Saturday, November 15, 2014

ANAKMU BUKAN ANAKMU

ALS

Siapapun pasti merindukan seorang anak yang mampu memecahkan kesepian hidupnya.
Rasul bersabda bahwa anakmu adalah buah hatimu(HR: Abu Ya"la) dan anakmu adalah rezeki dari syurga((HR:Al Hakim).
Orang bijak bicara :Anak anak benar benar menerangi rumah tangga,mereka tidak pernah mematikan lampu.(Ralph Bus).
Fakta ini tidak terbantahkan dimana Nabi Zakaria dilanda kesepian dalam usia yang renta didampingi istrinya yang tua dan mandul belum dikaruniai Allah seorang anakpun terus berdoa tanpa putus asa dalam surat Ali Imran 38:
Hunaalika da "aa zakariyyaa rabbahuu;Qaala robbii hablii minladunka dzurriyyatan thayyibatan,innakaa samii"uddu"aai.,disanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya dia berkata wahai Tuhanku berilah aku keturunan yang baik dari sisiMu Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.
Ingatlah Rasul bersabda:Sesungguhnya makanan yang paling baik untuk dimakan seseorang adalah hasil keringatnya sendiri,Dan anak adalah bagian dari jerih payah kita sendiri.(HR:Al Hakim,Ahmad).
Anakmu adalah aset berharga yang merupakan investasi abadi yang tak pernah berhenti.
Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi saw bersabda:Apabila anak Adam mati maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara:Sedekah jariyah,ilmu yang bermanfaat yang diajarkannya dan anak yang saleh yang tetap berdoa untuknya.
Bagaimana anak akan mendoakan kedua orang tuanya kalau sianak sendiri tak pernah beribadah kepada Allah.Rasul bersabda:;Warisan bagi Allah azzawajalla dari hambanya yang beriman ialah anaknya yang beribadah kepada Allah sesudahnya.(HR:Ath Thahwi.)
Anak yang cacat mental yang disayangi orang tuanya tanpa rasa malu karena kehadirannya adalah kunci pintu syurga bagi kedua orang tuanya.
Anak cacat ketika dipersilahkan masuk kedalam syurga menolak tawaran masuk dari penjaga syurga dan dia tak akan mau masuk sampai kedua orang tuanya juga diizinkan masuk bersamanya.
Sebaliknya seorang ulama terganjal masuk kedalam syurga karena ketika dia melangkah masuk lewat pintu syurga anaknya berteriak;Jangan biarkan orang tua itu masuk kesyurga karena dia sibuk mengurusi jemaahnya sementara membiarkan kami tidak tahu apa apa.
Dari Abu Hurairah ra Rasul saw bersabda:Barangsiapa diantara kalian mempunyai tiga anak perempuan lalu ia sabar merawatnya dalam keadaan senang dan susah maka Allah akan memasukkannya ke syurga.Salah seorang bertanya:Bagaimana kalau hanya dua ya Rasul?
Rasul saw menjawab:Demikian juga dengan dua.
Lalu orang itu bertanya lagi:Bagaimana kalau hanya satu ya Rasul?
Rasul saw menjawab:Demikian juga dengan satu.(HR:Ahmad).
Rasul saw juga bersabda:Barang siapa yang mempunya dua atau tiga anak perempuan lalu menikahkannya dan berbuat baik kepada mereka niscaya akan masuk kesyurga.(HR:AbuDaud)
Allah mengingatkan dalam surat al Kahfi ayat 46:Harta dan anak anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus menerus adalah lebih baik pahalanya disisi Tuhanmu dan lebih baik untuk menjadi harapan.
Begitupun camkanlahkanlah firman Allah dalam surat At Taghabun ayat 14 dan 15:Wahai orang orang beriman;Sesungguhnya diantara isteri isterimu dan anak anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati hatilah kamu terhadap mereka maka jika kamu maafkan dan santuni serta kamu ampuni mereka maka sungguh Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.(14)
Sesungguhnya harta dan anak anakmu hanyalah fitnah(cobaan) buatmu dan disisi Allah pahala yang besar.(at Taghabun 15 dan surat al Anfal 28).
Peringatan Allah dalam surat al Munafiqun ayat 9 dan surat at Tahrim ayat 6:Wahai orang orang beriman janganlah harta bendamu dan anak anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah dan barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang yang merugi.(al Munafiqun 9).Wahai orang orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu,penjaganya malaikat yang kasar,keras,dan tak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu melakukan apa yang diperintahkanNya.(at Tahrim 6).
Sekali lagi Allah mengingatkan dalam surat An Nisa ayat 9:Dan hendaklah takut kepada Allah orang orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak anak yang lemah,yang mereka khawatirkan terhadap kesejahteraan mereka oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.
Rasul bersabda:Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah maka kedua orang tuanyalah yang menyebabkannya menjadi Yahudi,Nasrani dan Majusi.(HR:Bukhari).
Dan jangan lupa pesan Rasul saw:Setiap kamu adalah penanggung jawab dan akan diminta pertanggung jawaban atas apa yang dipercayakan kepadamu.(HR:Bukhari dan Muslim).
Didiklah anak kalian dalam tiga perkara,mencintai Nabinya,mencintai keluarganya dan tilawah al qur"an sebab orang orang yang memelihara alqur"an itu berada dalam singasana lindungan Allah bersama para nabinya dan orang orang yang suci padahal tak ada perlindungan selain daripada perlindunganNya.(HR:Thabrani dan Ali ray).
Perintahkanlah anak anakmu sholat ketika mereka berumur tujuh tahun,dan pukullah mereka ketika berumur sepuluh tahun serta pisahkan mereka ditempat tidur.(HR:AbuDawud,Ahmad).
Penuhilah hak hak anak anakmu,seorang datang kepada Rasul saw,Ya Rasul apakah hak anakku ini?Nabi bersabda:Memberinya nama yang baik,mendidik adab yang baik dan memberinya kedudukan yang baik dalam hatimu.(HR:Arthusi).
Bertakwalah kepada Allah dan berlaku adillah terhadap anak anakmu.(HR:Bukhari Muslim).
Jika anak anak dibesarkan dengan sebaik baik perlakuan maka  mereka akan belajar keadilan dan bila dibesarkan dengan dukungan mereka akan belajar menghargai orang lain.
Cintailah anak anak dan sayangilah mereka.Bila menjanjikan sesuatu kepada mereka tepatilah.Sesungguhnya yang mereka ketahui hanya kamulah yang memberi mereka rezeki(HR:Ath Thahawi).Barangsiapa yang berkata kepada anaknya kemarilah nanti kuberi kemudian tidak memberi,maka ia adalah pembohong (HR:Ahmad dari Abu Hurairah ra.)
Anak butuh kasih sayang anda lewat sentuhan fisik seperti pegangan tangan dan pelukan anda.Rasul saw mencium Hasan bin Ali disamping beliau ada Aqro bin Habis at Taminy,maka berkatalah Aqro:Sesungguhnya aku punya sepuluh orang anak tetapi aku tidak pernah mencium salah seorangpun.Lalu Rasul saw bersabda:Barangsiapa yang tidak mau menyayangi maka ia tidak akan disayangi.(HR:Bukhari).
Jika anak dibesarkan dengan penuh kasih sayang maka ia belajar mencintai setiap kehidupan tetapi bila dibesarkan dengan celaan maka ia akan belajar memaki lingkungannya.
Ingatlah bahwa anak anakmu akan melihat siapa dirimu melalui tingkah lakumu bukan dari nasihatmu.(Wayne Dyer)).Anak anak memang tak begitu baik mendengar nasihat orang tuanya tetapi mereka tak pernah gagal meniru mereka.(James Arthur Baldwin).
Dan setiap hari kita membuat deposito dibank memori anak anak kita/.(Charles R.Sawindoll).
Renungkanlah ungkapan Khalil Gibran:Anak anakmu bukanlah anak anakmu.Mereka adalah putera puteri kehidupan yang merindukan dirinya sendiri.Mereka datang melaluimu tapi bukan darimu.Dan walaupun mereka tinggal bersamamu mereka bukanlah milikmu.Kamu dapat memberikan kasih sayangmu tetapi tidak pemikiranmu karena mereka mempunyai pemikiran sendiri.Kamu dapat memberi tempat untuk raganya tetapi tidak untuk jiwa mereka karena jiwa mereka menghuni rumah masa depan yang tidak dapat kau kunjungi bahkan juga dalam mimpi mimpimu.Kamu dapat berupaya keras untuk menjadi seperti mereka tetapi jangan mencoba membuat mereka sepertimu,karena kehidupan tak berjalan kebelakang juga tak tinggal dimasa lalu.
Akhirul kalam marilah kita berdoa lewat firman Allah dalam surat al Furqan ayat 74:Robbanaa hablanaa min azwaajiinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a"yunin waj "alnaa lilmuttaqiina imaaman,Wahai Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami pemimpin bagi  orang orang yang taqwa.Amiin.


Dikutip dan disusun oleh ALS, Semarang Minggu 16 November 2014,publish jam 9.30 wib.

0 comments:

Post a Comment