Thursday, October 30, 2014

SUMPAH PEMUDA KEMANA KAU?

                                                                ALS

Sumpah pemuda sudah memasuki usia renta delapan puluh enam tahun suaranya sudah melemah kelihatan amnesia sudah mendera ingatannya dan dosanya tak dihitung lagi.
Bisikan MohammadYamin kepada Soegondo Djojopoespito ketua Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia tentang rumusan Kongres Sumpah Pemuda yang ditulisnya diatas secarik kertas ketika Mr.Soemarno sedang berpidato pada sesi terakhir kongres diparaf oleh Soegondo kemudian disodorkan kepada peserta kongres untuk diparaf tanda setuju akhirnya dibacakan oleh Soegondo kemudian dijelaskan panjang lebar oleh Mohammad Yamin.
Teks Sumpah Pemuda dibacakan saat acara Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 di Waltervreiden(sekarang Jakarta) tepatnya J.Kramat Raya no 106 Jakarta Pusat rumah seorang Tionghoa Sie Kong Liong kini diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.
Merupakan pertemuan pemuda seluruh wilayah Indonesia dianatranya Jong Java,Jong Sumateranen Bond,Jong Bataks Bond,Jong Celebes,Jong Ambon,Pemoeda Kaoem Betawi dan lain lain.merupakan tonggak utama dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia dimana ikrar Soempah Pemoeda sebagai pembakar semangat menegaskan cita cita tegaknya negara Indonesia.
Dengan suara lantang menggema keseluruh penjuru ibu pertiwi diikrarkan Soempah Pemoeda
                                                    Pertama:
Kami poetra poetri Indonesia mengaku bertoempah darah yang satoe Tanah Air Indonesia.
                                                    Kedoea:
Kami poetra poetri Indonesia mengakoe berbangsa yang satoe Bangsa Indonesia.
                                                    Ketiga:
Kami poetra poetri Indonesia menjoenjoeng Bahasa Persatoean Bahasa Indonesia.

                                     Djakarta  28  Oktober  1928.
Ikrar sakti yang melahirkan persatuan melahirkan kekuatan,lihatlah jari jari tanganmu ketika menyebar menunjuk kesegala arah tak jelas kearah mana maunya dan tak berdaya untuk berpegang begitu engkau genggam mereka menyatu dan  mampu berpegang erat kemana engkau bergantung.
Lihatlah lidi yang berserakan betapapun banyaknya tidak akan mampu berfungsi begitu diikat menjadi satu dengan mudah menyapu bersih sampah sampah yang tak berguna.
Bersatu dalam kebatilan akan mampu menaklukan kebenaran yang berserakan, benarlah orang bijak berucap Bersatu Kita Teguh ,Bercerai Kita Runtuh.
Para pemuda bersatu padu melahirkan kekuatan yang lebih besar tanpa memandang suku,daerah dan agama bersama menghadapi musuh yang sama yaitu kolonialisme untuk meraih harkat dan martabat bangsa merdeka.Mereka merupakan pahlawan dan pioner kemerdekaan yang pantas kita hormati dan hargai sebab hanya bangsa beradab yang bisa menghargai para pahlawannya.
Terima kasi setinggi tingginya kita ucapkan kepada Soegondo Djoyopopoespito selaku ketua panitia kongres pemuda dari PPPI,R.M.Djoko Marsaid sebagai wakil ketua dari Jong Java,Mohammad Yamin sebagai sekretaris dari Jong Sumateranen Bond,Amir Syarifuddin sebagai bendahara dari Jong BataksBond,DjohanMuhammadTjai sebagai pembantu I dari Jong IslamitenBond,R.KatjaSoengkana sebagai pembantu II dari Pemoeda Indonesia,Senduk sebagai pembantu III dari Jong Celebes,Rochjani Soe"oed sebagai pembantu IV dari Pemoeda Kaoem Betawi dan beberapa peserta yang cukup dikenal dalamsejarahkemerdekaan  seperti Mohammad Roem,Assaat,SMKartosoewirjo KasmanSinodimejo.BahderJohan,Soenario,Ramelan,WRSoepratman,SoejonoDjunedPoesponegoro Wilopo Juanda,Soekamto,Sartono dan lain lainnya yang tak kurang pentingnya.
Para pemuda ini selalu berprinsip tak ada yang tidak bisa diwujudkan karena Napoleon berkata Tidak bisa adalah salah satu kata yang hanya ditemui dalam Kamus Orang Gila.
Ingatlah kata orang bijak:Bangunlah garuda garuda muda kepakkan sayapmu lihatlah kedepan,berikanlah apa yang bisa kamu berikan walaupun tidak bisa memberikan yang terbaik buat bangsamu tetapi tunjukkanlah kepada dunia apa yang kamu bisa.
Menyalakan api dalam kegelapan masa depan bangsa pasti jauh lebih berharga daripada mengutuki kegelapan tersebut.Pakailah selalu jasmerah alias (jangan  sekali kali meninggalkan sejarah) kalau tidak mau digiling oleh sejarah.
Soekarno pernah berkata:Datangkan pada saya seribu orang tua biar saya cabut gunung Semeru dari akarnya tapi cupup datangkan kepada saya sepuluh pemuda biar saya goncangkan dunia ini.
Subhanul yaumu rijaalul ghod maksudnya pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan.
Ibnu Abbas ra berkata:Tak ada  seorang nabipun diutus Allah kecuali ia dipilh dari kalangan pemuda.
Begitu pula tak seorang Alim yang diberi ilmu melainkan ia hanya seorang pemuda.
Para nabi yang diutus adalah agent perubahan situasi dan kondisi sehingga para nabi haruslah mereka yang terpilih dan hanya dari kalangan pemuda.
Nabi Muhammad saw diangkat jadi Rasul ketika usia produktif,pemuda yang dengan kelembutannya menghancurkan kejahiliyahan dan dengan rasa belas kasih sayang melenyapkan perbudakan.
Bayangkan para pemuda Islam yang pertama kali dibina Rasul saw di Daarul Arqaam dari yang paling muda Ali bin Abi Thalib dan Zubair bin Awwam masih berumur delapan tahun,para remaja ingusan Thalhah bin Ubaidillah (11 tahun),Al Arqaam bin Abil Arqaam(12 tahun),remaja muda Abullah bin Nazh"un(17 tahun),Ja"far bin Abi Thalib(18 tahun),Qudamah bin Abu Mazh"um(19 tahun),dewasa muda Suhaib bin Ar Runi dan Said bin Zaid (20 tahun),Amir bin Fahirah(23 tahun),Al Miqdad bin Aswad dan Mush"ab bin Umair(24 tahun),Abdullah bin Jahsin(25 tahun),Umar bin Khatab(26 tahun) dan dewasa Abdur Rahman bin Auf,Ammar bin Yasir,Abu Salamah,Abu Bakar Siddiq(30 -40 tahun) dan yang tertua Hamzah bin Abdul Muthalib dan Ubaidah bin Harth(50 tahun) dan banyak lagi sebagai pioner Islam dibumi Allah ini.adalah didominasi para pemuda,
Usamah bin Zaid ditunjuk Rasul saw sebagai panglima pasukan Muslim diusia 18 tahun memimpin penyerbuan kewilayah pendudukan Room dimana prajuritnya tercatat Umar bin Khatab dan Abu Bakar yang lebih tua darinya.
Muadz bin Amru dan Muadz bin Afra" dua orang pemuda Anshar saat bekorbar perang Badar bertanya kepada Abdur Rahman bin Auf :Apakah bapak mengenal Abu Jahal?
Ya saya tahu dia,apa kepentingan kalian menanyakannya?
Kabarnya si Abu Jahal sering menghina Rasul saw,Demi Allah yang jiwaku ada ditangannNya jika aku menemunya pastilah takkan kulepas dia sampai siapa yang duluan mati aku atau dia.
Kedua pemuda itu bersumpah dengan sumpah yang sama kami atau dia yang harus mati atas pencemaran reputasi(nama baik) Rasul saw.
Lalu Abdur Rahman bin Auf menunjuk kearah Abu Jahal yang kebetulan sedang mondar mandir dalam barisannya.Langsung kedua pemuda Anshar itu menyerangnya dan menikam dengan pedangnya sampai tewas.Dengan perasaan bangga mereka menghadap Rasul saw dan melaporkan kejadian tersebut.Rasul saw bertanya:Siapa diantara kalian yang telah membunuhnya.
Masing masing menjawab: Akulah yang membunuhnya.
Rasul saw bertanya lagi:Sudahkan kalian bersihkan mata pedang kalian?
Rasul lalu menjawab:Kalian berdua sama sama telah membunuhnya.
Kedua pemuda siap mati bersimbah darah karena mencintai Allah dan Rasulnya.
Ibnu Umar dan Al Barra diusia 13 tahun memohon kepada Rasul saw agar diizinkan jadi prajurit ikut serta dalam perang Badar namun Rasul saw menolaknya kemudian baru di perang Uhud Al Barra diikut sertakan dan  Ibnu Umar diterima pada perang Al Ahzab berdasarkan kebijakan Rasul saw.
Imam Syafei telah hafal alquran diusia sembilan tahun dan ijtihadnya telah diakui diusia masih 13 tahun dan Hasan Al Banna mendirikan gerakan Ikhwanul Muslimin di Mesir diusia 23 tahun.
Nabi Ibrahim as sebelum nencapai ramaja begitu hebat kecerdasan dan keimanannya.Ingatlah ketika Ibrahim berani berkata kepada ayahnya dan kaumnya :Patung patung apakah ini yang kamu tekun menyembahnya?(surat al Anbiya 52),Merka menjawab:Kami mendapati nenek moyang kami menyembahnya.(53),Ibrahim berkata:Sesungguhnya kamu dan nenek moyang kamu berada dalam kesesatan yang nyata.(54)Mereka berkata:Apakah engkau datang kepada kami berdasarkan kebenaran atau berkelakar?Mereka menjawab:Dia pemilik dan bumi.Dialah yang telah menciptakannya dan aku termasuk orang yang bersaksi atas itu.(56).
Perhatikan juga Ashabul Kahfi tujuh pemuda yang taat dan setia kepada Nabi Isa as menolak agama nenek moyangnya bermufakat mengasingkan dari masyarakat dan berlindung didalam Guha dan diselamatkan Allah dengan menidurkan mereka selama 309 tahun(lihat surat Al Kahfi ayat 9-26).
Sejarah telah membuktikan bahwa pemudalah yang menentukan nasib suatu bangsa kedepan.
Pertanyaannya adalah ikrar sumpah pemuda masihkah bergaung saat ini lantas kemana perginya setelah kemerdekaan secara de jure  tercapai.Padahal tugas para pemuda yang lebih berat ialah mempertahankan kemerdekaan secara defacto untuk meningkatkatkan martabat dan harkat bangsa dimata dunia sebagai bangsa yang beradab.
Sejak dulu Islam yang identik dengan Indonesia penduduknya mayoritas muslim dikepung oleh musuh kapitalisme,liberalisme,komunisme,sekularisme,fascisme
Komunisme telah lama terkubur sekitar 1991,Kapitalisme tinggal menghitung hari tinggal iberalisme dan sekularisme yang masih bercokol ingin memisahkan agama dan negara.
Agama hanya ngurus mesjid atau gereja tak boleh intervensi urusan duniawi akibatnya manusia intelektual tanpa moral bertebaran dimuka bumi dimana pemuda Islam sedang mengalami krisis multidemensional terutama dalam pergaulan,berpakaian.komunikasi dicemari oleh budya Barat Lihatlah ucapan Hello telah menguburkan assalamu"alaikum,jilbab kampungan dan mengumbar aurat jadi kebanggaan,kekayaan materi dan kedudukan sosial jadi cita cita hidupnya dan berpandangan segala jalan boleh ditempuh asal tujuan tercapai tak perduli halal atau haram.
Bahasa Indonesia yang dulu merupakan kebanggaan kini sudah kehilangan warna yang asli' dimana bahasa ibu pertiwi dicabik cabik oleh kosakata negara Adikuasa,tidakkah kita malu kepada bangsa Perancis yang sangat bangga dengan bahasanya?
Kembali kita menghadap musuh bersama saat ini egoisme,hedonisme,ketidak jujuran,pornografi dan pornoaksi,sex bebas dan narkoba merupakan budaya asing yang menginfiltrasi kehidupan bangsa sedangkan kemiskinan dan korupsi dibiarkan melenggang mendera anak bangsa.
Oh soempah pemoeda kemana rohmu gentayangan atau engkau telah tersedasi oleh miliumu sehingga engkau bingung dan  tak mengerti apa apa lagi.
Ingatlah setiap detik hidupmu akan ditanya dihari kiamat Kamu Ngapain aja?

Semarang 30 Oktober 2014,dikutip dan disusun oleh ALS tepat ulang tahunnya ke 71.

0 comments:

Post a Comment