Saturday, June 14, 2014

KOK HARUS YASIN YA?


Tampaknya surat Yasin begitu populer dan jadi surat primadona bagi mayoritas ummat Islam dikolong langit ini terutama di Indonesia sering bergaung dibaca sendiri atau berjamaah terutama setiap malam Jum"at,saat sakratul maut,ziarah,nisfu sya"ban atau tahlilan.
Surat Yasin yang juga disebut surat Habib an Najjar ,surat Makkiyah surat ke36 Mushaf Usmani terdiri ayat ayat pendek sebanyak 83 ayat dan menurut perincian Nasrudin Baidan terdiri dari 729 kata dan 3000 huruf diturunkan sesudah surat Al Jinn pertengahan waktu antara hijrah Nabi saw ke Habsyah(Ethiopia) dan peristiwa Isra",yang isinya terutama meliputi Risalah kenabian(ayat 1-27),masaalah keimanan(ayat 28-68) dan Informasi sikap orang kafir dan kehidupan akhirat(ayat 69-83).Kenapa surat Yasin ini turun,diriwayatkan oleh Abi-Nua"im al Asbahani yang bersumber dari Ibnu Abbas ra;bahwa ketika Rasulullah saw membaca surat As Sajadah dengan nyaring orang orang Quraisy merasa terganggu dan mereka berencana menyiksa Rasul tetapi tiba tiba tangan mereka kaku dipundaknya dan mata mereka buta total.Kemudian mereka mengharapkan bantuan Rasul dan berkata:Kami mohon bantuanmu atas nama Allah dan atas nama keluarga.
Lalu Rasulpun berdoa ,maka mereka segera sembuh akan tetapi tidak seorangpun diantara mereka yang beriman,maka turunlah surat Yasin ayat 1 sampai 10.
1.Yasin 2.walqur aanilhakiimi 3.Innaka laminal mursaliina.4."alaa shiraathim mustaqiimi 5.tanziilal "azizirrahiimi 6.litundziraqaw mammaaa undzira aabaaauhum fahum ghaafiiluuna.7.laqad haqqal qaulu "alaaa aktsarihim fahum laa yu"minuuna.8.Innaa ja"alnaa fii a"naa qihim aghlaalan fahiya ilal adzqaani fahum muqmahuuna.9.waja"alnaa mimbaini aidihim saddan waminkhalfihim saddan fa aghsyainaahum fahum laa yubsiruuna.10.wa sawaaa un "alaihim a andzartahum laa yu"minuuna.
1.Allah yang Maha Tahu maksudnya.2.Demi alquran yang penuh hikmah.3.sungguh engkau(Muhammad) adalah salah seorang dari para Rasul.4.(yang berada) diatas jalan yang lurus.
5.(sebagai wahyu) yang diturunkan oleh(Allah) yang Maha Perkasa dan Maha Penyayang.6.agar engkau memberi peringatan kepada suatu kaum yang nenek moyangnya belum pernah diberi peringatan karena itu mereka lalai.7.Sungguh pasti berlaku perkataan(hukuman) terhadap kebanyakan mereka karena mereka tidak beriman.8.Sungguh kami telah memasang belenggu dileher mereka lalu tangan mereka(diangkat)kedagu,karena itu mereka tertengadah.9.Dan kami jadikan dihadapan mereka sekat(dinding) dibelakang mereka juga sekat dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.10.Dan sama saja bagi mereka apakah engkau beri peringatan atau tidak memberi peringatan pada mereka namun mereka tidak akan beriman.
Fadhilah membaca surat Yasin yang menggiurkan yang mendorong seseorang membaca surat Yasin antara lain bila dibaca pagi hari akan senang sampai sore bila dibaca malam akan senang sampai pagi.
Kalau belum menikah insya Allah akan dapat jodoh,kalau sedang dipenjara akan segera dibebaskan,kalau ingin menghadap orang penting akan diterima kalau dibaca 25x ketika berangkat dari rumah,yang sakit akan sembuh,yang tersesat akan ditunjuki dan yang haus akan lenyap hausnya.
Bila ditulis kemudian direndam lalu diminum airnya akan sama dengan makan 1000 macam obat.
Ambi air satu timba penuh kemudian celupkan jari telunjuk kanan sambil baca shalawat Nabi 3x,Yasin 7x,ayat ke9 baca 11x,ayat qursyi 99x baru berdoa agar rumah kita dilindungi dari gangguan jin/setan dan manusia jahat lalu dipercikan airnya ketembok halaman,pintu,atap dan membersihka lantai dan sisanya masukkan dalam tanki air.Demikian petunjuk yang tak jelas sumbernya.
Walaupun beberapa hadist yang menjelaskan fadhilah surat Yasin namun tak ada hadist yang shahi menurut Syaikh Al Albani semuanya dhoif bahkam maudhu"(palsu).
Beberapa hadist antara lain :
1.Sesungguhnya pada setiap sesuatu ada jantung dan jantung al quran itu adalah surat Yasin.
   Barang siapa membacanya sama seperti membaca 10x seluruh alquran.
2.Barangsiapa membaca surat Yasin waktu malam maka akan diampuni dosanya pagi harinya.
3.Barangsiapa membaca surat Yasin setiap malam kemudian dia meninggal sama dengan mati syahid
4.Barangsiapa yang memasuki komplex kuburan dan membaca surat Yasin maka pada hari itu akan       diringankan siksa mereka yang dikubur dan akan mendapat pahala sebanyak orang dikuburan.
5.Yassin lamaa quria"t lahu,yasin tergantung niat orang yang membacanya apa yang dihajatkan.
6.Siapa yang membaca surat Yasin untuk mengharap wajah Allah niscaya diampuni dosa dosanya           yang telah lalu,maka bacalah surat Yasin pada orang yang meninggal diantara kalian.
7.Barangsiapa yang membaca surat Yasin disiang hari niscaya dipenuhi kebutuhannya.
8.Sesungguhnya Allah swt telah membaca surat Thoha dan Yasin 1000x sebelum menciptakan               Adam.Maka saat para malaikat mendengar alquran mereka berkata:Beruntunglah bagi ummat yang     diturunkan ini atau beruntunglah lisan yang berucap dengannya dan beruntunglah bagi kita yang          mengembannya.
9.Barang siapa yang berziarah kekuburan kedua orang tuanya disetiap Jum"at lalu membaca Yasin        maka disitu maka dosanya akan diampuni sejumlah tiap hurufnya.Dia ditulis sebagai orang yang          berbakti kepada dua orang tuanya.
   Kalau begitu apa baca surat Yasin itu dilarang?
  Membaca alquran sangat dianjurkan termasuk surat Yasin hanya caranya dengan kaifiat tertentu         harus hari tertentu,dalam jumlah tertentu dan tujuan tertentu itulah yang bertentangan dengan             syari"ah bukankah setiap huruf membaca alquran pahalanya satu kebaikan seperti alif lam mim           maka alif satu kebaikan,lam satu kebaikan dan mim satu kebaikan.
  Membacanya bersama sama dengan satu suara,malam jumat kliwon habis magrib,malam nisfu              Sya"ban dan diulang 25 kali,tujuan menolak bala itu yang tidak dibenarkan.
  Kalaupun doanya terbukti terkabul dengan surat Yasin sebagai wasilah. menurut Ibnu Taimiyah           bukan karena membaca surat Yasin tetapi karena dia sangat berharap, maka Allah mengabulkannya   walau sekiranya dia orang musyrik terutama urusan dunia dan untuk akhirat tunggu dulu.
  Allah berfirman dalam surat Al Baqarah 186:
 Apabila hambaku bertanya kepadamu hai Muhammad  tentang aku maka jawablah bahwa Aku dekat
 Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia bermohon kepadaKU.
Maka hendaklah mereka mematuhi segala perintahku dan beriman kepadaKu agar mereka selalu berada dalam  kebenaran.
 Berdoalah dengan menyebut Asmaul Husna,bertasbih,tahmid,takbir dan tahlil bershalawat kepada     Nabi saw lalu bermohonlah apa yang dihajatkan pada waktu yang ijabah seperti sholat tahajud sepertiga malam,antara adzan dan iqamah,pada saat melafadzkan amiin serentak dengan ribuan malaikat pada  saat sholat berjamaah, sesudah sholat fardhu di mesjid terutama tiga mesjid utama.
Banyak cara yang masyruk sesuai petunjuk Rasul beribadah kenapa kita gunakan petunjuk karangan manusia yang menyeret kita ke bid"ah hakikiyah(tak ada dasar sama sekali) maupun bid"ah idhofiyah (punya dasar tapi caranya menyimpang) yang ujung ujungnya adalah setiap bid"ah itu sesat dan sesat itu tempatnya di naraka.
Semoga tulisan ini jangan dianggap merasa paling benar dan memecah belah ukhuwah Islamiyah tetapi atas dasar kasih sayang dan saling menyelamatkan,aslama yuslimu.Amiin ya Allah.

Dikutip dan disusun oleh:AlS ,Semarang Sabtu 14 Juni 2014 di publish jam 16.30

1 comments: