Sunday, April 10, 2016

PUASA RIWAYATMU DULU

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 183:Ya ayyuhalladzina aamanuu
kutiba "alaikumush shiyaamu kamaa kutiba "alalladzina minqoblikum la allakum tattaquna artinya wahai orang orangberiman telah diwajibkan kepada kalian puasa sebagai mana diperintahkan kepada orang oramg sebelum kamu agar kamu bertaqwa.Maksudnya puasa yang diperintahkan kepada Muhammad saw jauh sebelumnya telah berlaku buat ummat terdahulu cuma cara,tujuan dan
motif yang berbeda dengan demikian sifatnya universal dan sama tuanya dengan umur manusia dimuka bumi ini(al Baqarah 184).sama halnya dengan dua ibadah lainnya  yaitu sholat(al Mudatsir 40;43) dan qurban (al Maidah 27) Puasa berasal dari kata upawasa dalam bahasa Sansekarta maknanya menghentikan segala kebiasaan dan dalam bahasa Arab disebut as Shiyaam atau as Shaum yang artinya menahan diri dari sesuatu perbuatan.
Nabi Adam as menahan diri untuk tidak mendekati pohon quldhi(surat al
baqarah 35) dan Siti Maryam ibunda Nabi Isa as menahan diri tak berbicara
dengan siapapun(suratMaryam 26) adalah bentuk puasa ummat sebelumnya;
Nabi Adam as tatkala diturunkan kebumi berpuasa tiga hari setiap bulannya tanggal 13,14 dan 15 disebut puasa putih yang juga diikuti Nabi Nuh  dan diamalkan Rasulullah saw dan pangikutnya sebelum turun surat al Baqarah 183.Nabi Ibrahim as berpuasa setiap akan menerima wahyu dari Allah swt demikian juga putranya Nabi Ismail as dan Nabi Ishaq as.
Nabi Ya"cub sering berpuasa terutama untuk keselamatan puteranya dan Nabi Yusuf as berpuasa ketika dipenjara dan diteruskan waktu menjadi pembesar Mesir.Nabi Musa as berpuasa 40 hari 40 malam bermunajat di Bukit Tursina tatkala menerima sepuluh perintah Tuhan mulai hari Senin dan berakhir hari Kamis.Puasa model begini masih dipertahankan oleh para Rohaniawan Yahudi mereka berpuasa sampai malam hari pada hari kesepuluh bulan ketujuh menurut perhitungan mereka.
Setiap tahunnya pada hari suci mereka namakan Yom Kippur setiap akhir September atau awal Oktober dalam rangka mengenang pengembaraan Musa as di padang pasir dan hutan belukar mencari tanah perumahan ummatnya mereka berpuasa selama 24 jam mulai terbenam matahari dan berbuka esoknya saat terbenam matahari tanpa makan minum berhubungan suami istri dan tak berkerja.
Disamping puasa Yom Kippur mereka juga berpuasa untuk melepaskan dari rasa dukacita yang sedang dialami atau telah berlalu antara lain tatkala kota Yerussalem dihancurkaa,atau sedang dikepung tentara Romawi.dinding kota dirusak dan saat Gubernur Yudah dibunuh.
Ada juga yang berpuasa dengan harapan meredakan kemarahan Tuhan dan bertaubat atas dosa dosa yang terlanjur mereka lakukan.
Nabi Ilyas as berpuasa ketika menerima wahyu digunung Horeb.
Nabi Daud as berpuasa berselang seling sahari berpuasa dan sehari berbuka sepanjang tahun
Puasa yang paling disukai Allah swt adalah puasa Nabi Daud dan sholat yang paling disukai Allah swt adalah sholat Nabi Daud as.Beliau biasa tidur separoh malam,bangun pada sepertiganya dan tidur lagi pada seperenamnya.Beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari.(Muttafaqun alaih).
Nabi Isa as sering berpuasa ketika tampil dimuka umum menyatakan dirinya sebagai Rasul.
Dalam kitab perjanjian baru dianjurkan agar pengikut Yesus berpuasa secara ikhlas dengan tidak memperlihatkannya kepada orang lain wajah yang muram,lemah gaya munafik.
Tak ada petunjuk yang khas cara berpuasa dalam Injil sehingga para rohaniawan membuat aturan sendiri sesuai dengan situsi dan kondisi setempat.
Gereja Roma Katholik mengajarkan dua macam puasa yaitu puasa dan berpantang(abstinence).
Puasa diharuskan kepada mereka berusia diatas 21 taun tak boleh makan selama 24 jam kecuali satu kali saja tetapi minum dibolehkan.
Sedangkan berpantang hanya untuk yang berumur diatas 14 tahun dengan berpantang daging atau makanan terbuat dari daging.
Sementara itu Gereja Yunani Orthodok mengajarkan puasa 266 hari setahun dengan perincian dua kali seminggu setiap hari Rabu dan Jum"at ,40 hari sebelum Natal dan 40 hari sebelum Paskah.
Model puasa berpantang dua makanan tertentu pada hari Minggu pertama setiap bulannya dan selanjutnya harga dua makanan tersebut disumbangkan untuk ornag miskin lewat gereja.
Bangsa bangsa yang tak sempat diintervensi oleh agama Yahudi,Nasrani dan Islam juga punya model puasa tersendiri antara lain puasa pada musim terten
tu seperti musim panas oleh suku suku Cheroke dan Natches,menyambut musim bunga oleh orang Yunani Kuno.
Puasa karena anggota keluarga meninggal seperti bangsa Cina,Korea dan Samoa.Sementra wanita Barbar Afrika berpuasa tatkala suami suami mereka ikut berperang  dan puasa menjelang hari perkawinan seperti bangsa Marcuai di Guyana,Tlingit di Alaska,Santals dari Bengal(India) dan khususnya suku Jawa dari Indonesia bukan hanya calon pengantin tetapi juga periasnya.
Dalam agama Hindu pengikut Brahma berpuasa 24 hari dalam setahun atau 40
hari berturut turut.dan pengikut Wisnu berpuasa dengan tidur diatas paku,berbaring dibawah terik matahari,berdiri terus tanpa duduk dengan menyiksa diri mengharapkan keridhaan Tuhannya.
Mahatma Gandhi berpuasa selama 21 hari demi persahabatan antar Ummat Hindu dan Islam.dan Bi'su di Vietnam berpuasa sebagai protes terhadap ketidak adilan suatu bangsa.
Bangsa primitif berpuasa untuk memperoleh kekuatan magis contohnya puasa
Patigeni di Jawa dengan tidak makan,minum dan tidur selama 24 jam.
Dengan demikian para pastor dan biarawati yang menahan diri tak kawin dapat
dikategorikan sebagai puasa seumur hidup.
Tak ada satupun model puasa yang ada tuntunannya semua ditata menurut pemikiran dan selera pemimpinnya yang berubah terus sesuai situasi dan kondisi
Tak hanya manusia hewanpun juga berpuasa lihatlah ayam berpuasa selama mengerami telurnya,ular berpuasa waktu bersalin kulit,ulat berpuasa waktu jadi kempompong sampai jadi kupu kupu,beruang berpuasa selama musim dingin membuat lobang dalam tanah.
Turunnya perintah puasa kepada Rasulullullah saw bermula dari saat
beliau tiba di Madinah kebetulan beliau menemukan orang orang Yahudi sedang berpuasa Asyura(10 Muharram),sebagai tanda bersyukur atas terhindarnya Nabi Musa as dan sebagian kaum Bani Israel dari kekejaman Firaun.Rasul berpikir bahwa ummat Islam lebih layak berpuasa untuk itu maka berpuasalah Rasul saw dan pengikutnya pada hari Asyura tersebut.
Akhirnya turunlah surat Al Baqarah 183- 185 mewajibkan ummat Islam berpuasa bulan Ramadhan sebagai salah satu rukun Islam yang lima tepatnya tanggal 10 Sya"ban tahun ke2 Hijriah setelah diperintahkan memindahkan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.
Rasulullah saw berpuasa ramadhan selama sembilan tahun sembilan kali sampai akhir hayat beliau.
Inilah konsep puasa yang lebih sempurna,lebih konkrit mencakup bentuk
bentuk puasa yang pernah ada sebelumnya yang merupakan ibadah yang tuntunannya jelas dalam al alquran dan hadist Nabi saw.
Baik dalam agama Yahudi maupun Nasrani tak ditemukan secara tegas dan lugas perintah puasa untuk mencapai derajat taqwa yang paling mulia disisi Allah swt seperti puasa Islami.
Sejak lahirnya perintah puasa Ramdhan tahun 623 M  berarti hingga saat ini puasa Ramdhan telah berusia 1393 tahun.


0 comments:

Post a Comment