Friday, September 26, 2014

PALESTINA RIWAYATMU DULU

Palestina yang berlokasi sebelah barat dibatasi Laut Mediterrania(Tengah),sebelah Timur oleh Laut Mati ,sungai Yordan,lembah Arabah dan sebelah Selatan berakhir di Selat Aqabah. sangat strategis satu satunya penghubung antara Benua Asia dan Afrika dan titik temu antara tiga benua Asia,Afrika dan Eropah..Banyak peperangan utama terjadi dikawasan ini sampai saat ini dan perlu dicatat banyak juga migrasi manusia utama dalam sejarah kemanusiaan diantaranya Nabi Ibrahim dan Luth berhijrah dari Irak ke Palestina dan Nabi Ishak keturunan nabi Ibrahim dengan Sarah dan dari Ishak dilahirkan Ya"cub yang keturunannya sebagai cikal bakal Bani Israel antara lain Nabi Musa,Harun,Ilyas dan Ilyasa  dan Daud,Sulaiman ,Zakaria ,Yahya , Isa dan Yunus as.
Nabi Daud tentara Thalut (Raja Bani Israel) berhasil menghabisis Jalut(Goliath) musuh besar Thalut yang ditakuti siapapun dan Daud ditetapkan sebagai Raja Palestina tahun 995 SM kemudian digantikan oleh putranya Nabi Sulaiman as mengantarkan kepuncak kejayaan Bani Israel membangun kembali masjid Aqsa lama.
Nabi Muhammad saw pada tahun kesebelas kenabian pernah isra" dari masjidil Haram kemasjidil Aqsa di Al Quds(Yerusallem) Palestina merupakan kota suci tiga agama Islam,Kristen dan Yahudi yang jadi rebutan penguasa kerajaan masa lalu selama berabad abad karena merasa memiliki dan telah menelan jutaan korban hingga saat ini.Pada tahun ke 13 kenabian sampai tahun kedua Hijrah Rasul dan para sahabat berkiblat ke Mesjid Aqsa untuk mempererat ketauhidan antara Rasul dan para nabii sebelumnya yaitu Musa,Zakaria,Yahya dan Isa.
Dibawah pemerintahan Umar bin Khatab tahun 638 M Palestina dibebaskan dari penjajahan Romawi.
Tahun 1076 M dikepung oleh tentara Salib dari Eropah dikomando oleh Raymond dan sejak 1099 M Yerussalem dikuasai oleh Raja Kristen sampai tahun 1187 M akhirnya Salahuddin Al ayyubi membebaskan kembali.
Tahun 1838 Inggris membuka konsulat di Yerussalem merupakan perwakilan Eropah pertama di Palestina,dan pada tahun 1849 kampanye mendorong orang Yahudi imigrasi ke Palestina.
Pada tahun 1882 terjadi imigrasi besar besaran ke Palestina dengan bermotif berselubung agama dan simpati kemanusiaan karena penderitaan Yahudi di Eropah saat itu jumlah orang Yahudi di Palestina sebanyak 12000 orang kemudian pada tahun 1948 meningkat jadi 716.700 orang sementara pada tahun 1964 hampir mencapai 3 juta orang.
Dengan bantuan CIA memberi informasi,tahun 1967 Israel menyerang Mesir,Yordania dan Syria selama enam hari berhasil direbut Sinai dan Jaur Gaza dengan mudah menghancurkan angkatan udara musuh.Dewan Keamanan PBB dibulan november 1967  dengan resolusi no 242 menarik militer Israel dari wilayah yang direbutnya,mengakui keberadaan semua negara diwilayah tersebut dan penyelesaian pengungsi Palestina.
Tahun 1969 Yasser Arafat dari fraksi al Fatah resmi ditetapkan sebagai Ketua Eksekutif Palestina Liberation Organization(PLO) yang bermarkas di Yordania.yang didirikan para pemimpin Arab 1954
Diperakarsai oleh HAMAS yang bergerak dibidang pendidikan dan sosial Islam terjadi gerakan Intifadah gerakan orang orang Palestina melawan tentara Israel didaerah pendudukan tahun 1982.
Pada tanggal 15 November  1988 dipublikasikan berdirinya negara Palestina di Aljiria ibukota Aljazair dengan ditunjuk sebagai Presiden pertama Yasser Arafat dimana Ramallah sebagai pusat otoritas pemerintahannya.
Setelah Yasser Arafat wafat digantikan oleh Mahmoud Abbas sampai saat ini.
Palestina terdiri dari 6 liwa"masing masing terdiri dari qadha"(distrik) antara lain:
1.Liwa" Alquds(Yerussalem) terdiri dari distrik Alquds,Ramallah dan Al Khalil(Hebron)
2.Liwa" Gaza terdiri dari distrik Gaza dan Beersheba
3.Liwa" As Samirah terdiri dari distrik Nablus,Yenin dan Tulkaru.
4.Liwa" Lidd terdiri dari distrik Lidd, Yafa,Tel Aviv dan Ramla.
5.Liwa" Al Jalil terdiri dari distrik Nazareth,Beisan.Tabaria.,Safad dan Akka.
6.Liwa" Haifa terdiri dari hanya distrik Haifa.
Ibukota negara Palestina adalah Alquds(Yerussalem).
Gaza terletak dipesisir Timur Laut Tengah dibahagian Selatan Palestina termasuk kota tertua didunia tempat lahirnya Imam Syafei dan makamnya kakek Rasulullah saw,Hasyim bin Abdul Manaf.
sementara makamnya nabi Ibrahim,Ishaq,Ya"cub  berlokasi di Hebron(Al Khalil).
Jalur Gaza yang luasnya 360 km persegi separoh luasnya DKI Jakarta dengan jumlah penduduk lebih kurang 1,5 juta dan kepadatan 4118/km persegi berbatasan 13 km dari Mesir dan 59 km dari Israel sejak tahun 2006 diblokade oleh Israel dari laut,udara dan darat sampai saat ini dipicu setelah pejuang Palestina menangkap prajurit Israel sementara kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas selama beberapa hari akibatnya Palestina terbelah atas dua wilayah yaitu Jalur Gaza dikuasai Hamas dan West Bank(Tepi Barat) dikuasai oleh rezim Mahmoud Abbas disekat oleh tembok tinggi akibatnya bila dari warga Palestina dari Tepi Barat akan pergi ke Jalur Gaza haruslah melewati negara lain dulu.
Kondisi Plestina semakin memburuk tatkala serangan Israel selama 22 hari (27 Desember 2008 sampai 18 Januari 2009 dikenal dengan Operation Cast Lead menewaskan 1147 warga Palestina dan menghancurkan bangunan utama di Gaza.
Israel bertekad menghancurkan Gaza dengan harapan bila warga pendukung Hamas porak poranda dengan merusak infra struktur,blokade ekonomi dan tingginya kematian warga maka warga akan berbalik menentang Hamas tapi kenyataannya siap mati lillahitaala karena penduduk Gaza tanpa seorangpun orang Yahudi berbeda dengan Tepi Barat campuran warga Palestina dan Yahudi.
Israel secara defacto dan dejure sekalipun menguasai Tepi Barat namun Gaza diluar kekuasaanya.
Duta besar Palestina untuk Taheran Saleh Zamawi mengatakan perlawanan Palestina terhadap rezim Israel membuat kelimpungan dipihak Zionisme lewat Konfrensi Internasional Ulama yang diprakarsai oleh World Forum for Proximity of Islamic Schools of Thought dalam memberikan dukungan suara kepada gerakan Perlawanan Palestina.
Perdana Menteri Palestina Ismail Hariyya memiliki otoritas dominan dalam mengelola Gaza meskipun punya pantai hanya terbatas satu mil siap mengelola keamanan dan militer sendiri.
Apalagi saat ini Hamas dan Fatah sudah bersatu dibelakang pimpinan Mahmoud Abbas semakin mempersulit Israel walaupun Palestina adalah salah satu negara yang ketergantungan bantuan asing tertinggi didunia akibat blokade  terowongan perbatasan Rafah oleh pemerintah Mesir untuk menyeludupkan barang ke Gaza menyebabkan kerugian 230 juta dollar US perbulan dan GDP Palestina hanya 2900 dollar US ,sementara export hanya 846,1 milion dollar US tetapi importnya sebesar 55474 billion dollars US.Kalau negara Islam didunia bersatu dan peduli terhadap Palestina jangan biarkan Palestina tergantung pada negara donor Amerika Serikat,Uni Eropah,Kanada yang membuat negara negara Arab tak bisa berbuat apa apa padahal lebih dari 70% wilayah perbatasan Israel dikepung oleh Mesir,Yordania,Libanon,Syria dan Palestina sedang Arab Saudi.berbatasan dengan semenanjung Sinai,Israel Selatan.

Dikutip dan disusun oleh ALS: Semarang 27 September 2014 dipublish jam 11.45 wib.

0 comments:

Post a Comment