Saturday, May 24, 2014

SIDRATUL MUNTAHA DIMANA KAU? als

 
Sidrat yang berarti pohon bidara dan muntaha berarti tapal batas terakhir dimana makhluk apapun tidak mampu melewatinya kecuali nabi Muhammad saw saat berdialog langsung dengan Tuhannya . Pohon Bidara raksasa tumbuh dengan megah dan indah diselubungi permadani emas berakar dilangit keenam dan pucuknya dilangit ketujuh tepat dibawah Arasy. Pengertian langit ketujuh disini bukan berarti lapis demi lapis tapi tetapi dalam al Quran ungkapan tujuh atau tujuh puluh sesuatu yang tidak berhingga jumlahnya mengacu pada surat AlmBaqarah 261 :Siapa yang menafkahkan hartanya dijalan Allah ibarat menanam sebuah benih yang menumbuhkan tujuh tangkai masing masing tangkai berbuah seratus butir.

QS Lukman 27: Andainya semua pohon dibumi ini dijadikan kalam dan lautan menjadi tintanya dan ditambah tujuh lautan lagi maka tidak akan habis kalimah Allah.  Pendapat lama yang beranggapan bumi sebagai pusat alam semesta maka langit pertama adalah Bulan,langit kedua Mercurius,langit ketiga Venus,langit keempat Matahari,langit kelima Mars,langit keenam Jupiter dan langit ketujuh adalah Saturnus.

Pengertian langit atau samawati adalah segala sesuatu yang diatas dan menurut Rasyid Ridha tujuh langit dimaksud adalah langit ghaib. Buahnya seperti bejana batu dan daunnya persis teliga gajah yang jumlahnya sama dengan jumlah makhluk hidup didunia ini .Saat manusia empat puluh hari lagi akan meninggal daun bertuliskan nama yang bersangkutan akan gugur ditampung malaikat maut dan pada hari H nya malaikat mendatanginya untuk mencabut nyawanya.

Dari Anas bin Malik dari Malik bin Sha"sha"ah dari Nabi saw bersabda:Kemudian aku dinaikkan ke sidratul muntaha daunnya seperti telinga gajah dan buahnya seperti bejana batu
Mengalir empat sungai yaitu dua sungai surga dan dua sungai Eufrat(Irak) dan Nil(Mesir).
Ada Baitul Makmur dimana setiap harinya tujuh puluh ribu malaikat sholat  dan setiap malaikat hanya sekali memasukinya dan tak pernah berulang lagi.
Disebut pohon kehidupan merupakan batas dimana semua makhluk apapun tidak bisa melewatinya.
Disinilah lokasi Nabi Muhammad saw mengalami tiga peristiwa penting :
1.Nabi melihat wujud asli malaikat Jibril yang mempunyai enam ratus sayap yang sebelumnya juga pernah dilihat Rasul diufuk yang tinggi(langit dunia) ketika Jibril membawa wahyu pertama kepada Nabi Muhammad saw.
Firman Allah dalam surat An Najm 13:
Sesungguhnya Muhammad melihat Jibril(dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.
2.Melihat cahaya Tuhan atau wajah Tuhan tertutup cahaya.
Dari Abu Dzar ia berkata:Aku bertanya kepada Rasulullah:Apakah paduka melihat Tuhan paduka?
Ia menjawab:Hanya cahaya.Bagaimana mungkin aku bisa melihat Allah (HR:Muslim).
Rasul berdialog dengan Tuhannya tanpa ditemani Jibril:
Muhammad bersabda:Attahiyyatul mubarakatush sholawatut thoyyibatulillah,segala penghormatan kemuliaan keagungan hanya milik Allah swt.
Allah berfirman:Assalamualaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh,Selamat atas engkau wahai Nabi rahmat dan berkah Allah bersamamu.
Muhammad:Semoga keselamatan bagi kami dan hamba hamba Allah yang saleh.
Malaikat serentak mengumandangkan dua kalimah syahadat,asyhadualla illa haillallah wa asyhaduanna muhammadarrasulullaha,aku bersumpah tidak ada Tuhan melainkan Allah dan aku bersumpah bahwa Muhammad adalah Rasulullah.
Ungkapan ini diabadikan sebagai bagian dari bacaan sholat.
3.Mendapat perintah sholat lima waktu yang sebelumnya limapuluh kali sehari semalam,berkat permohonan Rasul dan izin Allah diubah jadi lima kali sehari semalam.
Inilah inti peristiwa Isra"Mi"raj yang sebenarnya.
Shalat lima waktu yang pertama kali dilaksanakan Rasul adalah sholat zuhur di Masjidil Haram. Sebelum perintah sholat lima waktu menurut Imam Qatadah murid Imam Anas bin Malik  sholat hanya dua rakaat saat subuh dan dua rakaat saat petang.tak ada keterangan sedikitpun mengenai tata cara sholatnya.
Sidhratul Muntaha merupakan puncak perjalanan sang hamba kepada KhalikNya yaitu rangkaian dari perjalanan malam(Isra") mulai dari Masjidil Haram ke Madinah lalu ke Syajar Musa(tempat pelarian Musa dari Mesir) sesudah itu mampir di Tursina (tempat Musa menerima wahyu) kemudian Bettlehem(Baitullihmi) tempat nabi Isa dilahirkan,tiba diYerussalem(Masjidil Aqsa)(kiblat pertama) berjarak 2000 km sebelah utara Mekah merupakan bangunan tertua kedua setelah Ka"bah dan tempat suci ketiga setelah Makkah dan Madinah.oleh Yahudi disebut Kuil Sulaiman.
Disebut mesjid Aqsa karena merupakan mesjid terjauh yang dikunjungi Rasulullah.
Abu Dzar Al Gifarri berkata:Aku bertanya kepada Rasul saw mengenai mesjid yang pertama kali dibangun dibumi ini,Rasul menjawab:Masjid Al Haram.
Aku bertanya lagi,kemudian mesjid apa lagi?Rasul menjawab:Mesjid Al Aqsa.
Berapa jarak waktu keduanya?Rasul menjawab:Empat puluh tahun,kemudian seluruh bumi Allah ada tempat sujud bagimu,maka dimanapun kamu mendapati waktu sholat ,sholatlah!
Disini Muhammad ditunggu oleh para Rasul dan Nabi setelah sholat dua rakaat dan minum susu diberi Jibril langsung Mi"raj dilangit pertama ketemu Nabi Adam,langit kedua Nabi Isa dan Yahya,langit ketiga Nabi Yusuf,langit keempat Nabi Idris,langit kelima Nabi Harun,langit keenam Nabi Musa dan langit ketujuh Nabi Ibrahim sangat mirip dengan Nabi muhammad terus ke Baitul Makmur,Sidratul Muntaha yang ditempuh hanya dalam waktu satu malam saja yang jaraknya milyaran tahun cahaya.
Latar belakang peristiwa Isra"Mi"raj merupakan motivasi batin Rasulullah yang dirundung kesedihan sejak meninggalnya paman beliau Abu Thalib dan istri tercinta Khadijah yang telah banyak berkurban dalam perjuangannya menyampaikan risalah apalagi  ditolak dan dilempar batu dalam dakwahnya membuat beliau berada dalam posisi titik nadir.
Firman Allah dalam surat al Isra"ayat 1:
Mahasusci Allah yang telah memperjalankan hambanya pada satu malam dari Masjidil Haram ke masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar memperlihatkan kepadanya sebagian dari tanda tanda kekeusaan kami.Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Sekiranya jasad dan batin beliau seperti manusia biasa pastilah dia sudah hancur laksana pasta gigi disedot oleh gravitasi(daya tarik) lubang hitam yang berada diangkasa luar.
Lubang hitam yang luasnya lebih dari matahari sangat berbahaya karena mampu menghancurkan apa saja yang berada dalam radius gravitasinya termasuk cahaya sekalipun yang baru diketahui manusia tahun 1873 padahal Allah telah memperingatkan tentang keberadaan lubang hitam dalam al Quran.
Teori yang dicetuskan ilmuwan Barat John Mickle Brown tentang lubang hitam adalah setiap benda yang dilemparkan keatas tegak lurus akan lepas dari daya tarik bumi(gravitasi) bila mencapai kejauhan lebih dari 11 km/detik maka akan disedot planet lain yang punya gravitasi yang lebih besar dari bumi.
Bila planet seukuran bumi disedot lubang hitam bisa menciut diameternya menjadi satu centimeter.
Lubang hitam mirip seperti segitiga Bermuda dimana setiap kapal laut atau pesawat terbang yang lewat diatasnya pasti akan hilang tiba tiba.
Disebut lubang hitam karena begitu gelapnya karena cahayapun disedotnya menurut ahli fisika Amerika Serikat JJohn Archibald Wheeler.
Mungkinkah pesawat MH 370 Malaysia raib ditelan lubang hitam wallahu a"lam.
Kekuatan yang dimiliki Rasul beliau sebelum isra"mi"raj terlebih dahulu dibedah dadanya dibersihkan dan dimasukkan iman dan hikmah yang mempunyai daya dan kekuatan yang luar biasa.
Coba lihat sekiranya balon diisi udara biasa yang terdiri campuran gas tidak mungkin mampu menjulang keangkasa tetapi bila diisi dengan gas helium yang murni punya kekuatan mendorong melawan gravitasi bumi.Pakaian yang baru dibeli tidak pernah dicuci akan bertahan paling lama satu bulan akan robek tetapi bila rutin dicuci akan bertahan bertahun tahun itulah buktinya bahwa kesucian mempunyai daya tahan dan kekuatan terhadap segala faktor yang mempengaruhinya.
Ternyata peristiwa Isra" Mi"raj telah melahirkan kemampuan teknologi penerbangan modren yang mampu menembus angkasa luar dengan melebihi kecepatan bunyi(supersonik) bahkan hampir dua kali kecepatan bunyi seperti Aerion Supersonic AS2 pesawat jet komersial produksi Nevada dengan kecepatan maksimum 1,6 mach  dan lahirnya ilmu pembedahan supercanggih yang sebelumnya dianggap tidak rasional yang menyebabkan orang lari keislamannya dan menganggap Muhammad mengidap shizophrenia alias sakit jiwa.
Secanggih apapun ilmu dimiliki tergantung orang yang berada dibelakangnya apakah akan membawa manfaat atau menhancurkan ummat manusia itu sendiri.
Oleh oleh yang paling utama sepulang perjalanan Isra" dan Mi"raj adalah sholat fardhu lima waktu yang merupakan senjata mutakhir memerangi kejahatan dan kemungkaran ulah nafsu manusia.
Inna sholata tanha anil fahsya i walmunkar,sesungguhnya sholat itu adalah alat utama mencegah yang fahsya dan yang mungkar bagi mereka yang sholatnya syah dan benar yaitu sholat yang diniatkan ikhlas lillahitaala dan sesuai tuntunan Rasul saw.
Enam belas setengah bulan setelah isra" Mi"raj berubahlah kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.dan saat ini menjadi tragedi bagi generasi muda Islam tak dapat membedakan mana Masjid Aqsa dan Qubbatus Shakrah(Kubah Batu) tempat berpijaknya kaki Rasulullah saat mi"raj sebagai alat bagi Yahudi untuk mengelirukan ummat Islam secara pelan tapi pasti berencana melenyapkan mesjid Aqsa sebagai tempat suci ummat Islam.
Kekeliruan menafsirkan masjid al Aqsa al Mubarok hanyalah as Shakhrus al Musyarofah memungkinkan penyempitan wilayah Mesjid al Aqsa yang meliputi area yang dipagari tembok segi empat dengan gerbang gerbang masuk kedalamnya dimana Kubah Batu,Musholla Al Marwani,Madrasah At Tankaziah merupakan bagian dari Mesjid Al Aqsa al Mubarok dimana diarea tersebut pahala ibadah dilipat gandakan 500 sampai 1000 kali daripada di mesjid biasa.
Jangan heran kalau Madrasah at Tankaziah dijadikan barak militer,pembangunan pospolisi Zionis disalah satu gerbang,pengalihan fungsi tembok Al Buraq sebagai benteng Ratapan dan rencana membangun Synagog dari kumpulan Yisrael Howkins diarea Masjidil Aqsa dan belakangan ini dilakukan penggalian pencarian artefak berharga Yahudi menyebabkan longsor dinding selatan mesjid padahal telah diprotes keras oleh Islam sedunia.
Inilah yang perlu menjadi perhatian ummat Islam jangan sampai Masjid al Aqsa al Mubarok merupakan tempat suci ketiga sesudah Makkah dan Madinah hilang perlahan tapi pasti.

Semarang Minggu 25 Mey 2014 disusun dan dikutip oleh ALS publish jam 11.15 wib.

0 comments:

Post a Comment