpisah dengan kekasih dan keluarganya.Maka dikeluarkan peraturan membatalkan seluruh pertunangan dan pernikahan warga Romawi.Namun keputusan ditantang oleh pastor Valentine dengan tetap menikahkan mereka tetapi secara sembunyi sembunyi.Kaisar Claudius murka lantas memerintahkan menangkap dan memenggal kepala pastor Valentine tepatnya tanggal 14 Februari 270 Masehi.
Tatkala Kristen Katholik masuk ke Roma mereka mengadopsi upacara paganisme(berhala) ini dan memodifikasikannya dengan nuansa Kristen yang didukung oleh Kaisar Constatntine dan Paus Gregory.Supaya lebih akrab dengan ajaran Kristen maka Paus Glasius I meresmikan upacara Romawi Kuno ini menjadi perayaan gereja dengan nama Saint Valentine"s Day demi menghormati Santo Valentino yang meninggal tanggal 14 Februari 270 M.
Valentine"s Day merupakan hari raya kedua setelah Natal dan Tahun Baru Masehi diabad XX semakin meluas keseluruh dunia tak hanya dikalangan ummat Kristen malahan menginfiltrasi ummat agama lain tak terlepas remaja Muslim takut dioloki tidak gaul.
Para pencinta Valentine"s Day saling bertukaran notisi notisi dalam bentuk pernik pernikValentines baik berupa kartu berbentuk hati ,boneka beruang,coklat,rangkaian bunga mawar didominasi warna pink dan biru muda maupun gambar sebuah Cupido berasal dari bahasa Latin cupire yang artinya membangkitkan nafsu berahi..Cupid maksudnya sibayi atau pria ganteng setengah telanjang bersayap dengan panah adalah gambar putra Nimrod the Hunter Dewa Matahari disebut Tuhan Cinta karena begitu gantengnya sehingga diburu para wanita bahkan ibu kandungnya sendiri tergoda melakukan incest (berhubungan badan) dengan anak kandungnya sendiri.
Ada yang meyakini jika seorang gadis melihat burung pipit dihari kasih sayang(valenine day) maka bakal menikah dengan pria miskin dan bila melihat burung gereja bakal menikah dengan pria jutawan dan memotong apel terbelah dua dan dihitung jumlah bijinya maka bakal sekian jumlah anaknya.
Tradisi saling berkirim kartu dimulai tahun 1415 M tatkala Duke of Orleans dipenjara Tower of London ia mengirim puisi buat istrinya di Perancis pada hari gereja mengenang St Valentine tanggal 14 Februari oleh penyair Inggris Geoffrey Chauser peristiwa itu dikaitkannya dengan musim kawin burung burung dalam puisinya.Kira kira satu milyard kartu Valentine dikirimkan setiap tahuSementara Amerika Utara mengimpor Hari Valentine dari Britania Raya. Kartu pertama dicetak di USA tahun 1847 M oleh Esther Attowbaud dari Worcester Massachusett dan setiap tahun sejak tahun 2001 The Great Card Ascociation memberi penghargaan Esther Howland Award for Greeting Card Visionary.Ucapan Be My Valentine yang ditulis dikartu Valentine maupun ungkapan langsung dianggap amalan yang dimurkai Tuhan karena menurut Ken Sweiger kata valentine berasal dari bahasa Latin yang sama artinya dengan Yang Maha Perkasa atau Maha Kuasa maka BeValentine sama saja meminta seseorang jadi Yang Maha Kuasa.Industri produk valentine"s day meraup keuntungan luar biasa wajar kalau mereka berusaha untuk mempertahankan perayaan valentine"s day dan menyebarkannya keseluruh pelosok bumi ini.Pada hal ini adalah budaya Romawi kuno yang penuh mistik merusak akidah.Belum lagi dampak dibalik hari kasih sayang dijadikan payung melegitimasi untuk membuktikan kasih sayang sepasang remaja  tentang kebenaran cintanya dengan perzinahan,
Apalagi didukung oleh discount 50% biaya kamar hotel pada hari tersebut.makin mendukung memuluskan peluang maksiat tersebut.
Penjualan alat kontrasepsipun melejit tajam sampai 300-500% dari biasa dan biasa dijual bersama coklat yang dikenal dengan nama Coklat Valentine
Banyak pengaduan para remaja ke WCC(Women Crisis Center) selama 3-4 bulan pasca Valentine"s Day tentang kekasihnya tak mau bertanggung jawab setelah berhubungan badan dihari kasih sayang.
Adanya pemahaman hari kasih sayang sebagai hari bersenang senang dan seks bebas bagi pasangan diluar nikah membuat tidak sedikit pelajar sebagai korban kekerasan seksual ini adalah tanggung jawab pemda se Indonesia memproteksi anak dari kekerasan seksual.Alhamdulillah sudah ada beberapa daerah yang resmi melarang perayaan hari Valentine ini antara lain Pemda Surabaya,Jawa Timur,Makasar,Sulawesi Selatan,Kota Padang,Paya Kumbuh,Sumatera Barat,Mataram,Nusatenggara Barat,Depok,Jawa Barat
Dalam pandangan Islam bahwa Allah dan Rasulnya telah menetapkan hanya ada tiga perayaan(Ied) antara lain Iedul Fithri,Iedul Adha dan Hari Jum"at bagi kaum muslimin.(HR:Bukhari&Muslim).
Termasuk merayakan ulang tahun pribadi bertentangan dengan Islam karena merupakan warisan zaman kegelapan Eropah yang sudah berabad abad berlangsung merupakan tradisi non Muslim untuk mengusir setan dengan menghadirkan kaum kerabat dan handai tolan dengan doa, kado dan lilin.
Rasul saw bersabda:Orang orang yang menyerupai suatu kaum ia seolah olah bagian dari kaum tersebut(HR:Abu Daud).Janganlah kamu bertasyabbuh bil kuffar meniru niru upacara orang orang kafir secara membabi buta.
Allah berfirman dalam surat Al Isra" 36:Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak ketahui tentangnya.Sesungguhnya pendengaran,pengllihatan dan hati kamu semuanya akan diminta pertanggung jawabannya,
Rasul saw juga bersabda:Kamu telah mengikuti sunnah orang orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal sehasta demi sehasta sehingga ketika mereka masuk kelubang biawak kamu tetap mengikuti mereka.Waahai Rasul apakah engkau maksudkan itu orang Yahudi dan Nasrani?Baginda bersabbda:Kalau bukan mereka siapa lagi?
Perhatikanlah surat Al Baqarah 120:Orang Yahudi dan Nasrani itu tidak akan senang kepada kamu sehingga kasmu mengikuti agama mereka.
Allah berfirman dalam surat Al An"am 116:Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang dimuka bumi niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.Mereka tak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka,dan mereka tidak lain hanya berdusta kepada Allah.
Islam mengajarkan kasih sayang tak perlu hari tertentu dengan pemborosan yang sia  sia karena Rasul saw bersabda:Tidak beriman seseorang diantara ksmu sebelum ia menyayangi saudaranya seperti dia menyayangi dirinya sendiri.Dalam surat Al Isra"27 dinyatakan:Sesungguhnya pemboros pemboros itu adalah saudara Syaitan dan Syaitan sangat ingkar pada Tuhannya.
Ingatlah firman Allah dalam surat Al Anfal 63:Walaupun kamu belanjakan semua kekayaanmu yang berada dibumi niscaya kamu tak dapat menyatukan hati mereka akan tetapi Allah telah menyatukan hati mereka sesungguhnya.Dan Allah Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.
Para remaja yang sudah terjebak dengan perayaan Valentine Day jangan hancurkan aqidahmu beranjaklah segera karena dosanya lebih dahsyat dari dosa pembunuhan.Ubahlah hari Valentinemu dengan hari hijab sedunia dengan semboyan tutuplah aurat sebelum ditutup tenggorokmu.


Dikutip dan disusun oleh ALS,Semarang 15 Februari 2015,published jam 13.35.wib.

Monday, February 9, 2015

LAGI LAGI QUNUT

Bertolak dari kisah yang diriwayatkan Anas bin Malik:Suku Ri"lan,Dzakwan,Ushiyyah dan Bani Lihyan meminta bantuan sejumlah orang dari Rasulullah saw untuk melindungi mereka dari musuh.Maka Rasulullah saw mengutus tujuh puluh orang Anshar yang dikenal sebagai Qura"dimana mereka disiang hari sebagai pencari kayu bakar dan menegakkan sholat dimalam hari.Tatkala mereka yang diutus berada dalam perjalanan tiba di sumur Ma"unah mereka dihabisi oleh suku Ri"lan,Dzakwan,Ushiyyah dan Bani Lihyan yang berkhianat.Mendengar berita tragis ini maka Rasulullah saw segera melakukan qunut Nazilah selama sebulan penuh saat sholat subuh mendoakan kehancuran suku suku tersebut.Inilah pertama kali doa qunut yang tak pernah ada sebelumnya.Demikianlah latar belakang hadist yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:Rasul saw berdoa qunut selama sebulan penuh mendoakan keburukan terhadap Ri"lan,Dzakwan,Ushiyyah yang berkhianat terhadap Rasulullah saw.(HR:Bukhari Muslim).
Dari qunut nazilah atas dasar kondisi nawazil atau musibah yang menimpa inilah berkembang qunut subuh dan witir yang menjadi kontroversi ditengah ummat Muhammad saw.
Ada tiga kelompok utama para ulama dalam menyikapi qunut subuh.
Pendapat pertama:Qunut subuh disunnahkan terus menerus (Imam Malik,Al Hasan bin Sholih,dan Imam Syafii,Pendapat kedua:Tak disyariatkan lagi karena sudah mansukh alias terhapus hukumnya(Imam Hanafi,Hambali,Sufyan At Tsaury dan ulama ulama Kuffah).Pendapat ketiga:Qunut subuh tak disyariatkan kecuali pada qunut nazilah bukan hanya sholat subuh tetapi sholat fardhu lainnya(Imam Ahmad,Al Laits bin Sa"d,Yhaya bin Yahya Al Lutsy).Dalil pijakan kelompok pertama adalah hadist:Dari Abu Ja"far Ar Razy dari Ar Rabi bin Anas,dari Anas bin Malik:Terus menerun Rasulullah saw berqunut pada sholat subuh sampai beliau wafat.
Dari Ahmad bin Muhammad dari Dinar bin Abdillah,dari Anas bin Malik :Terus menerus Rasul saw berqunut pada sholat subuh sampai beliau wafat.
Dari Khalik bin Da"laj dari Qatadah dari Anas bin Malik:Saya sholat dibelakang Rasul saw lalu beliau qunut,lalu dibelakang Umar beliaupun qunut,dibelakang Utsman beliaupun qunut,tetapi tidak ada disebutkan terus menerus sampai beliau wafat.
Dari Abu Malik al Asyjai dari Sa"ad bin Thariq ia berkata:Aku bertanya pada ayahku:Wahai ayahku engkau pernah sholat dibelakang Rasul saw,Abu Bakar,Umar,Utsman dan Ali di Kuffah ini,kira kira selama lima tahun.Apakah mereka melakukan qunut pada sholat subuh?Dia menjawab:Wahai anakku itu adalah perkara yang diada adakan(bid"ah).
Dari Abu Mijiaz beliau berkata:Saya sholat subuh bersama Ibnu Umar tetapi beliau tak berqunut.maka dia berkata: Saya tak menghafal hal tersebut dari para sahabat lain.
Namun dari Anas bin Malik ,Rasul saw bersabda:Sesungguhnya Nabi saw tidak melakukan qunut kecuali beliau berdoa untuk kebaikan atau kejelekan satu kaum((HR:Bukhari Muslim).Dengan demikian hadist qunut subuh bertentangan dengan hadist yang sahih ini 
Menurut Ibnu Taimiyah,Abu Ja"far termasuk jelek hafalannya,sering bercerita dari rowi rowi yang mungkar.tidak bisa dijadikan hujjah,maka hadisnya dhoif bahkan munkar.
Ahmad bin Muhammad diberi gelar Ghulam Khalil adalah salah satu pemalsu hadist terkenal.
Kelompok kedua berpegang bahwa sesudah berqunut Nazilah terhadap suku suku pengkhianat Rasul saw turun wahyu kepada Rasul saw:Tidak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah swt menerima taubat mereka atau mengazab mereka,karena sesungguhnya mereka itu adalah orang orang yang zalim.(HR:Bukhari Muslim).
Inilah dasarnya bahwa qunut telah dimansukh oleh Allah swt,namun Imam Al Qurtubi menyatakan dasar mansukh untuk ayat ini adalah lemah karena ayat ini adalah peringatan Allah swt bahwa segala sesuatu perkara itu kembali kepada Allah swt.
Dasar pijakan kelompok ketiga:Dari Ibnu Abbas ra,Rasul saw berqunut selama sebulan berturut turut pada shalat zuhur,ashar,maghrib,isya dan subuh pada setiap rakaat terakhir setelah membaca samiallahuliman hamidahu beliau mendoakan kehancuran bani Ri"lin,Dzakwan,Ushiyyah kemudian orang orang dibelakangnya mengamini.(HR.Ahmad,Abu Daud).
Dari Abu Hurairah beliau berkata:Demi Allah sungguh saya akan mendekatkan untuk kalian cara sholat Rasulullah saw.Maka Abu Hurairah ra melakukan qunut pada sholat zuhur,isya,dan subuh beliau mendoakan kebaikan untuk kaum mukminin dan memintakan laknat Allah untuk orang kafir.Artinya bahwa qunut nazilah belum mansukh(dihapus) sebab tak mungkin Abu Hurairah mencontohkan sholat nabi saw dengan qunut nazilah.
Ibnu Taimiyah mengatakan:Disunatkan doa qunut saat terjadi musibah pada shalat subuh dan fardhu lainnya untuk doa kebaikan kaum mu"minin dan keburukan kaum kuffar.
Ibnu Qoyyim berucap:Petunjuk Rasul saw dalam berdoa qunut adalah menkhususkannya pada saat terjadi musibah dan tidak melakukannya kalau tidak ada musibah.Tidak menkhususkan pada sholat subuh saja walaupun sering dilakukan saat sholat subuh.
Pandangan Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin mengenai pendapat 4 mazhab mengenai qunut antara lain:Ulama Malikiyah berpendapat:Tak ada qunut kecuali pada sholat subuh saja.Tak ada qunut dalam sholat witir dan sholat lainnya,sedangkan ulama Syafiiyah berpandangan tidak ada qunut dalam sholat witir kecuali pada separoh akhir Ramadhan.Tak ada qunut pada sholat lima waktu kecuali sholat subuh dalam setiap keadaan.baik tertimpa musibah atau tidak.Bila tertimpa musibah berlaku untuk semua sholat fardhu.
Ulama Hanafiyah berpandangan:Disyariatkan qunut pasda sholat witir tetapi tidak disyriatkan pada sholat lainnya kecuali saat nawaazil (musibah) itupun khusus untuk sholat subuh saja dan yang membaca qunut adalah Imam lalu diaminkan oleh jamaah dan tidak ada qunut pada sholat munfarid.
Pendapat ulama Hanabiah(Hambali):Disyariatkan qunut dalam sholat witir dan tidak disyariatkan qunut disholat lainnya kecuali ada musibah besar selain musibah penyakit.Imam berqunut dalam sholat lima waktu kecuali sholat Jum"at.
Dari Al Hasan bin Ali ra beliau berkata:Rasulullah saw mengajarkan beberapa kalimat(doa qunut) kepadaku untuk aku ucapkan pada sholat witir(HR:Abu Daud,An Nasa"i,At tirmidzi).Menurut syaikh Al Albani hadist ini shahih.
Imam Ahmad berpendapat Tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa Nabi saw berqunut witir sebelum maupun sesudah rukuk.
Pendapat ulama diluar mazhab yang empat:Tak disyariatkan qunut pada sholat fardhu kecuali dalam keadaan nawaazil(musibah) asal bukan musibah penyakit.Tak ada satu hadist yang shahih yang menyebutkan Rasul saw berqunut witir.
Doa qunut nazilah oleh karena ada musibah besar yang melanda kaum muslimin jika musibah berakhir maka qunut tidak dilakukan lagi.
Abu Hurairah berkata:Aku melihat Rasul saw tidak meneruskan doa qunut setelah musibah berhenti..Demikian juga Ibnu Qoyyim berkata:Doa qunut nazilah tak dilakukan lagi setelah orang yang didoakan datang,terbebas dari tawanan dan untuk didoakan keburukan telah bertaubat.Jadi tidak dilakukan rutin terus menerus karena yang demikian itu bukan sunnah Nabi.
Dari Abu Hurairah ra :Jika Rasul saw hendak mendoakan keburukan atau kebaikan seseorang maka beliau melakukan qunut setelah rukuk.
Al Imam Al Baihaqi berkata:Rawi rawi dalam hadist yang berisi penjelasan tentang qunut setelah rukuk lebih banyak dan hafalannya lebih dapat dipegang.Namun Abdul azis (murid Anas) berkata:Seorang bertanya kepada Anas tentang qunut apakah dilakukan setelah rukuk atau setelah membaca surah(sebelum rukuk),? Maka Anas menjawab:Tidak,Yang benar adalah sesudah membaca surah.(HR:Bukhari).
Imam sholat dianjurkan mengeraskan suara saat berdoa qunut dan dianjurkan para makmum untuk ta"min(mengamini doa) saat qunut.(HR:Ahmad,Abu Daud).Dari Ibnu abbas ra menceritakan qunut Nabi:Beliau mendoakan kutukan terhadap Bani Sulaim,Ri"lan,Dzakwan dan Ushiyyah dan orang orang dibelakang beliau mengamini.
Dalam lafaz doa qunut yang diaminkan makmum hanya lafaz doa bukan lafaz pujian terhadap Allah swt demikian pendapat Imam Ahmad dibenarkan oleh Imam Al Hiraqqy dan An Nawawi
Tak ada lafaz tertentu pada doa qunut nazilah tetapi disesuaikan dengan musibah yang terjadi.
Apalagi menambah sholawat kepada Nabi saw diakhir doa qunut adalah kekeliruan yang tidak pernah sama sekali dilakukan Nabi saw.
Dianjurkan mengangkat kedua tangan dalam doa qunut(HR:Ahmad).
Diriwayatkan dari Ibnu Abu Syaibiah bahwa An Nakka"i rahimahullah berkata:Angkatlah kedua tangamu untuk qunut.
Dari Anas berkata:Tak pernah kulihat Rasul saw bersungguh sungguh dalam berdoa untuk para Qura" Dan saat itu aku melihat pada shalat subuh berqunut sambil mengangkat kedua tangannya.
Dari Abu Rafi ia berkata:Aku sholat dibelakang Umar bin Khatab,beliau berdoa qunut stelah bangun dari rukuk sambil mengangkat kedua tangannya dan membaca doa dengan suara keras(HR:Baihaqy).
Namun Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Anas ra bahwa ia berkata::Rasul tidak mengangkat tangan dalam doanya kecuali pada istisqa(minta hujan) beliau mengarahkan punggung tangannya kelangit sehingga terlihat putih kedua ketiaknya.
Sementara kelompok mengangkat tangan ada 3 model menurut Ibnu Abbas ra:Yaitu Al Mas"ala dengan mengangkat kedua tangan sebatas pundak,Al Istighfar dengan mengangkat satu tangan kanan dengan jari telunjuk menunjuk keatas,dan Al Ibtihal adalah dengan menengadahkan kedua punggung tangan kelangit dan telapak tangan kebumi sangat tinggi sehingga tampak kedua ketiak(HR:Abu Daud  disahihkan oleh Al Albani).
Ibnu Abbas ra berkata:Jika engkau meminta kepada Allah mintalah dengan kedua telapak tanganmu jangan dengan punggung tanganmu.(HR:Abu Daud).
Menurut Hanafiah adalah kedua telapak tangan terbuka tapi tidak menempel(ada celah).dan menurut Syafiiyah kedua telapak tangan menghadap kelangit,punggung tangan kearah bumi,boleh ditempel atau tidak tetapi menurut Hanabilah kedua telapak tangan ditempel dengan melihat ketelapak tangan namun hadistnya dhoif.Sementara menurut Syaikh Shalih Alu Asy adalah kedua telapak tangan terbuka setinggi pertengahan dada,biasa dilakukan Rasul saw tetapi Syaikh Bakr Abu Zaid adalah menutup wajah dengan kedua telapak tangan dan kedua punggung tangan menghadap kiblat.
Tak disyariatkan mengusap wajah selesai berdoa karena hadistnya lemah(dhoif).
Ibnu Taimiyah berkata:Adapun tentang mengusap wajah dengan kedua tangan selesai berdoa tak ada dalilnya kecuali dua hadist yang tidak bisa dijadikan hujjah demikian juga pendapat Imam Nawawi dan Al Baihaqy.Sementara Imam Daud berkata:Saya mendengar Ahmad ditanya tentang seorang mengusap wajah sendiri dengan kedua tangannya ketika selesai qunut,maka beliau menjawab:Saya tidak pernah mendengar tentang itu.Abu Daud juga berkata dilain kesempatan:Saya tak pernah mendengar satu riwayatpun tentang hal tersebut dan tak pernah melihat Ahmad melakukan hal itu.Imam Malikpun mengingkari hal tersebut demikian juga Syaikh Ibnu Utsaimin.
Bagaimana menyikapi kalau kita berimam kepada mereka yang terus menerus qunut setiap sholat subuh? Maka Ibnu Taimiyah mengatakan:Sebaiknya seorang makmum mengikuti imamnya dalam memutuskan berqunut atau tidak.Ingatlah Rasul saw bersabda::Sesungguhnya seorang imam diangkat untuk diikuti sekali kali janganlah menyelisihi imam kalian.
Rasul saw juga bersabda:Sholatlah kalian bersama imam jika sholatnya imam benar maka pahalanya untuk dia dan kalian tetapi kalau sholatnya salah pahalanya untukmu tetapi dosanyua hanya untuk dia(HR:Bukhari).


Dikutip dan disusun oleh: ALS  Semarang 9 Februari 2015,publish jam 18.10

Tuesday, February 3, 2015

JEMBATAN SIRATH AL MUSTAQIM APA ADA?

Ihdinashshiraatallmustaqiima;Shiraatalladziina an"amta :alaihim ghairil maghdhuubi "alaihim waladhdhaalliina artinya Tunjukilah kami jalan yang lurus yaitu jalan orang orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya bukan jalan mereka yang engkau murkai dan bukan pula jalan yang sesat demikian firman Allah swt dalam surat alfatihah ayat 6-7.
Siapa mereka yang mendapat nikmat itu?Lihat surat an Nisa"69:Orang orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah yaitru para Nabi,para shaddiqin,mereka yang mati syahid dan orang orang yangh saleh.
Shirath al mustaqim diartikan jalan yang lurus,luas dan lebar.
Dalam surat al An"am 126:Wahaadza shirootun rabbika mustaqiima,faqad fashshalnal aayaati liqoumi yatadzakkaruuna,artinya:
Dan inilah jalan Tuhanmu yang lurus.Kami telah menjelaskan ayat ayat kami kepada orang yang menerima peringatan.
Dalam surat al An"am 161 Allah berfirman:Katakanlah hai Muhammad sesunggtuhnya Tuhanku telah memberi aku petunjuk kejalan yang lurus agama yang benar,agama Ibrahim yang lurus.Dia Ibrahim tidak termasuk orang yang musyrik,Demikian juga dalam surat al Baqarah 213,as Syuura 52,al An"am 153,as Shaafat 118,Ali Imran 51,Maryam 26,al Haaj 54,an Nur 46,an Nisa 175,an Nahl 121,az Zakhruf 43 menyatakan sirathal mustaqim artinya tuntunan yang kokoh tak ada satu ayatpun memaknai dengan jembatan.
Atas dasar ini sebagian ulama berpendapat bahwa sihirath al mustaqim bukanlah jembatan atau titian yang terbentang tetapi ia adalah Islam yang kandungan utamanya adalah himpunan perintah dan larangan Allah sebagaimana termaktub dalam alquran.
Namun Imam al Gazali berkata:Dan hendaklah diimani bahwa titian sirat itu benar,yaitu jembatan yang terbentang diatas perut neraka jahannam,Ia lebih tajam dari pedang dan lebih halus dari rambut.Ia mengelincirkan kaki orang kafir dengan ketentuan Allah swt lalu menjerumuskan masuk kedalam neraka.Dan ia mengokohkan kaki orang beriman dengan rahmat Allah lalu mereka diiringi masuk kedalam syurga.(lihat dalam bukunya Qawa"id al Aqaid).
Demikian juga Ibnu Taimiyah berkata:Dan titian shirat itu terbentang diatas perut neraka terletak antara syurga dan neraka yang dilalui manusia mengikuti kadar amal perbuatan mereka,sebagian mereka melewatinya sekedip mata dan yang lain secepat kilat(dalam bukunya Al Aqidah al Wasitiyyah).
Sementara Imam Nawawi Rahimahullah dalam kitab sarrah Muslim menyebutkan,sesungguhnya telah berijmak ulama salaf tentang wujudnya As Sirath yaitu jisr (jembatan diatas neraka yang akan dilalui semua manusia,al mukminun selamat sedangkan selainnya akan terjatuh dalam neraka.
Siti Aisyah ra pernah bertanya pada Nabi saw:Dimanakah manusia berada pada hari kiamat nanti?Baginda menyatakan :Semua manusia berada diatas jembatan neraka jahannam.(HR:Tirmidzi).
Dari Abu Said Al Khudri ,Rasulullah saw bersabda:Ia adalah jalan yang sangat licin sukar bagi kaki berdiri diatasnya .(HR:Muslim).
Rasulullah saw lagi bersabda:Kemudian diciptakan Allah swt (al Jisru) yaitu jembatan diatas neraka jahannam .Lalu Rasul ditanya:Apakah al jisru itu?Jawab Rasul saw:Tempat melintas yang licin dan mudah tergelincir jatuh kedalam neraka mereka yang mendurhakai Allah dan akan selamat ornag orang yang benar benar beriman.(HR:Muslim).
Dari Qatadah menyampaikan:Kemudian para muslim berdiri dan jembatan diletakkan lalu mereka melintas diatasnya seperti larinya kuda terlatih dan penunggang kuda yang handal(HR:Tirmidzi).
Dari Aisyah ra Rasul bersabda:Rasulullah saw bersabda:Titian itu lebih halus dari rambut dan lebih tajam dari pedang.(HR:Ahmad).
Dilain kesempatan Rasulullah saw juga bersabda :Orang orang beriman akan melintasinya secepat kedipan mata,ada yang seperti kilat,angin,burung,kuda yang handal .Maka merekalah yang selamat dan diselamatkan.Ada juga yang dicarik carik lalu dilepaskan dan ada juga yang terjatuh kedalam neraka jahannam.(Muttafaq alaih Bukhari dan Muslim).
Malaikat Malik menyeru dipintu neraka:Wahai Muhammad siapa yang datang dari ummatmu dan bersamanya ada pembebasan dari Allah swt maka dia akan selamat.Jika sebaliknya dia akan terjatuh kedalam neraka jahannam,Wahai Malik dengan izin Allah atasmu maka palingkanlah wajahmu dari ummatku sehingga mereka dapat bebas dari gemetar karena melihatmu.Lalu Malik memalingkan wajahnya.Nabi Muhammad didepan ummatnya lalu bersabda ikutilah aku wahai ummatku diatas titian sirath ini.
Manusia yang pertama menginjakkan kakinya di sirat adalah Muhammad saw memimpin rombongan ummatnya yang terdiri dari sepuluh kelompok.Kelompok pertama melewati sirat laksana kilat,kedua laksana angin kencang,ketiga laksana kuda yang handal,keempat  laksana burung.kelima berlari,keenam berjalan,ketujuh berdiri dan duduk oleh sebab lemas dan dahaga karena mereka memikul dosa dosanya  bergelayut diatas shirath langsung Muhammad saw menarik tangannya dan mereka bangun kembali,kedelapan ditarik wajah mereka dengan rantai karena dosa dosa besar.Mereka berteriak wahai Muhammad langsung Muhammad saw bermohon Allah selamatkan mereka,ya Allah selamatkan mereka.Kelompok 9 dan 10 tetap diatas shirath tidak diizinkan mereka menyeberang.
Dari Nawwas bin Sam"aan dari Rasuil saw sabdanya:Allah membuat perumpamaan tentang shitahal mustaqim bahwa pada dua sisi kiri kananya ada dua pagar dan pada kegua pagar tersebut banyak pintu yang sedang terbuka dan pada tiap pintu itu ada tabir yang menutupinya dan diatas pintu masuk jalan yang lurus itu ada penyeru yang memanggil Hai sekalian manusia masuklah kalian semua kejalan yang lurus ini dan janganlah menyimpang dan ada pula penyeru yang berada diatas jalan itu yang jika manusia ingin membuka sedikit saja tabir penutup pintu itu lalu ia berseru Celakalah engkau bila kau buka tabir itu niscaya kau akan terjerumus kedalamnya.Jalan yang lurus itulah Islam,kedua pagar itu adalah batasan batasan Allah(Hududullah) dan pintu yang terbuka itu adalah larangan Allah dan penyeru yang memamnggil dari pintu masuk adalah kitabullah(al qur"an) dan penyeru dari atas jalan adalah peringatan Allah yang terdapat dalam hati setiap muslim(HR:Imam Ahmad).
Dalam hadist yang lain Rasulullah saw bersabda:Sesungguhnya Allah swt telah menciptakan shirath yang berada diatas neraka mempunyai tujuh gardu dan jarak setiap gardu jaraknya sama dengan perjalanan 3000 tahun,1000 tahun berupa tanjakan yang tinggi,1000 tahun berupa dataran dan 1000 tahun berupa turunan yang curam.Ia lebih kecil dan lembut daripada rambut,lebih tajam dari pedang,lebih gelap daripada malam yang pekat.Setiap gardu bercabang tujuh dan setiap cabang berbentuk panah yang runcing.Duduklah setiap hamba diatas setiap gardu tersebut dan ditanyakan kepadanya tentang perintah Allah.Digardu pertama ditanyakan tentang akidah,kedua tentang sholat,ketiga tentang zakat,keempat tentang puasa,kelima tentang haji dan umrah,keenam tentang wudhu dan mandi wajib yang ketujuh ditanyai tentang sikap kepada kedua orang tua,menyambung silaturahmi dan penganiayaan terhadap makhluk hidup.Bila lulus digardu pertama baru bisa kegardu kedua dan seterusnya bila gagal akan dilempar kedalam neraka.
Pernah seorang Yahudi menemui Rasulullah saw dan bertanya:Dimana manusia berada pada pergantian bumi dan langit dengan bumi dan langit yang lain selepas kiamat berlaku?Maka Rasulullah saw menjawab:Mereka berada dalam kegelapan dekat satu jembatan(Shirath).Lalu Yahudi bertanya lagi:Siapa orang pertama lewat jembatan itu?
Rasulullah saw menjawab:Kaum muhajirin yang miskin miskin dan merekalah yang pertama masuk syurga.(HR:Muslim dari Tsauban).
Kekayaan akan menunda masuknya seseorang kedalam syurga karena proses pemeriksaan asal usul hartanya memakan waktu ribuan tahun sementara simiskin tanpa proses langsung masuk syurga maka jangan heran kalau Rasul selalu berdoa ya Allah jadikanlah aku orang miskin.
Apakah jembatan sirath al mustaqim itu wujud yang nyata atau sebagai gaya bahasa metapora yang menyimbolkan begitu terjalnya dan penuh resiko perjalanan menuju syurga itu tidak penting tetapi yang utama buruan bertaubat bersihkan dosa kita kalau tidak ingin dihanguskan oleh api neraka jahannam yang bernyala nyala.


Dikutip dan disusun oleh ALS: Semarang 3 Februari 2015 dipublish jam 20.15