Tuesday, December 9, 2014

MIRAS ,MIRA DAN MIRZA

ALS

Ketika Mira kupukupu malam memohon bantuan Mirza pemuda taat yang mencintai mesjid datang kerumahnya kemudian mengunci rapat pintu rumahnya dan mengancam akan berteriak bahwa Mirza akan memperkosanya tapi dia akan bebas keluar rumahnya dengan syarat mau memilih salah satu dari tiga alternatif yaitu zinahi dia atau bunuh anak yang duduk disampingnya atau tenggak sebotol miras.
Mirza sang abid tanpa ilmu berpikir singkat langsung memilih miras sebagai jalan mudah teraman.
Setelah menghabiskan miras sebotol ludas matanya berkunang kunang kesadarannya berubah nafsu libidonya menggoncang langsung menerkam dan menzinahi Mira dan ujung ujungnya karena takut rahsianya ketahuan orang lain dihabisinya nyawa sibocah yang tak berdosa dan tak tahu apa apa.
Begitulah drama sebabak yang mirip dengan yang diriwayatkan Abu Laits dengan sanad dari Ustman bin Affan dengan pemeran yang berbeda tetapi thema yang sama yaitu Hati hatilah kamu dengan khamar karena dia adalah induk dosa dosa yang keji.
Sekiranya Mirza memilih bukan miras pastilah hanya satu dosa besar yang dipikulnya tetapi lewat miras dia telah mengkoleksi dosa minum khamar ,zinah dan membunuh seluruh manusia didunia ini.
Bukankan membunuh seorang manusia yang bukan membunuh orang lain atau merusak dimuka bumi sama dengan membunuh seluruh manusia?
Dari Abu Darda bahwa Rasul saw bersabda:Kekasihku telah berwasiat kepadaku jangan minum khamar sebab khamar adalah kunci dari segala keburukan .(HR:Ibnu Majah).
Rasul saw juga menekankan:bahwa khamar itu adalah induk segala keburukan(ummul khobaits) dan barangsiapa meminumnya maka Allah tidak menerima sholatnya selama 40 hari.Maka jika ia mati sedangkan khamar ada dalam perutnya maka ia mati seperti bangkai jahiliyah(HR:At Thabrani).
Dari Ibnu Abbas ,Rasul saw lagi menyatakan:bahwa khamar itu adalah induk dari segala kekejian dan dosa terbesar.Barangsiapa yang meminumnya berarti telah menzinahi ibunya dan bibinya(dari kitab ash-Shahahah).Begitu dilaknat Allah khamar itu sehingga siapa yang terlibat dalam proses pengadaannya termasuk dilaknat Allah swt.Ibnu Abbas pernah mendengar Rasul saw bersabda:Jibril mendatangiku dan berkata:Ya Muhammad sesungguhnya Allah swt melaknat khamar,orang yang memerasnya,yang menyuruh memeras,serta peminumnya,pembawa,penerima,penjual dan pembelinya maupun yang memberi minum dan yang diberi minum.(HR:Ahmad dan Ibnu Hibban).
Khamar dilaknat Allah karena salah satu dari amalan syaithan sesuai dengan firman Allah dalam surat al Maidah ayat 90-91:Hai orang orang yang beriman sesungguhnya minum khamar,berjudi,berkorban
untuk berhala mengundi nasib dengan panah,adalah termasuk amalan syaithan.Maka jauhilah amalan itu agar kamu beruntung.Sesungguhnya syaithan itu berniat ingin menimbulkan permusuhan diantara kamu dan menhalangi kamu dari mengingat Allah dan sholat maka berhentilah kamu dari amalan itu.
Malah perintah Allah swt melarang sholat kalau seseorang masih dibawah pengaruh khamar.
Hai orang orang beriman janganlah kamu mendekati sholat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan(an Nisa 43).
Allah juga berfirman dalam surat al Baqarah 219:Mereka bertanya padamu tentang khamar dan judi,katakanlah:Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia tetapi mudharatnya jauh lebih besar.
Thariq Ibnu Suwaid Al Ju"fi bertanya kepada Nabi tentang khamar,lalu dijawab Nabi dengan kata kata larangan .Kemudian Al Ju"fi bertanya lagi:Wahai Rasul kalau untuk pengobatan bagaimana?Rasul menjawab:Khamar itu bukan obat tetapi adalah penyakit.(HR:Muslim).
Ketika ditanya apa khamar itu,Rasul menjawab:Setiap barang yang memabukkan dinamakan khamar dan setiap khamar hukumnya haram (HR:Bukhari Muslim).
Dan apa yang diminum yang memabukkan walaupun sedikit tetap haram.(HR:Abu Daud,Turmidzi).
Rasul juga menyampaikan bahwa anggur bisa dibuat khamar,kurma bisa dibuat khamar,madu juga bisa dibuat khamar dan kacang kedelepun bisa dibuat khamar.(HR:Abu Daud,An Nasai,Ibnu Majah).
Demi Allah yang mengutus aku dengan hak tidak akan mimum khamar kecuali orang orang terkutuk dalam kitab Taurat,Injil,Zabur dan al Quran,
Siapa yang minum khamar berarti telah kafir dengan semua kitab yang diturunkan Allah,semua Nabi Nabinya,dan tak akan menghalalkan khamar kecuali orang orang kafir.Dan siapa yang menghalalkan khamar aku berlepas tangan daripadanya dunia dan akhirat.
Ingatlah ancaman Allah terhadap peminum khamar dimana Qatadah berkata bahwa Rasul saw bersabda:Empat macam orang tidak akan mencium bau syurga padahal bau syurga itu tercium dari jarak perjalanan 500 tahun.yaitu:Orang yang bakhil,suka membangkit bangkit pemberiannya,tetap minum khamar sampai matinya dan durhaka kepada kedua ibu bapak.
Rasul juga bersabda:Akan keluar peminum khamar itu pada hari kiamat dari kuburnya lebih busuk dari bangkai sedang botol khamar itu akan dikalungkan dilehernya dan gelas ditangannya kemudian diantara kulit dan daging badannya penuh ular dan kalajengking serta memakai kasut dari api yang mendidihkan otaknya dimana kuburnya berupa liang neraka dan jadi teman Firaun dan Haman.Hati hati bersikap terhadap peminum khamar walaupun saudara kandungnya sendiri dimana Aisyah ra berkata bahwa Rasul saw bersabda:Siapa yang memberi makan walaupun sesuap kepada peminum khamar,maka Allah akan menyiksanya dengan ular dan kalajengking dibadannya dan barangsiapa yang memenuhi keinginannya berarti ikut membantu merobohkan Islam
Dan siapa yang meminjamkannya berarti membantu membunuh seorang muslim dan siapa yang duduk bersamanya akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan buta.Maka kalau dia sakit jangan kamu jenguk dan jika jadi saksi jagan diterima kesaksiannya
Khamar lebih populer dengan sebutan miras alias minuman keras telah diperingatkan Allah lewat firmannya dan Rasulnya 15 abad yang lalu sebelum penghuni kolong langit mengenal bencana yang ditimbukannya baik didunia maupun diakhirat kelak.Tetapi penikmat miras lebih terpesona dengan bisikan syaithan yang tak pernah menyerah menggiring mereka kelubang neraka dunia dan akhirat.
Mereka bukan hanya merusak dirinya tetapi juga apa saja disekitarnya.Pernahkah anda mendengar bahwa lebih dari 10.ribu orang yang digotong ke rumah sakit setiap tahunnya akibat miras dan mayoritas tewas terutama akibat miras oplosan.Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat terjadi 70% pembunuhan oleh karena pelakunya dalam keadaan mabuk.Pada tanun 2010 lebih kurang 10.028 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas oleh karena supirnya mabuk dan 1 dari 10 pencandu alkohol yang berusia 15-16 tahun terlibat kecelakaan lalu lintas.,
Padahal sudah berjalan sanksi berat bagi pengendara yang sedang mabuk walaupun tidak menimbulkan kecelakaan mulai dari dicabut SIM minimal dua bulan,masuk daftar kriminal,didenda sebesar 5000 dollar US sampai dipenjara sampai 6 bulan.
Laporan dari BBC tahun 2010 bahwa di Inggris sebanyak 8790 orang tewas akibat alkohol dan dua pertiganya akibat rusaknya liver  sementara tahun 2009 di Amerika Serikat 24.263 orang tewas akibat alkohol melebihi angka kematian akibat pembunuhan sekitar 16.591 orang.
Dua kali lebih banyak wanita muda hamil diluar nikah dengan pencandu alkohol dibandingkan dengan bukan pencandu alkohol dan satu dari 5 wanita pencandu alkohol berumur 15 tahun pernah berhubungan seks diluar nikah.Tak bisa dibantah lagi bahwa alkohol perusak kesehatan penggunanya mulai dari mengeringnya kulit dengan bercak bercak merusak penampilan.bahkan ginjal,hati,jantung sampai kerusakan otak yang berat .Masih segar diingatan kita nasib karyawati swasta Tangerang Banten yang digilir diperkosa empat pemuda sedang mabuk disebuah rumah kontrakan.
Sungguh khamar itu jelas merusak harta dan akalmanusia demikian jawaban Rasul saw ketika Umar bin Khatab bertanya bagaimana pendapatmu wahai Rasul mengenai khamar.
Sekali lagi sadarilah:Al khamru rijsin min amalisy syaithan fajtanibuhu,sesunggunya khamar itu adalah amalan keji syaitan maka hindarilah .Itulah salah satu pintu keselamatan anda.


Dikutip dan disusun oleh ALS:Semarang 10 Desember 2014. publish jam 14.00 wib.

0 comments:

Post a Comment