Saturday, October 11, 2014

KOK DIPANGGIL PAK HAJI YA?

Sejak nabi Adam as dtetapkan Allah sebagai khalifah dimuka bumi ini para malaikat merasa keberatan karena mereka merasa paling suci dari segala dosa dan paling taat kepada Allah mengapa manusia yang sering membuat kerusakan yang ditunjuk sebagai pemimpin ummat.
Allah langsung merespons bahwa Dia lebih tahu tentang apa yang tidak mereka ketahui.
Allah berfirman dalam surat al Baqarah 30:
Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat :Aku hendak menjadikan khalifah dibumi.Mereka berkata:Apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah disana sedangkan kami bertasbih memujiMu dan menyucikan namaMu?
Dia berfirman:Sungguh Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.
Malaikat merasa berdosa dengan sikapnya itu mereka akhirnya bertaubat dengan melakukan thawaf mengelilingi Arasy tujuh kali dan Allah memerintahkan mereka membangun Baitul Makmur dibawah Arasy dan pindah bertawaf mengelilingi Baitul Makmur karena Arasy terlalu luas.
Adam dan Hawa yang semula disyurga kemudian dllengserkan kedunia fana ini karena memakan buah khuldi yang sejak awal telah dilarang Allah.
Ingatlah Allah berfrman dalam surat al Baqarah :35-36.Dan Kami berfirman :Wahai Adam tinggallah engkau dan istrimu disurga makanlah dengan nikmat yang ada disana sesukamu.Tetapi janganlah engkau dekati pohon itu nanti kamu termasuk orang orang yang dzalim.(35).
Lalu setan memperdayakan keduanya dalam surga dengan memakan buah pohon terlarang itu.Kami berfirman Turunlah kamu sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain.Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan dibumi sampai waktu ditentukan.(36).
Lebih detail bisa dibaca dalam surat surat al Araf ayat 19 - 24 dan surat Thaha 117-123.Malaikat diperintahkan Allah membangun Baitullah dibumi yang mirip Baitul Makmur agar para malaikatpun pindah berthawaf mengelilingi Baitullah dan dipersiapkan untuk Adam dan Hawa serta anak cucunya yang bertaubat agar thawaf mengelilingi Baitullah.(Ka"bah).
Perhatikanlah surat Ali Imran 96.Sesungguhnya rumah ibadah yang pertama untuk manusia ialah Baitullah yang di Bakkah(Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.
Bakkah berarti lembah yang dikelilingi oleh bukit bukit batu
Sebelum Adam as para malaikat 2000 tahun lebih dulu thawaf di Baitullah,kemudian dengan bantuan Jibril,Adam yang diturunkan di India dibawa untuk bertemu istrinya Siti Hawa yang diturunkan di Jedah setelah berpisah selama enam puluh tahun akhirnya dipertemukan di Jabal Rahmah Padang Arafah.Disitulah mereka mengenang dosanya karena digoda iblis memakan buah terlarang dan memohon ampun kepada Allah dengan thawaf mengelilingi Baitullah.Disebut Arafah sebab disitulah mereka mengenal dosa dosanya dan disebut Jabal Rahmah karena bukit tempat pertemuan kembali yang penuh kemesraan melepaskan rindu setelah 60 tahun terpisah.
Saat thawaf di Baitullah,Adam dikawal oleh para malaikat yang mengelilinginya dari godaan Iblis sejauh tujuh kilometer keutara,13 km keselatan,25 km ke Timur dan Barat dari Baitullah
Adam berthawaf tujuh kali putaran kemudian malaikat Jibril menemui dan mewawancarainya:
Sambil mengucapkan Semoga kamu mabrur wahai Adam sesungguhnya kami telah lakukan ibadah haji di Baitullah ini sejak 2000 tahun yang lalu
Adam bertanya:Apa yang anda baca saat thawaf?
Jibril menjawab:subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha ilallah wallahu akbar.
Adam berkata: Tambahkan dengan ucapan wala haulawala quwwata illa billah.
Maka para malaikatpun menambahkannya.
Selama seribu tahun Adam berada di Makkah akhirnya wafat dikebumikan di Jabal Abu Qubais bukit diselatan Ka"bah dan riwayat yang lain mengatakan di gunung Baudzah India..Makkah kota tertua disebut juga Ummul Quro artinya ibu asal usul negeri  yang ada didunia ini.Ka"bah(Baitullah) yang dibangun malaikat kemudian rusak parah dilanda banjir bandang dizaman Nabi Nuh dibangun kembali oleh nabi Ibrahim as dan Ismail as,.Setelah selesai merehab Ka"bah,Allah memerintahkan Ibrahim agar menyerukan manusia mengerjakan hajji (perhatikan surat Al Hajj 27):Serulah manusia untuk menunaikan hajji niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki atau mengendarai setiap unta yang kurus mereka datang dari setiap penjuru yang jauh.Kemudian Ibrahim bertanya kepada Allah:Bagaimana mungkin suaraku bisa sampai pada mereka yang jauh?Allah menjawab:Serulah!Aku yang membuat suaramu sampai.
Kemudian Ibrahim naik ke Jabal Qubais dan memasukkan jari telunjuk kekedua lubang telinganya sambil menghadapkan wajahnya kearah Barat dan Timur beliau lantas berseru:
Wahai sekalian manusia telah diwajibkan kepadamu menunaikan ibadah hajji ke Baitul Atiq maka ,sambutlah perintah Tuhanmu Yang Maha Agung
Seruan tu telah didengar oleh orang orang yang berada dalam sulbi pria dan rahim wanita.
Seruan itu telah disambut oleh orang orang yang ditetapkan Allah dalam ilmu Allah bahwa ia akan melaksanakan ibadah hajji.Sampai hari kiamat mereka terus berkata Labbaik Allahumma Labbaik,Telah aku penuhi panggilanMu, ya Allah telah kami penuhi panggilanMu
Allah mengingatkan dalam surat Ar Ra"d  18:Bagi mereka yang memenuhi seruan Tuhan mereka disediakan balasan yang baik.Dan bagi mereka yang tak memenuhi seruanNya sekiranya mereka memiliki semua yang ada di bumi dan ditambah sebanyak itu lagi niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu.Orang orang itu mendapat hisab(perhitungan) yang buruk dan tempat kediaman mereka Jahanam dan itulah seburuk buruk tempat kediaman.
Allah juga mengancam mereka yang berpaling dari perintahnya dalam surat at Thaha 124:Dan barang siapa yang berpaling dari peringatanKU maka sungguh dia akan menjalani kehidupan yang sempit dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.
Pada saat Ibrahim as berthawaf di Ka"bah para malaikat menemuinya sambil mengucapkan salam.
Ibrahim as bertanya:Dahulu saat kalian berthawaf apa yang kalian baca?
Malaikat menjawab Subhanallah walhamdulillah wala ilaha ilallah huwallahuakbar wala hawlawala quwwata illa billah.Lantas Ibrahim as menyarankan, Tambahkan Al alliyyi al "adzim.
Sejak saat itu doa thawaf seperti demikian.
Untuk mewujudkan mimpinya umrah ke Mekkah maka Rasul saw mengajak lebih kurang 1500 orang kaum muslimin dalam bulan Dzulqaedah tahun 6 Hijriah membawa hewan hewan qurban dengan berpakaian ihram tetapi dihadang oleh pasukan Quraisy di Hudaibiyah 20 km barat laut Makkah.
Kemudian Suhail ibn Amr diutus kaum Quraisy berunding dengan Rasul saw untuk menunda umrah sampai tahun depan.namun Rasul saw dengan kebesaran jiwanya menerima usul kaum Quraisy dimana Rasul saw mempertimbangkan secara politis sangat menguntungkan kaum muslimin karena pengakuan kaum Q.uraisy terhadap keberadaan kaum Muslimin
Dengan sikap akomodatif yang dikedepankan Rasul saw insyaallah dakwah akan lebih berhasil ketimbang sikap konfrontatif akhirnya Rasul saw bersama rombongannya dengan lapang dada kembali ke Madinah dan berencana umrah tahun depan bulan Dzulqaedah tahun 7 H(Maret 629 M) sesuai dengan perjanjian Hudaibyah yang telah disepakati bersama.
Namun orang orang munafik memperolok olok Rasul saw bahwa mimpinya adalah khayal belaka.
Turunlah wahyu surat al Fath 27 yang menguatkan keimanan Rasul bahwa mimpinya pasti menjadi kenyataan pada tahun depan.Sungguh Allah akan membuktikan kepada Rasulnya tentang kebenaran mimpinya bahwa kamu pasti akan memasuki masjidil Haram jika Allah menghendaki dalam keadaan aman dengan menggundulkan rambut kepala atau memendekkannya sedang kamu tidak merasa takut.Maka Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui dan selain itu.Dia telah memberi kemenangan yang dekat.
Jumlah rombongan meningkat mencapai 2000 orang namun pada saat thawaf kaum musyrik sengaja menonton dari Jabal Abu Qubaisy untuk melecehkan kaum muslimin tak akan mungkin mampu melakukannya.
Rasul saw memicu semangat kaum muslimin untuk tidak loyo,setelah mencium hajar aswad rombongan berlari kecil mengelilingi Ka"bah tiga putaran pertama kemudian berjalan sampai putaran ketujuh  dengan bahu kanan  terbuka membuat kaum musyrikin bubar.
Inilah model thawaf versi Rasulullah yang diabadikan sampai saat ini.
Setelah selesai thawaf langsung sholat sunat dua rakaat di maqam Ibrahim kemudian minum air zamzam.Selanjutnya Sa"i antara Safa dan Marwah kemudian tahallul(memotong rambut) barulah dihalalkan larangan Ihram.Demikianlah sekilas umrah versi Raasulullah.
Tanggal 17 Dzulqaedah 7H saat masuk waktu Zuhur,Bilal bin Rabba" mengumandangkan azan dan Rasulullah sebagai imam sholat dengan saf yang rapi didepan Ka"bah menarik perhatian kaum musyrikin teutama pemuka Quraisy seperti Khalid bin Walid,Amr ibn Ash dan Utsman ibn Thalha yang sangat terkesan dengan sikap pemaaf Rasulullah yang menakjubkan akhirnya hijrah ke Madinah langsung masuk Islam.
Ternyata beberapa bulan setelah umrah kaum Quraisy melanggar perdamaian Hudaibiyah tepatnya tanggal tanggal 20 Ramadhan tahun 8 H,Rasulullah mengerahkan 10.000 pasukan dan berhasil menaklukkan Makkah tanpa pertumpahan darah yang mengagumkan pemberiaan  amnesti massal kepada seluruh musuhnya. Kebijakan Rasululah yang sangat toleransi membuat seluruh kaum Quraisy Makkah  masuk Islam secara serentak.Turunlah wahyu surat an Nashr:(1-3).
Idza jaa a nashrullahi wal fat hu.Wara aitannaasa yadkhuluuna fidinillaahi afwaajaa.Fasabbih bihamdi rabbika wastaghfirhu;innahu kaana tawwaaban.Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.Dan engkau melihat manusia berbondong bondong masuk agama Allah.Maka bertasbihlah dan mohonlah ampunan kepadaNya.Sungguh Dia Maha Penerima Tobat.Pada saat Rasul memimpin perang Tabuk melawan pasukan Romawi Abu Bakar Siddik diutus Rasul saw memimpin jamaah hajji ke Makkah(Dzulqaedah 9H) sambil mengumumkan wahyu yang baru Rasul saw terima surat at Taubah 28:Wahai orang orang beriman sesungguhnya orang musyrik itu najis oleh karena itu janganlah mereka mendekati masjidil Haram setelah tahun ini.
Inilah dasar hukum instruksi Rasulullah melarang orang musyrik memasuki kawasan masjidil Haram dan mengerjakan ibadah hajji karena bukan pengikut ajaran Nabi Ibrahim.
Setelah seluruh Semenanjung Arabia dibawah otoritas Islam dan pusatnya di Madinah sekitar tahun 10H dimana seluruh penduduk masuk Islam maka Rasul saw memimpin langsung rombongan tiga puluh ribu jamaah Haji berangkat dari Madinah setelah selesai sholat Jum"at menuju Mekkah tepatnya 25 Dzulqaedah 10H(21 Februari 632M).Seluruh istri beliau dan putri beliau Fatimah ikut dalam rombongan dimana beliau menunggang unta kesayangan beliau al Qashwa.
Seluruh jamaah dipimpin Rasulullah berseru:Labbaik allahumma hajjan,Telah aku penuhi seruanMu ya Allah untuk berhaji.tanpa henti menuju Makkah tanggal 4 Dzulhijjah memasuki Makkah sudah menanti 100.000 jamaah dari seluruh dunia.
Beliau thawaf 7 kali mengelilingi Ka"bah setiap  putaran dari sudut Ka"bah memberi penghormatan kearah hajar aswad(istilam) cukup melambaikan tangan dari jarak jauh untuk mencegah berdesakan mencium hajar aswad tatkala umrah pertama kali tahun 7H tanpa mengurangi keafdolannya.
Reformasi Ibadah haji,Dakhalatil umratu ilal hajji abadan abadan (telah masuk umrah kedalam haji selama lamanya) yang selama ini umrah dilaksanakan terpisah dari ibadah hajji.
Rasul saw mengintruksikan seluruh jamaah harus berkumpul  wukuf di Arafah mengehentikan tradisi selama ini dimana orang Quraisy berkumpul di Muzdalifah sedangkan non Quraisy di Arafah kembali ke syariah  Nabi Ibrahim.(al Baqarah 199).Selesai berkhutbah diArafah kemudian shalat Ashar berjamah beiau menerima wahyu terakhir surat al Maidah 3 dikaki jabal Rahmah.
Tiga bulan sesudah haji wada" tepat hari Senin 12 Rabiul Awal  11 H(8 Juni 632M) beliau menghadap Allah swt  untuk selama lamanya.
Puluhan juta ummat Islam yang mampu secara fisik,fsikis,ekonomi,keamanan dikolong langit ini melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya bahkan telah menanti 4-5 juta orang lagi bersiap siap.
Merupakan dokumentasi pertunjukan akbar yang  digelar di Baitullah tentang hakikat penciptaan,sejarah,ketauhidan dan ideologi Islam.
Begitulah sejarah ibadah haji mulai para malaikat nabi Adam.Ibrahim sampai Nabi Muhammad saw belum ada satu riwayatpun bahwa para nabi,para sahabat yang menyandang gelar Haji.
Jangan terulang peristiwa dalam kongres salah satu parpol Islam seorang merasa tokoh Islami    tersinggung ketika dipersilakan memberi tausiah tak dipanggil dengan predikat haji.
Bukankah  kolonialis Belanda sengaja memberi gelar Haji pada orang orang Indonesia agar gampang meringkusnya kalau timbul gerakan anti kolonialis di Indonesia karena para Haji dianggap telah dicuci otaknya untuk membenci segala bentuk imperialis dan kolonilisme dimuka bumi ini.
Yang penting diingat kewajiban menunaikan ibadah haji cukup sekali saja apabila menambah adalah
Sunah.(HR:Abu Daud,Ahmad dan Hakim).
Jangan tenggelam dalam kenikmatan haji dua kali yang dibanggakan Haji Muhidin dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji sementara saat ini ada 62 juta manusia kelaparan dibumi Indonesia dan 850 juta tersebar dikolong langit ini dengan penderitaan yang sama.

Dikutip dan disusun oleh ALS:Sydney 11 Oktober 2014.publish jam 21.45

,

0 comments:

Post a Comment