Tuesday, October 14, 2014

WAW NIKMAT DIBALUT DERITA

Sebelas jam kami  transit di Bandara Internasional Ngurah Ray Denpasar menanti pesawat Jet Star mengangkut kami bertiga menuju Sydney tempat anak cucu tersayang berdomisili setelah terbang dengan GIA dari Bandara AYani Semarang.

Suasana menunggu yang cukup membosankan dan kami memesan makanan di restauran yang sama berjarak waktu setiap tiga jam agar tak meresahkan pemilik restauran dengan harapan tak menambah keresahan kami selama penantian yang cukup panjang.

Kami terbang menjelang tengah malam dalam kelelahan justru menyulitkan menghilangkan ingatan bagi lansia seperti hamba walaupun telah berzikir dengan membaca berbagai surat dalam alqur'an.Stamina semakin melemah apalagi tak didukung keimanan yang kokoh akan menjerumuskan hamba kejurang NATO alias No Action Talk Only,hanya pandai bicara tapi tidak bisa berbuat.
Setiap ketemu siapapun yang mengeluh selalu hamba nasihati bahwa  tertusuk duri saja tanpa keluhan bisa menghapus dosa apalagi penderitaan berkepanjangan. Tetapi tatkala Allah menguji hamba dengan kelelahan, hamba lupa bahwa kesempatan emas  terbuka diujung perjalanan usia hamba bahwa dengan terhapusnya dosa merupakan lentera dalam kegelapan hidup dunia & akhirat.

Sikap seperti inilah membuat syaitan tertawa terbahak bahak karena telah berhasil menyeret mangsanya kedalam kelompok Munafik lain dimulut lain dihati,telunjuk lurus kelingking berkait kedasar kerak kerak api neraka dimana kaum kafir sebagai kayu apinya dan mereka yang fasik dipanggang diatasnya yang semuanya adalah pendukung lasykar syaitan belaka.
Ingat apa yang diperintahkan Allah: Semua malaikat bersujud kepada Adam hanya syaitan menolak.
Allah berfirman dalam surat al Baqarah 34:Wa idzqulnaa lilmalaaaikatisjuduu liaadama fasajaduu illa ibliisa;abaa wastakbara;wakaana minal kaafiriina.Dan ingatlah ketika kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam,maka merekapun sujud kecuali Iblis.Ia menolak dan menyombongkan diri dan dia termasuk golongan yang kafir.
Hal yang sama juga Allah perintahkan dalam surat al Araf ayat 11 dan setan mengemukakan alasannya dalam surat al Araf 12 bahwa mereka dari api sementara manusia dari tanah.
Allah mengusirnya dari syurga dan memasukkanya dalam kelompok orang yang hina(al Araf 13,18).
Syaitan minta penangguhan sampai hari mereka dibangkitkan dan akan menghalangi mereka dari jalanMu yang lurus.(al Araf 14 dan 16). Allah berfirman:Barangsiapa yang mengikutimu akan Ku masukkan ke neraka bersamamu sekalian.(al Araf 18).

Astaghfirullahal aziima,ya Allah ampunilah dosaku aku tak bersyukur kepadaMu yang tetap memberi kemampuan buatku dalam usia  setua ini masih bisa melangkah gontai dibandingkan istriku yang didera stroke tanpa mengeluh sedikitpun dengan sifat sabar yang bersimpuh disanubarinya.
Lebih celaka lagi setiap memulai minum atau makan sering terlupa membaca bismillah sekiranya tak diingatkan sang istri. Padahal bacaan Bismillah begitu dahsyat pengaruhnya terhadap makanan minuman serta darah yang mengalir keseluruh tubuh membawa nutrisi dan oksigen untuk pembentukan energi.Ishumu Ashimoto meneliti bahwa air yang dimaki maki dengan kata kotor akan membuat molekul molekulnya tak beraturan sementara yang diucapkan kata kata yang baik apalagi menyebut nama Allah akan lebih teratur rapi.Demikian juga nutrisi,oksigen yang mengalir beserta darah akan lebih lancar menyelusuri seluruh tubuh memasuki sel sel  memproduksi energi untuk berpikir dan bergerak.Afala ta"qilun,kemana akalmu,afala tatafakkarun dimana engkau letakkan fikiranmu ?Betapa ruginya mereka yang berkata tapi tidak berbuat,lima taqulu maalaa taf"aluna.
Dengan bertayamum hamba tunaikan sholat subuh dan berdoa semoga Allah melindungi kami dan semua yang ada disekitar kami karena mendoakan orang lain diluar diri sendiri lebih baik daripada bedoa untuk diri sendiri seperti perbedaan langit dengan bumi.dan mendoakan orang lain secara diam diam lebih ijabah dan cepat terwujud yang ujung ujungnya kembali untuk diri kita sendiri.
Kelihatan Raja Siang mulai bangkit dari peraduannya dan cahayanya lewat jendela Jet Star menjilat tubuh kami membangkitkan semangat baru mengusir segenap kelelahan karena anak cucu yang dirindukan insya Allah telah siap menanti dengan secercah senyum tersungging disudut bibirnya.Pesawat Jet Star yang kami tumpangi akhirnya mendarat dilandasan Kingsford Airport dan setelah lebih kurang satu jam berbelok belok melewati pemeriksaan yan ketat, dikejauhan terlihat lambaian tangan anak cucu yang sedang menanti dengan teriakan jaddi dan jadda mereka berlari menghampiri lalu hamba peluk dan cium cucu tersayang
Terima kasi ya Allah telah Engkau lepaskan kerinduan hati hamba tanpa intervensiMu tak mungkin suasana ini terwujud.Alhamdulillah rasa syukurku kepadaMu masih tersisa dikalbuku.
Setelah duduk santai bersama anak cucu dikediamannya yang sederhana,hamba dan menantu bergerak ke mesjid Ali bi Abi Thalib atau Lakemba Mosque menunaikan sholat Jum"at dimana khutbahnya dalam bahasa Arab cukup panjang dan menjemukan berbeda dengan mesjid Al Hijriah Tempee dimana khutbah dibatasi waktunya maksimal setengah jam.
Keesokan harinya tepat 10 Dzulhjjah kami sholat Idul Adha dimesjid yang sama dengan jamaah yang melimpah ruah kejalan raya tetapi pemandangan yang aneh dimana arah kiblat yang tidak searah antara jamaah dalam mesjid dan  diluarnya terutama yang dijalan raya.
Apakah masyarakatnya kurang sensitif masaalah arah kiblat atau panitianya yang kurang perduli.
Sekembali dari mesjid terlihat seseorang menemukan kalung manik manik kemudian digantungkannya dipagar rumah penduduk dengan harapan yang merasa kehilangan bisa mengambilnya sendiri daripada memilikinya dengan resiko mengembalikan kepada pemiliknya dihari kiamat yang amat terik dimana jarak matahari hanya sejengkal diatas kepala.
Sementara putra ketiga hamba menemukan dompet dengan isinya siap menyerahkan kekantor polisi padahal jarak yang ditempuh lumayan jauh tampaknya siap berkorban setelah menyembelih qurban.Bukankah makna penyembelihan qurban meyembelih sifat sifat bahimiah(kebintangan) antara lain merampas hak orang lain,egois,loba,tamak dan lain lain Putra saya yang sudah 15 tahun dinegeri Kanguru sudah terbiasa dengan tata cara masyarakat disini yang siap setiap saat bisa menyenangkan orang lain.Perhatikanlah ketika baru bertemu mereka langsung berucap Can I help you,dapat saya bantu anda?Bukankah Rasul saw besabda:Barangsiapa yang menyenangkan orang lain Allah pasti akan menyenangkannya.Ucapan  terima kasi(thank you) merupakan tradisi mulai dari anak anak sampai tua bangka merupakan prestasi hidup luar biasa.Ingatlah sabda Rasul saw:Barangsiapa berterima kasi pada seseorang Allah akan berterima kasi kepadanya.
Kebersihan adalah bagian dari iman,lihatlah betapa bersih dan indah alamnya negeri Kanguru,anak kecilpun sudah terdidik untuk meletakkan sampah pada tempatnya.
Disiplin berlalu lintas sangat menakjubkan lihatlah betapa tertibnya yang dari sebelah kanan selalu didahulukan,mereka sabar menunggu sampai semua kenderaan berlalu tidak ada yang menerapas sementara seatbelt tetap terpasang walaupun melintas jalur yang gelap.
Lihatlah lampu disekitar rumah selalu dipadamkan bukan masaalah ekonomis tetapi mencegah global warming akibat panas yang dilepaskan listrik cukup menyumbang panas bumi global.
Wajarlah kalau ingin melihat potret Islam melangkahlah kebumi Kanguru bukan kenegara Timur Tengah apalagi Indonesia yang mayoritas pemeluk Islam simbolis bukan realistis.
Mesjid yang ada agak jauh lokasinya dari tempat kami dan anak menantu tak berada dirumah seharian menyebabkan hamba terpaksa sholat fardhu dirumah yang tak pernah dianjurkan Rasul saw.
Bahkan Rasul saw bersabda:Rasanya ingin aku membakar rumah mereka yang sholat fardhu dirumah.Ini yang menjadi ganjalan buat hamba karena kontras dengan tradisi hamba yang rutin sholat fardhu di mesjid dengan harapan semoga akhir hidup hamba disaat bersujud dimesjid dimana ribuan malaikat ikut berjamaah.Hari Senin 12 Dzulhijjah kami berwisata ke Canberra khusus menyaksikan festival Tulip dimana taman yang luas bisa disaksikan beratus macam bunga berbagai warna yang menakjubkan dan dirancang dalam bentuk taksi diselimuti bunga berwarna warni menarik setiap pengunjung untuk diabadikan didepannya sebagai kenang kenangan.
Rekreasi merupakan kebutuhan primer buat dunia Barat tetapi sekunder buat duna Timur.
Terlihat segerombolan lansia kesana kemari menikmati sisa hidupnya karena sangat dicintainya karena mereka sangka semua akan berakhir dikala dia meregang nyawa padahal kehidupan yang sebenarnya yang lebih indah dan abadi sedang menanti kehadirannya.Dihabiskan waktunya berlalu begitu saja tanpa mempersiapkan bekal investasi hidup disana sehingga penderitaan mendera mereka sepanjang masa.Ingatlah kematianmu adalah pintu kehidupan yang sebenarnya.
Cuaca yang kurang bersahabat membuat flu berat menerpa kami bertiga bersin dan batuk yang meregang tengkuk dan isi tengkorak dan nyeri sendi yang membatasi gerak kami insyaallah sang istri yang sabar terus mengingatkan hamba bahwa penggelontoran dosa dibalik tirai derita.
Dengan semangat dan harapan perlindungan Allah dari ketinggian Garuda Indonesia Arways kami ucapkan sayonara Negeri Kanguru dengan lambaian tangan dan tetesan air mata sambil meneriakkan jell trio Waw Nikmat Dibalut Derita.


Sidney  Rabu 15 Oktober 2014,dikutip dan disusun oleh ALS.

0 comments:

Post a Comment