Thursday, April 2, 2015

ADAMKAH MANUSIA PERTAMA.

By: ALS

Semua agama samawi meyakini bahwa Adam dan Hawa yang hidup sekitar 5872 sampai 4942 sebelum Masehi sebagai manusia pertama dan leluhur seluruh manusia yang ada diatas bumi ini.
Rasulullah saw bersabda:Umur nabi Adam seribu tahun,jarak antara nabi Adam dan nabi Nuh seribu tahun,jarak dari nabi Nuh ke nabi Ibrahim seribu tahun,jarak antara nabi Ibrahim dan nabi Musa tujuh ratus tahun,jarak dari nabi Musa ke nabi Isa seribu lima ratus tahun,jarak nabi Isa ke nabi Muhammad enam ratus tahun.(HR:Ibnu Abbas).Kalau jarak antara nabi Muhammad saw sampai saat ini 1431 tahun berarti jarak sejak nabi Adam as sampai saat ini lebih kurang 6331 tahun.
Dalam nash alqur"an disebutkan Adam as adalah manusia pertama diciptakan Allah swt langsung dari tanah tak beribu dan tidak berbapak merupakan konsep dasar Islam tentang asal usul manusia termasuk manusia yang ada sekarang disebut Bani Adam.
Yang jadi perdebatan adalah penolakan para malaikat terhadap penciptaan Adam as sebagai khalifah dimuka bumi karena malaikat menganggap orang yang ditunjuk Allah swt perusak dan suka menumpahkan darah.
Perhatikanlah firman Allah swt dalam surat al Baqarah 30:Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:Aku hendak menjadikan khalifah dibumi.Mereka berkata:Apakah Engkau akan menjadikan orang yang akan merusak dan menumpahkan darah disana sedangkan kami bertasbih memujiMu dan mensucikan namaMu.Dia berfirman Sungguh Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.
Sebagian mentafsirkan manusia yang diciptakan Allah ini akan merusak dimasa depan tetapi bertentangan dengan firman Allah swt bahwa Dia mengetahui apa yang tak diketahui malaikat.
Sebagian berpendapat memang ada makhluk atau binatang seperti manusia sebelum diciptakan Adam as yang sudah musnah karena sifatnya perusak dan saling membunuh sesamanya.
Namun perhatikanlah hadist dari Abu Hurairah ra ia berkata:Rasul saw memegang tanganku kemudian beliau bersabda:Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Tinggi,telah menciptakan tanah(bumi) pada hari Sabtu,menciptakan padanya gunung gunung pada hari Ahad,pohon pada hari Senin,hal yang tidak disenangi pada hari Selasa,cahaya pada hari Rabu,menyebarkan binatang pada hari Kamis,dan menciptakan Adam as pada hari Jum"at setelah ashar .
Tak ada disebutkan penciptaan manusia selain Adam sebelum hari Jum"at kecuali binatang.
Kalaupun ada generasi serupa manusia sebelum Adam as yang disebut Nisnas bagaimana informasi yang detail tentang mereka tak dijumpai,namun tafsir al Quran bahwa seluruh manusia saat ini berasal dari Adam as tak perlu diragukan lagi apalagi teori evolusi Darwin bahwa manusia berasal dari monyet tak bisa diterima karena monyet sampai saat ini kenapa masih ada tidakkah mereka mengalami evolusi?
Pertanyaan lainnya bahwa monyet(Homo erectus) yang telah hidup selama sejuta tahun (1,5 juta SM - 500.000 SM)tidak mengalami evolusi yang berarti kenapa bisa dalam jangka waktu 200.000 tahun(500.000 SM -300.000 SM) berubah jadi manusia(Homa Sapiens) padahal Homo Erectus adalah mamalia yang telah punah sejak 500.000 tahun yang lalu.
Ingat kisah manusia Piltdown yang dibuat dengan memasang tulang rahang orang hutan pada tengkorak manusia dimana fossil ini membohongi dunia ilmu pengetahuan selama 40 tahun oleh perancangnya ahli plaentologi amatir Charles Dowson.Dia menemukan sebuah tulang rahang hewan yang mirip tulang rahang dan gigi manusia  didalam lubang dekat Piltdown Inggris.kemudian dipasang pada tengkorak manusia specimen  ini disebutnya manusia Piltdown .Selama 40 tahun banyak artikel ilmiah termasuk 500 thesis Doktor tentang manusia Piltdown ini.
Hasil pengujian fossil tersebut pada tahun 1953 ternyata palsu dimana fossil diwarnai potassium dokromat agar tampak antik.Mati matian mempertahankan teori Darwin cara apa saja dilakukan manusia fanatisme buta sampai mampu menyeret para ilmuwan modern.
Penemuan telapak kaki manusia berukuran 4 feet(121,92 cm)dekat kota Mpaluzi(Afrika Selatan) diperkirakan umurnya 200 juta tahun,jejak Nabi Adamkah ini?Ukuran telapak kaki manusia normal adalah 15% dari tinggi badan berarti tingginya = 100/15 x 121,92 cm= 812,8 cm.
Padahal menurut hadist yang diriwayatkan Bukhari tinggi Nabi Adam as adalah 60 hasta sama dengan 90 kaki atau lebih kurang 27,342 meter.
Tinggi Adam as waktu disurga memang lebih kurang 30meter tetapi setelah diturunkan dibumi kemungkinan 8 meter karena pengaruh suhu dan tekanan udara yang tinggi.
Kalau diperkirakan usianya sudah dua juta tahun yang lalu pastilah bukan nabi Adam sama halnya dengan fossil manusia purba Megantropus Paleojavanicus yang ditemukan oleh ahli purbakala GHR Von Koenigswald pada tahun 1936 di Sangiran juga berusia 2 juta tahun.
Jejak telapak kaki manusia tersebut bisa beberapa  kemungkinan:
1.Jejak kaki manusia Nisnas.2.Memang jejak nabi Adam as tatkala dibumi berubah tingginya jadi 8 meter.3.Jejak keturunan Adam(Bani Adam) di bumi lain.4.Hanya rekayasa atau jejak binatang purbakala mirip manusia yang sudah musnah.
Adapun pendapat yang lain bahwa Adam as tidak diciptakan dibumi tetapi disurga kemudian diturunkan kebumi sebagai khalifah(pengganti) manusia purba yang sudah musnah berarti Adam bukan manusia pertama menguasai bumi tetapi adalah manusia paling sempurna seperti tertera dalam surat al Isra" ayat 70:Sesungguhnya kami muliakan anak anak Adam.Kami angkat manusia didaratan dan dilautan.Kami beri mereka rezeki dari yang baik baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas makhluk makhluk yang telah kami ciptakan.
Lihatlah surat at Tin 4:Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya.
Menurut pandangan Islam,Adam as adalah manusia paling sempurna dan terbaru dibumi yang sebelumnya belum pernah ada ,tegak diatas kedua kakinya,berpakaian menutup aurat,berbahasa fasih dengan jutaan kosa kata dan cerdas berilmu tinggi membuat malaikat tersungkur bersujud dikakinya sesuai perintah Allah Maha Pencipta dalam surat Shad 71-72:
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat;Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah.Maka apabila telah aku sempurnakan penciptaannyadan kutiupkan kepadanya Roh (ciptaanKU) maka hendaklah kamu tersungkur bersujud kepadanya.
Jadi Adam yang hidup 930 tahun dan Hawa lahir ketika Adam berumur 130 tahun yang beranak kembar 20 pasang laki dan perempuan  merupakan leluhur dari manusia modern termasuk kita semua tak ada kaitannya dengan manusia purba yang sudah musnah yang diragukan keberadaanya padahal sudah terlanjur jadi kurikulum pendidikan sekolah.
Akhirul kalam Allah yang Maha Mengetahui segalanya.

Dikutip dan disusun oleh ALS: Semarang 3 April 2015 dipublish jam 14.00 wib.



0 comments:

Post a Comment