Friday, February 7, 2014

MALAM PERTAMA VERSI ISLAMI

Perlu diingat bahwa tujuan pernikahan adalah menciptakan baiti jannati yang maksudnya rumahku adalah surgaku yang mungkin hanya dicapai kalau pasangan suami istri mampu memenuhi kewajiban dan haknya sesuai dengan tuntunan Rasulullah.
Kewajiban dan hak yang harus dipenuhi bukan hanya sekedar sandang,pangan dan papan tetapi juga ketenangan,ketentraman,kedamaian dengan cara saling menghargai,merasakan dan toleransi.
Sesuai dengan firman Allah dalam surat Ar Rum ayat 21:
Wa min aayaatihi an kholaqakum min anfusikum ajwaajan ,litaskunul ilaihi wa ja a"la bainakum mawaddatun warahmatun innafi zalika la ayatil liqaumi yatafakkaruna artinya diantara tanda tanda kekuasaan Nya adalah menciptakan untukmu istri istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikannya diantara kamu rasa kasih dan sayang.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi kaum yang berfikir.

Yang paling penting adalah persiapan pernikahan yang matang memerlukan ilmu yang dalam tidak cukup sekedar nasihat pernikahan oleh tuan kadi selama berlansungnya aqad nikah.
Salah satu diantaranya adalah menyalurkan gairah sex tidak hanya legal dan terhormat tetapi juga saling menghargai tidak mementingkan kepuasan diri sendiri.
Ini terjadi karena pembicaraan mengenai sexologi dianggap tabu dan
menjijikkan terutama buat orang Timur apalagi di Indonesia padahal diera Rasulullah masyarakat Muslim tidak pernah merasa malu untuk bertanya mengenai masaalah apa saja termasuk masaalah pribadi kehidupan sexual suami istri.
Dari Aisyah ,Rasul bersabda:Semoga Allah memberkati kaum wanita Anshar!Rasa malu tidak menghalangi mereka mencari ilmu tentang agama mereka .
Memang malu adalah sebagian dari Iman begitu Rasul bersabda tetapi beliau juga bersabda:Tidak ada yang memalukan dalam masaalah Agama,walaupun berkaitan kehidupan seksual.
Pendidikan mengenai sex sebaiknya dimulai sejak kanak kanak dengan metode yang sesuai dengan pertumbuhan usia mereka baik dirumah maupun disekolah.
Asalkan tidak disalah gunakan menyimpang dari tuntunan Rasul,lebih baik mengajarkan yang benar daripada membiarkan mereka mencari sendiri dari sumber sumber yang salah dan melakukannya diam diam dengan rasa bersalah demikian saran Prof.Dr.Hasan Hathout ahli kebidanan dari Kuwait.
Uniknya justru pendidikan persiapan prapernikahan di Eropah malah merupakan syarat pernikahan membutuhkan waktu satu smester kuliah sementara di Indonesia tak lebih satu jam durasi aqad nikah.
Tidak mengherankan kalau angka perceraian jauh lebih rendah di Eropah dibandingkan di Indonesia malah Indonesia merebut posisi tertinggi angka perceraian di Asia Tenggara.
Tidak ada teladan yang lebih baik daripada meneladani kehidupan Rasulullah termasuk kehidupan dalam kamar tidur kita sendiri bila ingin bahagia dunia akhirat.
Rasul bersabda kepada Anas:Ya bunayya idzaa da kholta a"la ahlika fasallim yakun barakatan a"laika wa a"la ihlika baitika artinya wahai anakku apabila kamu hendak masuk kerumah keluargamu ucapkanlah salam,karena salam itu akan memberi berkah kepadamu dan keluargamu(HR.Tirmidzi).
Oleh karena itu ketika memasuki kamar pengantin seorang suami hendaklah mengucapkan salam kepada istrinya assalamua"laikum warahmatullahi wabarakaatuhu.
Hendaknya suami istri berwudhu lebih dahulu dan solat sunat dua rakaat dan selesai solat membaca doa:Allahumma zuqnii ulfataha wa wuddaha wa ridhaha bii war dhini biha,waj ma"bainana bi ahsanij tima"in wa anfusi "itilafin fa innaka tuhibbul halal wa tukrihul haram artinya wahai Allah berkatilah aku dengan cinta kasihnya dan penerimaannya atas diriku.Jadikanlah aku senang kepadanya dan satukanlah kami dalam ikatan yang terbaik dan serasi.Sesungguhnya Engkau menyenangi yang halal dan tidak menyenangi yang haram.
Selesai shalat seharusnya memperlakukan istrinya dengan cara lemah lembut dengan bersenda untuk menimbulkan keakraban dan keceriaan dengan menatap wajah istrinya dengan penuh kasih sayang.
Rasul bersabda:Akmalul mukminiina iimaanan ahsanuhum khuluqan wa althafuhumu bi ahlihi artinya Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan paling lemah lembut kepada istrinya.(HR.Tirmidzi dan An Nasa"i.).
Jadikanlah malam pertama penuh kenikmatan bagi suami dan istri sampai kepuncaknya dengan merasakan apa yang sang istri dambakan dengan memaklumi istri masih asing dengan suasana itu.
Bagaimana sikap Rasulullah terhadap istrinya pada malam pertama?
Sesungguhnya Asma binti As Sakun berkata:Setelah menghias Aisyah untuk Rasulullah,saya kemudian mendatangi beliau,dan memanggilnya untuk melihat Aisyah dalam keadaan tidak berkerudung kemudian Rasulullah datang mendekati Aisyah.Beliau kemudian mengambil satu gelas susu,setelah meminumnya kemudian beliau memberikan kepada Aisyah.Aisyah menundukkan kepalanya karena merasa malu.Asma berkata :Saya membentaknya dan berkata kepadanya :Ambillah dari tangan Nabi.Aisyah berkata:Saya mengambinya &minumnya sedikit
Kemudian Nabi bersabda kepada Asma "Berikanlah ceretmu"(HR.Ahmad)).
Apa yang dilakukan Rasulullah sebelum bersenggama denga istrinya Aisyah?
Anna Rasulullahi shallallahu "alaihi wassalam yuqabbilu "aisyatawayamushshu lisanahaa artinya Sesungguhnya Rasulullah saw mencium Aisyah serta mengecup mulutnyaHR AbuDaud.
Yang dibutuhkan dari sang suami adalah bukan daya fisiknya melainkan kebesaran jiwanya dan penuh pengertian bukan sekedar sebagai suami tetapi juga sebagai pelindung dan curhat.
Suami tidak boleh memikirkan dirinya sendiri begitu syahwatnya terpenuhi langsung berbalik tanpa mempertimbangkan kepuasaan sang istri.
Sebaiknya bila pasangan mempelai siap diatas ranjang lebih dahulu suami duduk didepan istri sambil meletakkan tangan didahi istrinya lau membaca doa sambil menghadap kearah kiblat:
Allahumma bi amanatika akhadztuha wa bikalimatika tahlaltuha.Fa inqadhaita li minha waladan,faj"alhu mubarakan taqiyyan minsyi"ati ali Miuhammad shallallahu "alaihi wa sallam wa la taj"alisysyi syaithani fihi syirkan wa la nashiba artinya Wahai Allah aku telah mengambilnya sebagai amanahmu dan telah menjadikannya halal bagiku dengan kalimat Mu. maka apabila engkau menetapkan bagiku seorang anak darinya jadikanlah dia(laki atau perempuan) anak yang diberkati dan takwa diantara para pengikut keluarga Muhammad saw, dan janganlah Engkau biarkan setan mengambil bagian darinya.
Rasul juga menganjurkan membaca doa memulai sanggama:
Bismillahi Allahumma janibnasy syaithana wajannibisy syaithana ma razaqtana artinya dengan nama Allah wahai Tuhan kami jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah pula setan dari anak yang Engkau anugerahkan kepada kami.(HR.Bukhari dan Muslim).
Ingatlah bahwa bersenggama antara suami istri adalah ibadah asal bersyukur atas nikmat Allah sebagai media mencurahkan kasih sayang yang bisa dinikmati secara adil kedua pihak.
Rasulullah bersabda kepada sahabatnya:
Pada setiap anggota badan salah seorang diantaramu ada sedekahnya Para sahabat bertanya : wahai Rasulullah apakah seseorang yang menyalurkan nafsu syahwatnya kepada istrinya akan memperoleh pahala?Rasul saw menjawab:Bukankah kalian sudah mengerti andaikata ia menyalurkan nafsu syahwatnya itu ditempat yang haram niscaya ia berdosa?Demikian juga halnya apabila ia menyalurkan syahwatnya ditempat yang halal ia akan memperoleh pahala.
Kemudian beliau bersabda lagi:Apakah kamu hanya memperhitungkan kejahatan tetapi tidak memperhitungkan kebaikannya?(HR.Bukhari dan Muslim).
Oleh karena itu kewajiban seorang suami untuk mencampuri istrinya merupakan suatu kerberkahan dan tidak boleh diabaikan walaupun alasan akan meningkatkan ibadah kepada Allah.
Pernah dizaman Nabi Muhammad ada beberapa sahabat yang ingin beribadah secara berlebihan diantaranya mengharamkan berhubungan seksual dengan istrinya bahkan akan mengebiri alat kelaminnya demi kekhusukan dalam beribadah.
Istri Usman bin Math"un melaporkan tingkah suaminya itu kepada Rasul ,langsung Rasul saw memanggil Usman dan menegurnya pulanglah engkau pergaulilah istrimu sebagaimana biasa
Usman langsung merespons aku taati dan kulakukan ya Rasul.
Kewajiban istri melayani permintaan suami tetapi suami juga wajib memenuhi kebutuhan istri untuk mendapat perlakuan yang sama nikmatnya.
Rasul bersabda :Jangan sekalikali seseorang mencampuri istrinya sebagaimana yang terjadi pada binatang.Hendaklah ada diantara keduanya "perantara".kemudian beliau ditanya Apakah perantara itu?Beliau menjawab mencium dan membujuk cumbu(HR.Dailami).
Rasulullah juga mengatakan ada tiga golongan laki laki lemah diantaranya adalah mencapuri istrinya sebelum dia merayu dan merangsangnya sehingga ia membaringkanya untuk memenuhi hajatnya sebelum istrinya itu memperoleh kepuasan hajatnya.(HR:Ad Dailami).
Dilarang bersenggama sebelum melakukan mula"anah atau permainan asmara atau didunia kedokteran dikenal dengan istilah forplay untuk mencapai tingkat orgasmo masing masing pasangan sebelum penetrasi zakar keliang senggama.
Dengan melakukan perangsangan dibeberapa daerah erogen yang bila disentuh secara halus akan mudah terangsang apakah itu didahi,leher ,bibir ,buah dada dan paha baik dengan mencium,mengelus atau mengecup.
Saat orgasmus dicapai keduanya biasanya suami duluan baru istrinya, yang ditandai dengan suara nafas mendengus,nadi dan tekanan darah meningkat dan puting susu mengencang barulah sang suami boleh memasukkan zakarnya yang ereksi itu perlahan lahan kedalam liang sanggama sampai  terasa reaksi dinding vagina berupa mengengam zakar atau memeras zakar sementara dinding vagina dan kelenjer Bartholini akan mengeluarkan lendir sebagai pelumas untuk melicinkan penetrasi zakar.
Dengan kondisi orgasmus mempersiapkan vagina lebih mudah ditrobos 
dengan minimal trauma kemungkinan nyeri karena gesekan jarang sekali.
Untuk posisi yang paling ideal adalah istri berbaring telentang dan suami diatasnya.
Dengan posisi ini penetrasi zakar akan dipermudah terutama bila istri membuka pahanya lebar dan kedua kakinya merenggang dengan lutut sedikit ditekuk sambil suami mengkurap bertumpu pada kedua siku dan lutut agar tidak menghimpit tubuh istrinya sementara bokong istri diganjal bantal memungkinkan penetrasi zakar lebih dalam lebih bebas untuk mencium dan mencubu sang istri yang dapat menambah gairah seksual.
Istri bila perlu memegang zakar suami dan memasukkannya keliang sanggama sementara suami mendorong perlahan lahan tahap demi tahap akan merangsang vagina mengeluarkan pelumas melicinkan zakar menerobos selaput dara(hymen) dengan mudah.
Posisi seperti ini baik sekali bila menginginkan anak karena posisi rahim berada didepan dibantu dengan posisi kaki istri dikedua pundak suami akan membuat posisi lubang vagina tegak lurus apalagi bokong istri diganjal bantal dimana sperma tak keluar tetapi tertampung langsung diatas ujung lubang vagina dekat mulut rahim.
Posisi ini paling ideal karena laki laki memegang kendali secara aktiv dan sesuai dengan tuntunan Arrijalu qawwamu alanisaai,laki laki betanggung jawab terhadap perempuan.
Namun posisi ini tidak direkomendasikan bagi istri hamil karena sentuhan berulang ulang ujung zakar kemulut rahim akan merangsang terjadinya keguguran.
Untuk kondisi hamil lebih terpilih posisi knee chest position (istri menungging) karena ujung zakar tidak begitu keras menyentuh mulut rahim dan tubuh suami tidak menekan perut istri yang membesar namun posisi ini sulit terjadi kehamilan bagi yang merindukan kehamilan karena sperma yang terpancar tidak mencapai mulut rahim dan kurang merangsang istri karena zakar jarang merangsang clitoris(klentit) sehingga istri tidak mencapai orgasmus.
Untuk istri yang baru menjalani episiotomi(menggunting bibir vagina) untuk mempermudah lahir kepala bayi yang akan dilahirkan atau baru menjalani operasi vaginoplastik dianjurkan posisi lutut siku atau menunging ini untuk menghindarkan rasa nyeri selama bersanggama.
Kalau belum berniat untuk hamil mungkin posisi menungging atau posisi istri diatas suami dibawah karena sperma akan cepat meluncur keluar vagina. 
Posisi ini bisa istri setengah jongkok menindih suaminya  atau duduk diatas pinggul suaminya sangat membantu istri yang sulit mencapai orgasmus karena zakar jauh memasuki liang sanggama dan ujung zakar menekan clitoris merangsang cepat timbulnya orgasmus sang istri sementara pemancaran sperma agak dihambat sehingga masa sanggama lebih lama.
Hanya posisi ini dikuasai sang istri yang aktiv dan berkuasa suami yang dikendalikan,tak etis.
Posisi berhadapan muka suami istri bisa dilakukan diatas kursi dimana istri duduk mengangkang diatas pangkuan sang suami memberi kesempatan sang istri mengatur gerakan kedalaman zakar suaminya menyebabkan masa pelepasan seperma terhambat dan memberikan kesempatan sang istri sepuas puasnya tetapi sulit terjadi kehamilan karena sperma meluncur cepat keluar dari mulut rahim.
Masaalah posisi seorang wanita Anshor bertanya kepada nabi perihal seorang suami menyetubuhi vagina istrinya dari belakang maka Rasul membacakan surat Al Baqarah ayat 223,Nisaa ukum hartsun lakum fa"tuu hartsakum annaa syi"tum artinya istri istrimu bagaikan ladang ladang kamu karena itu datangilah bagaimana saja kamu kehendaki.(HR.Ahmad)
Allah berfirman dalamsurat Al Baqarah 222:
Maka hendaklah kamu menjauhkan diri dari istrimu diwaktu haid dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci.
Apabila nereka telah suci maka campurilah mereka(istri istri itu) pada tempat yang diperintahkan Allah.
Rasul bersabda:Janganlah kamu mendatangi istri kamu pada pantatnya atau duburnya (HR.Ahmad,Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Dari Abu Hurairah ,Rasul bersabda:
Terlaknatlah laki laki yang mendatangi istrinya pada duburnya.(HR:Ahmad ).
Allah tidak melihat laki laki yang menyetubuhi laki laki atau menyetubuhi perempuan pada duburnya(HR.Tirmidzi,Nasa"i dan IIbnu Hibban).
Saat terjadi eyakuasi yaitu penyemperotan sperma keliang vagina,sebaiknya sang suami membiarkan zakarnya tetap diliang sanggama sampai sang istri selesai masa orgasmusnya.
Disini dibutuhkan pengertian dan kesabaran suami agar tidak egois karena masa orgasmus istri lebih lama berakhirnya.
Rasul bersabda:Apabila salah seorang dari kalian bersetubuh dengan istrinya hendaklah menyempurnakannya.Bila hajatnya telah selesai sebelum hajat istrinya selesai janganlah dia terburu buru meninggalkan istrinya sampai tercapai hajatnya.(HR.AbdurRazaq,AbuYa"la)
Riwayat lain Rasul bersabda:Apabila salah seorang kalian bersetubuh dengan istrinya janganlah menyingkir hingga hajat istrinya selesai sebagaimana ia senang selesai dengan hajatnya.(HR.Ibnu Adiy dan Ibnu Abbas).
Disamping mencapai puncak kenikmatan masaalah sopan santun bermain cinta perlu diperhatikan sabda Rasulullah:
Apabila salah seorang diantara kamu mendatangi istrinya hendaklah keduanya menutupi tubuhnya.Janganlah keduanya bertelanjang bulat seperti senggamanya dua ekor keledai dan hendaklah ia mengawalinya dengan kata rayuan dan ciuman.(HR.Ibnu Majah).
Dalam hadist lain Rasul bersabda:
Apabila salah sorang dari kamu mencampuri istrinya hendaklah berselimut.
Keduanya jangan bertelanjang seperti telanjangnya dua ekor keledai.(HR.Thabrani)
Kenapa dipersoalkan bukankah peristiwanya diruang tertutup?
Rasul bersabda:Tidak seorangpun dari kalian kecuali sudah diwakilkan padanya kawannya (qarin)nya dari jenis jin.Para sahabat bertanya:Engkau juga ya Rasulullah menjawab,Begitu juga aku meskipun Allah telah membantuku melawan qarin itu,sehingga qarin ku masuk Islam ia tidak menyuruhku kecuali yang baik saja.
Oleh karena adanya jin selalu mendamping kita maka juga harus malu dan menghormati mereka dengan tidak berbugil ria.(HR.Tirmidzi).
Bagaimana kalau masing masing melihat faraj pasangannya untuk meningkatkan gairah?
Pasangan suami istri boleh melihat seluruh tubuh pasangannya kecuali farajnya.
Ketika orang bertanya kepada Siti Aisyah tentang cara Rasulullah berjimak ia menjawab:
Maa ra a minnii wama ra aitu minhu;Beliau tidak melihat punyaku dan aku tidak melihat kepunyaannya.Rasul sangat menghargai wanita beserta farajnya.
Bagaimana kalau berniat melakukan sanggama ulangan?
Rasul bersabda:Apabila salah seorang diantara kalian menggauli istrinya,lalu mau mengulanginya kembali,hendaklah dia berwudhu diantara keduanya dengan satu kali wudhu karena wudhu dapat membangkitkan semangat untuk mengulanginya.(HR.Muslim,AbuDaud).
Riwayat lain Rasulullah bersabda:Apabila seorang diantara kalian telah bersenggama dengan istrinya kemudian ingin mengulanginya maka hendaklah is berwudhu(HR:Jamaah)
Bagaimana apabila telah bersenggama ingin makan minum atau tidur?
Dari Aisyah ra :Adalah Nabi Muhammad saw apabila beliau dalam keadaan junub setelah bersenggama kemudian hendak makan atau tidur maka beliau berwudhu.(HR.Muslim).
Aisyah berkata:Adalah Rasulullah apabila hendak tidur sedangkan dia 
dalam keadaan janabah beliau membasuh kemaluannya,lalu berwudhu seperti wudhu untuk sholat.(HR Jamaah).
Dari Ibnu Umar ia berkata:Wahai Rasulullah bolehkah salah seorang dari kami tidur sedang ia dalam keadaan junub?Boleh,apabila ia berwudhu.(HR.Ibnu Umar).
Satu hal yang wajib diketahui adalah suami istri setelah melakukan senggama harus mandi wajib atau gushl dengan meratakan air keseluruh tubuhnya.
Surat al Ma idah ayat 6 Allah berfirman wa inkuntum junuban faththaharu artinya Dan jika kamu dalam keadaan junub hendaklah bersuci dengan cara mandi.
Rasul bersabda:Apabila dua khitan telah bertemu dan kepala zakar telah tersembunyi maka wajiblah mandi (HR.Ibnu Abi Syaibah).
Rasul juga bersabda : jika seorang telah berada diantara kedua tangan dan kaki istrinya lalu mencampurinya maka wajib mandi baik keluar mani ataupun tidak.(HR.Ahmad dan Muslim).
Bagaimana cara mandi janabah versi Rasulullah?
Mulai dengan niat mandi janabah cukup dalam hati, cuci kemaluan dengan tangan kiri basuh kedua tangan tiga kali dan baca bismilah berwudhu seperti akan sholat,basahi tangan gosok sela sela rambut kepala merata siram kepala dengan tiga cedokan air lalu menyiramkan air keseluruh tubuh mulai bagian kanan kemudian kiri diakhiri membasuh kaki kanan dan kiri.
Khusus untuk perempuan tidak perlu menggerai rambutnya langsung disiram tiga kali tidak perlu merata.Ummu Salamah bertanya :Wahai Rasul saya seorang perempuan berambut panjang dan bersanggul ,apakah saya harus mengurai rambut saya untuk mandi haid dan janabah?Rasul menjawab :Tidak,cukup bagimu menuangkan air dikepalamu tiga kali 
cedokan,kemudian siramlah badanmu dengan air .Dengan demikian engkau telah bersih(HRMuslim).
Jangan dilupakan bahwa menjaga rahsia kamar pribadi merupakan kewajiban suami istri.
Rasul dengan keras mengingatkan:Sesungguhnya orang yang paling rendah martabatnya dihadapan Allah dihari kiamat ialah seorang laki laki yang menyetubuhi istrinya dan istrinyapun melaukan persetubuhan kemudian dia menceritrakan rahsia istrinya kepada orang lain .(HR.Muslim dan Abu Daud dari Abu Sa"id).
Rasul juga bersabda:Amanah yang paling besar disisi Allah Azza wa jalla pada hari kiamat ialah apabila seorang suami mendatangi istrinya dan si istri mendatangi suaminya lalu suami menyebarkan rahsia istrinya.((HR.Abu Ya"la).
Perumpamaan suami istri yang menyebarkan rahasia sanggama mereka Rasul bersabda:
Mereka itu seperti setan jantan bertemu setan betina dijalan raya lalu mereka bersetubuh sementara manusia menontonnya.(HR.Abu Ya"la).
Senggama yang memberikan kepuasan kepada pasangan suami istri merupakan salah satu elemen penting untuk membangun baiti jannati,rumah tangga mawaddah warahmah dan sakinah.


Disusun oleh ALS,Semarang 7 Februari 2013 jam 21.35

0 comments:

Post a Comment