Sunday, August 24, 2014

DAHSYATNYA SILATURRAHIM

Pintu gerbang Idulfithri sudah menganga menyambut para shoimun yang telah membakar dosa dosanya sebulan penuh sambil mengumandangkan takbir Allahu Akbar mengusir segenap keangkuhan yang bersembunyi dalam dirinya yang menghadang bau surga sampai kehidungnya.
Pada hal bau syurga sudah tercium 40 tahun sebelum mencapai pintu jannatun na"im bagi calon calon penghuni syurga.yang tak ada sebiji zarahpun kesombongan bersimpuh dalam hatinya.
Hanya Allah yang Maha Besar semuanya kecil dihadapan Allah laksana nyamuk nyamuk yang tidak berharga kecuali mereka yang bertakwa kepadaNya.
Tak ada bedanya Presiden dan pesinden,jendral dengan kopral,gubernur atau tukang bubur semuanya diwajibkan berpuasa pada saat yang sama dan berbuka pada juga jam yang sama.
Saling mendoakan dengan ucapan tahniyah Taqaballallahu minna waminkum,semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kamu bukan hanya mendoakan diri sendiri.
Benarlah ungkapan Prod.Dokter Syaltut bahwa As Shoimun malakun fi shuratin Insan bahwa mereka yang berpuasa laksana malaikat berbentuk manusia.
Mereka saling berjabatan tangan untuk melunturkan dosa dosa sesamanya sesaat sebelum jabatan tangan terlepas bukan cipika cipiki apalagi yang bukan muhrimnya karena mereka ingat pesan Rasul saw lebih bagus kamu tusukkan jarum besi kekepalamu daripada menyentuh yang bukan muhrimmu.
Jangan dijadikan tradisi syawalan mengkoleksi dosa setahun untuk dilunturkan pada hari lebaran tapi jadikanlah mulai satu syawal dan sepanjang usia  sebagai moment aksi perdamaian menyambung silaturahmi yang hampir atau sudah terputus akibat merasa diri paling berharga serentak dengan komitment mulai satu syawal tak boleh ada lagi yang kelaparan dikolong langit ini.
Setiap bertemu budayakanlah bersalaman sambil tanyakan apa yang bisa dibantu menyangkut masaalah dirinya seperti budaya Barat What I can do for you?
Islam telah mengajarkan tatakrama ketika dua cucu Adam bertemu sebelum orang Barat mengenalnya.
Rasul pernah bersabda:
Demi zat yang jiwaku dalam genggamannya kalian tidak akan masuk syurga sebelum kalian beriman,dan kalian belumlah beriman sebelum saling mengasihi .
Maukah aku tunjukkan sesuatu jika kalian melakukan maka akan timbul kasih sayang diantara kalian .
Yaitu sebarkanlah salam(HR:Imam Muslim).
Dari Jubir bin Muslim ra,sesungguhnya Rasul saw bersabda:
Tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan silaturahmi (HR:Bukhari dan Muslim).
Orang beriman harus mampu menyelamatkan saudaranya dari kekejian kata kata dan perbuatannya dengan kata lain tak ada yang tak bahagia dengan kehadirannya semuanya berduka atas kepergiannya.
Dari Abu Ayyub ra bahwa Rasul saw bersabda:
Tidak halal bagi seorang muslim tak bertegur sapa lebih dari tiga hari dengan saudaranya,sebaik baik mereka bila bertemu adalah lebih dahulu mengucapkan salam (HR: Muttafaq alaihi).
Allah mengancam dengan firmannya dalam surat Muhammad 22-23:
Fahal a"saitum in tawallaitum an tufsiduu fil ardhi watuqoththiuu" arhaamakum.Maka apakah sekiranya kamu berkuasa kamu akan berbuat kerusakan dibumi dan memutuskan silaturahmi .
Ulaaikalladziina la"nahumullaahu fa ashommahum wa a"maa abshaarahum.Mereka itulah orang orang yang dikutuk Allah,lalu dibuat tuli pendengarannya dan dibutakan penglihataanya.
Rasul bersabda :Sesungguhnya rahmat Allah tidak akan turun kepada suatu kaum yang didalamnya ada orang yang memutuskan tali persaudaraan.
Bila rahmat tak turun maka pastilah laknat yang akan turun memporak porandakan kehidupan suatu kaum dan orang masuk syurga bukan karena amal ibadahnya tapi karena rahmat Allah.
Apapun yang kita miliki tanpa rahmat Allah tak akan membahagiakan hidup kita karena kegelisahan tetap memberondong sepanjang masa sebab tak ada tempat untuk bersimpuh rasa syukur dan sabar dihati kita.Bagi orang beriman kebahagiaan selalu membalut hidupnya sebab tatkala musibah menimpanya dia sabar menerimanya sebaliknya bila nikmat mengucur atas dirinya dia selalu bersyukur kepada Allah swt.Tak ada kamusnya mengeluh bagi mereka yang beriman.
Islam maknanya aslama yuslimu saling menyelamatkan dirinya,saudaranya tanpa memandang suku,ras dan agama bahkan menyelamatkan alam sekitarnya termasuk flora,fauna dan benda mati sekalipun.
Sialturahmi itulah modal utamanya untuk membangun baldatun thoyyibatun warabbun ghofur yaitu negara yang adil makmur dlimpahi rahmat dan ampunan Allah swt.
Rasul bersabda:Maukah kalian kutunjukkan amal yang lebih besar dari daripada sholat dan shoum??
Para sahabat menjawab serentak:Tentu saja ya Rasul.
Rasul bersabda:Engkau damaikan orang bertengkar,menyambung persaudaraan yang terputus,mempertemukan kembali saudara saudara yang terpisah.
Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya,dan diluaskan rezekinya maka sambunglah silaturahmi.
(HR:Bukhari dan Muslim)).
Nabi Daud sangat akrab dengan malaikat Izrail (malaikat maut),sekali waktu malaikat Izrail mendatanginya lantas nabi Daud bertanya :Apakah kehadiranmu akan mencabut nyawaku?
Izrail menjawab:Bukan tapi akan mencabut nyawa tetanggamu Jumat depan.
Setelah ditunggu sampai hari Sabtu ternyata tetangganya masih hidup.Nabi Daud :Hai Izrail,apa yang kamu katakan tak menjadi kenyataan terbukti sifulan masih hidup sampai saat ini,
Izrail menjawab:Allah memerintahkanku untuk menunda kematiannya sampai duapuluh tahun lagi.
Daud bertanya:Bagaimana bisa wahai izrail? Izrail menjawab:Karena dia aktif merekatkan silaturahmi antar keluarga yang sudah retak bahkan putus tali silaturahimnya.
Silaturahmi tak hanya sesama ummat Islam tetapi juga sesama manusia(Ukhuwah basyariah) bahkan ukhuwah makhluqiyah(sesama makhluk) baik yang hidup maupun yang mati.
Ibda" binafsika mulailah bersilaturahmi dengan dirimu jangan zalimi dia dengan kebodohanmu.
Ketergantunganmu dengan rokok,tanpa rokok kamu gelisah berarti telah merusak aqidah disamping kamu membunuh dirimu sendiri dengan memasukkan 4000 macam racun kedalam tubuhmu dan membunuh orang dekatmu tanpa sengaja ikut menyedot racun yang engkau tebarkan..
Kata kata yang baik engkau ucapkan adalah obat mujarab untuk dirimu sendiri.
Ishumu Imoto telah meneliti air di Jepang yang dimaki maki dan diucapkan kata kata yang baik.
Ternyata molekul molekul air yang dimaki dengan kata kata kotor tak beraturan sementara yang diucapkan kata kata manarik justru teratur rapi.
Demikian juga komposisi darah manusia yang sebagian besar adalah  molekul air akan cenderung teratur dan mengalir lancar untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen keseluruh jaringan tubuh bila ucapan yang bermanfaat apalagi zikrullah yang berlompatan dari lidahnya.
Terhadap Rasul saw walaupun sudah menghadap Allah swt tetap kita bershalawat sepanjang waktu dan kepada kedua almarhum orang tua dan para arwah selalu kita doakan keampunan dari Allah swt.
Barang siapa bershalawat kepada Rasul maka Rasul akan memberi syafaat dihari kiamat.
Jangankan manusia,Allah dan para malaikat bershalawat untuk Rasul,Innallaha wamalaikatuhu yushollu "alan nabii,ya ayyuhalladzi na amanu shollu alaihi wasallimu taslima.
Semua doa kebaikan yang kita panjatkan buat siapuun sama dengan mendoakan diri kita sendiri dan doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa seorang hamba untuk saudaranya tanpa setahunya..
Dengan bersilaturahmi dengan flora yang setiap saat mengeluarkan oksigen sebagai sumber utama kehidupan kita dan menyerap CO2(zat asam arang) yang berguna untuk proses pembuatan makanan oleh flora yang dibutuhkan manusia dan membersihkan polusi CO2 diudara bebas yang jadi segar dihirup manusia dan binatang jelas memperpanjang usianya dan kualitas hidupnya.
Sekirang hutan dibabat habis dengan dalih untuk pembangunan maka air yang tadinya diserap tudung akar flora untuk mencegah banjir dikala musim hujan dan mencegah kekeringan dikala musim kemarau akan menimbulkan bencana alam yang akan merontokkan manusia dan binatang buas akan berkeliaran masuk desa mencari mangsanya termasuk manusia, karena telah digusur tempat tinggalnya.
Burung burung dan seluruh jenis serangga akan kehilangan tempat bernaung dan sumber kehidupannya gara gara tangan manusia yang tak mengenal silaturahmi.
Sampah yang tidak pernah kita hargai kita serakkan disembarang tempat menyebabkan bau menyengat dan sumber penyakit menular ,menyumbat gorong gorong menyebabkan luapan banjir tatkala hujan lebat dan membuat polusi asap tatkala dibakar mengevakuasi manusia yang tak punya silaturahmi.
Alangkah bahagianya sampah bila dirinya diubah dalam bentuk produk pupuk yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman meningkatkan produksi pangan yang dibutuhkan manusia dan sejenisnya berkat pemikiran dan prakarsa silaturahmi.
Tanaman yang diolah dengan belaian silaturahmi akan memberikan bunga yang segar dan indah dibandingkan tanaman yang diolah oleh pembantu yang motivasinya cuma materi.
Lihatlah bagaimana Rasul saw menang di perang Badar dengan jumlah serdadu yang sedikit dibandingkan dengan pasukan kafir Qurois karena jutaan malaikat ikut bergabung dalam pasukannya berkat silaturahminya dengan para malaikat demikian juga ketika malaikat maut diperintahkan untuk mencabut nyawanya begitu taksampai hatinya untuk melakukannya akhirnya dicabut secara perlahan.
Bagaimana laba berkerja keras membuat jaringan menutupi pintu gua Tsur dan merpati jongkok bertelur dibelakangnya serta pohon merundukkan dahan dan daunnya menutup pintu gua Tsur membuat pasukan kafir Qurois berfikir tak mungkin Rasul saw bersembunyi didalamnya,ini semua berkat hikmah silaturahmi Rasul saw dengan binatang dan tumbuhan.
Dari Abu Bakrah,Rasul bersabda:
Tak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya (didunia ini) berikut dosa yang disimpan( untuknya diakhirat) daripada perbuatan melampaui batas(kezalian) dan memutuskan  silaturahmi.(HR:Abu Daud,Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Dari Abu Hurairah ra ,Rasul bersabda:(HR:Bukhari dan Muslim).
Berhati hatilah kalian terhadap prasangka,sebab prasangka itu sedusta dustanya cerita.
Janganlah menyelidiki,memata matai dan menjerumuskan orang lain,dan jangan saling menghasut membeci dan saling membelakangi.Jadilah kalian sebagai hamba Allah yang bersaudara.
Renungkan kata kata bijak;Kejahatan dibalas kejahatan adalah akhlak ular,kebaikan dibalas kejahatan adalah akhlaknya buaya,sementara kebaikan dibalas kebaikan adalah akhlaknya anjing dan ingatlah bahwa kejahatan dibalan kebaikan itulah akhlah manusia sempurna(insanul kamil).
Akhirul kalam untuk menyandang gelar orang yang mulia didunia dan akhirat paling tidak tiga kriteria harus dimiliki yaitu memaafkan orang yang menzalimimu,menyambung silaturahmi terhadap orang yang memutuskannya dan sabar ketika engkau dianggap bodoh.
Begitulah dahsyatnya silaturahmi.


0 comments:

Post a Comment