Saturday, April 5, 2014

AL- INTIKHOB AL-"AAM [ PESTA DEMOKRASI ]


Pesta demokrasi hanya tinggal beberapa hari lagi ,tepatnya 9 April 2014.Disaat sang Surya merangkak naik diufuk Timur menaburkan cahayanya yang penuh berkah, keseluruh pelosok tempat bersimpuh anak bangsa, yang sedang berdoa akan hadirnya pemimpin dambaan mereka, yang mampu mewujud kan keadilan dan kesejahteraan buat mereka, yang cukup lama tersiksa ditengah kesemrawutan yang merayap dipersada ini.Menurut  Survey Rumah Tangga Penerima Bantuan Langsung Tunai(BLT) tahun 2008 lebih kurang 70 juta penduduk indonesia masuk kategori miskin dan hampir miskin.

Angka yang lebih tinggi didapat berdasarkan penduduk yang membeli raskin pada tahun 2009 maka lebih kurang 123 juta orang penduduk Indonesia miskin, sementara menurut Data Bank Dunia berdasarkan penghasilan dibawah dua dollar US atau RRp 19,000/perhari maka jumlah penduduk miskin Indonesia lebih kurang 108,8juta atau 49% dari 250 juta penduduk Indonesia merupakan jumlah penduduk terbesar diurutan no4 didunia.

Menurut BPS lebih kurang 9% dari 110 juta angkatan kerja Indonesia saat ini menganggur. Data dari FAO(organisasi pangan sedunia 2001-2003,lebih kurang 13,6 juta penduduk Indonesia menderita gizi buruk,sementara hasil survey Sosial Ekonomi Nasional tahun 2005 sebanyak 28% anak Indonesia menderita gizi buruk.Kebijakan mengurangi subsidi kesehatan dari 19,8 trilyun APBN 2010 menjadi 13,6 trilyun rupiah APBN 2011, sementara untuk alokasi balita gizi buruk hanya Rp204,5 milyard untuk 4,5 juta balita gizi buruk, artinya Rp4 ribu/balita/perbulan.Apa mungkin balita gizi buruk akan berkurang atau sebaliknya malah meningkat sementara penduduk perkotaan terutama anak anak keluarga yang mampu, sebanyak 9,8 juta menderita obesitas(kegemukan).

Yang sangat menarik dari survey Making The New Indonesia Work for The Poor  2006 Indopov World Bank,ditemui lebih kurang 18.2 juta penduduk Indonesia berusia diatas 15 tahun masih butahuruf dan 68% adalah wanita. Kemiskinan,kelaparan dan kesehatan yang buruk telah menyeret anak keliang kubur sebanyak 26.500 orang/hari atau  tiap anak per 3 detik didunia ini. Apakah para calon pemimpin menyadari atau buta sama sekali dengan potret negerinya ini?

Apakah anak anak bangsa ini mengidap amnesia berat ,sehingga sejarah akan terulang kembali, karena mereka lupa dengan pengalaman yang mereka rasakan atau mereka mengidap mesokhisme yang sangat menikmati bila disakiti oleh pemimpin yang sadisme,sebaliknya yang sangat menikmati bila menyakiti saudaranya sendiri.Tampaknya kombinasi antara mesokhisme dan sadisme adalah pasangan yang sangat romantis dinegeri patologis ini.

Ya Allah sembuhkanlah anak bangsa ini sebelum matahari terbenam 8 April 2014 agar bisa tidur lelap malamnya dan bangkit dengan semangat baru esoknya, serta berani melangkah membangun bangsa yang bermartabat, yang tak mudah terseret oleh politik transaksional yang didalangi mereka yang mabuk kekuasaan.

Kamu adalah salah seorang dari 186.612.255 calon pemilih tetap didalam negeri yang akan menyumbangkan suaranya yang berasal dari 33 propinsi,497 kodya/kabupaten,6980 kecamatan dan 81.034 desa di 545.778 TPS serta 2.010.280 orang calon pemilh diluar negeri dari 130 negara di 873 TPS yang sangat menentukan nasib bangsa ini kedepan.

Buka matahatimu selebar lebarnya, gunakan akalmu sewaras warasnya, tatkala menggerakkan tanganmu akan mencoblos gambar calon pemimpinmu. Jangan sampai nafsu binatangmu yang egois dan rakus menghilangkan rasa malumu menadah menerima sedekah sesuap nasi bagaikan pengemis dari pemimpin gadungan.

Kau hancurkan bangsamu karena sejengkal perutmu membiarkan pemimpin dzalim mengendalikan negerimu padahal kau akan ikut hancur baik didunia apalagi diakhirat akibat kelalaianmu. Engkau hina dirimu sebagai ummat Islam yang punya motto tangan yang diatas lebih baik dri tangan dibawah,al Islam ya"lu wala yu"la alaih,Islam selalu unggul ia tak akan terungguli(HR.Muslim).

Rasul bersabda:Sebagai mana keadaan kalian demikian juga terangkat pemimpin kalian.
Ingatlah firman Allah dalam surat an Nisa 144:
Hai orang beriman janganlah engkau tunjuk orang kafir sebagai pemimpinmu.
Perhatikan surat al maidah 51:
Hai orang orang beriman jangan engkau angkat orang Yahudi dan Nasrani menjadi wali.
Sebagian mereka menjadi wali kepada yang lain.
Barang siapa diantara kamu mengangkat mereka sesungguhnya kamu termasuk golongan mereka.
Allah tidak akan menunjuki kaum yang dzalim.
Walaupun bapak kandungmu atau saudara kandungmu sekalipun, jangan kamu angkat sebagai pemimpin bangsamu kalau mereka cenderung kepada kekafiran.
Camkanlah surat at Taubah 23:
Hai orang orang beriman janganlah kamu pilih bapak bapakmu dan saudara saudaramu jadi pemimpin jika mereka mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa diantara kamu menjadikan mereka wali maka mereka itulah orang orang yang dzalim.
Amati surat Ali Imran 118:
Hai orang orang yang beriman janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang orang diluar kalanganmu,oleh karena tak henti hentinya mereka menimbulkan mudharat bagi kamu.

Oleh karena itu persyaratan utama calon yang dipilih adalah wajib muslim luar dalam,bukan Islam KTP,bukan harus haji dua kali dan santun berlibab tapi lekuk tubuhnya jelas terexpos nau zubillah min dzalik.Jilbab itu wajib tetapi bukan jadi topeng tempat berlindung bagi pelaku koruptor wanita,yang kebetulan mayoritas berjilbab.

Tugas para penguasa adalah pertama, menjaga agama (hirasatuddin) bukan menyeret jadi negara sekuler dimana agama tak perlu mengurus negara cukup urusan akhirat dan tugas kedua mengurus kemashlahatan rakyat(siyasatuddunya)..

Pemimpin sejati tidak pernah meminta jabatan atau agar dipilih jadi pemimpin dengan menempuh segala jalan tidak perduli halal atau haram.
Rasul bersabda kepada Abdur Rahman bin Samurah ra:
Wahai Abdur Rahman bin Samurah! Janganlah kamu meminta untuk jadi pemimpin.Sesungguhnya jika kepemimpinan diberikan kepadamu karena permintaan maka kamu akan memikul tanggung jawab sendirian,dan bila bukan karena permintaanmu maka kamu akan dibantu untuk memikulnya (HR.Bukhari dan Muslim).
Ketika sahabat Nabi saw Abi Dzarr meminta satu jabatan  lantas Nabi saw bersabda:
Kamu lemah dan ini adalah amanah sekaligus dapat menyebabkan kenistaan dan penyesalan dihari kemudian.(HR:Muslim).
Rasul menjawab:Demi Allah kami tidak mengangkat seseorang pada satu jabatan kepada orang yang menginginkan jabatan itu.(HR:Bukhari &Muslim).
Pemimpin harus mencermin sifat Shidq,Amanah,Fathanah dan Tabligh.
Shidq artinya kebenaran/kesungguhan ,kejujuran dalam bersikap,berucap dan bertindak dalam melaksanankan tugas dan tanggung jawabnya kebalikan dari pendusta ciri khas orang munafik.
Rasul bersabda:Ada 3 kelompok yang pada hari kiamat Allah tidak akan berbicara kepada mereka Allah tidak akan membersihkan mereka,tidak akan memandang mereka,dan mereka akan disiksa dengan azab yang pedih yaitu orang tua yang berzinah,penguasa yang bohong dan orang miskin yang sombong (HR:Muslim dari Abu Hurairah ra).
Orang beriman bisa khilaf berzinah dan mencuri tetapi orang beriman tak bisa bohong karena yang berbohong berarti bukanlah lagi bagian dari orang beriman.
Allah berfirman dalam surat an Nahl 105:Sesungguhnya yang berani berbohong adalah tidak beriman kepada ayat ayat Allah.Dan mereka itulah orang pendusta.
Rasul bersabda :
Siapa yang mendustai kami maka dia bukan lagi dari golongan kami.(HR:At Thabrani &IbnuHibban)

Tegas dalam bersikap, bila benar dikatakan benar sebaliknya bila salah dikatakan salah sepanjang tidak bertentangan dengan hukum Allah dan Rasulnya namun tetap memiliki sikap lemah lembut .
Rasul berdoa:Ya Allah barang siapa mengurus suatu perkara ummatku lalu mempersulitnya maka sulitkanlah dia,kalau mereka lemah lembut dalam urusan mereka,lemah lembutlah kepada mereka

Rasul bersabda kepada Muadz bin Jabal dan Abu Musa Al As "ary waktu mengutus mereka jadi kepala daerah di Yaman:Permudahlah urusan mereka jangan kamu persulit,gembirakanlah mereka jangan kamu hardik (HR.Bukhari).

Amanah artinya mampu meelihara kepercayaan yang diserahkan kepadanya baik dari orang yang dipimpinnya apalagi titipan dari dari Allah swt tidak mungkin korupsi. Fathanah artinya cerdas dan cakap menangani setiap persoalan yang dihadapi haruslah melebihi dari yang dipimpinnya baik ilmu,ketaatan maupun budi pekertinya tidak mungkin dikibuli pembantunya.

Orang bodoh tidak mungkin jadi imam orang yang taqwa. Tabligh artinya menyampaikan secara terbuka(transparansi) segala tindakan yang telah maupun yang yang akan dilakukannya tidak akan ada kecurigaan maupun fitnah yang terjadi. Rasul bersabda:Kamu semuanya adalah penanggung jawab atas gembalanya .Maka pemimpin adalah pengembala dan dialah yang harus selalu bertanggung jawab terhadap gembalanya (HR:Ahmad,Bukhari,MUslim,Abu Daud dan Tirmidzi dari Ibnu Umar).

Pemimpin yang peduli dan peka terhadap kondisi yang dipimpinnya ,bila rakyatnya menderita dialah yang pertama kali harus merasakannya sebaliknya bila rakyatnya sejahtera dialah yang paling akhir menikmatinya.Khalifah Umar bin Khatab tak pernah nyenyak tidurnya karena khawatir rakyatnya kelaparan sehingga beliau selalu sidak kerumah rakyatnya sambil memikul sekarung gandum dipundaknya siap diberikan kepada rakyatnya yang tak ada kepulan asap didapurnya.

Dalam menegakkan keadilan pemimpin tak boleh membedakan etnis,agama,warna kulit,strata sosial.
Perhatikan surat Shad 22:
Wahai Daud:Kami telah menjadikan kamu khalifah dibumi maka berilah putusan antara manusia dengan hak(adil) dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu.
Pernah sekali waktu anak gubernur Mesir Amr bin Ash mencambuk anak bernama Qibty yang beragama Nasrani melapor ke Madinah menemui khalifah Umar menuntut keadilan .
Akhirnya gubernur Amr bin Ash diberhentikan dan dicambuk bersama anaknya atas berlakunya hukum qishash.

Mungkinkah berjalan hukum seadil ini dinegeri kita,atau mungkinkah kita temui pemimpin seperti ini lagi untuk kita tunjuk mewakili kita dalam merubah wajah bangsa ini?

Bagaimana caranya kita memilih orang yang sama sekali tidak kita ketahui track recordnya ?
Dalam Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU 2012 di Cirebon telah ditetapkan fatwa memilih pemimpin wajib hukumnya bagi ummat Islam.Pemilu baik pemilihan Presiden maupun wakil rakyat wajib hukumnya namun untuk individu hukumnya fardhu kifayah sementara Muhammadiyah sampai saat ini belum ada fatwanya sama sekali.

Prinsipnya pilihlah individunya berdasarkan kualitasnya terutama imannya,akhlak dan ilmunya bukan karena parpolnya,carilah informasi sebanyak banyaknya agar tidak melakukan sesuatu amal yang tidak diketahui sama sekali.

Pilihlah yang terbaik dari yang baik kalau tak ada yang baik pilihlah yang terbaik dari yang buruk.
Bila semua orang tidak memilih maka tidak ada yang memimpin bangsa ini lebih berbahaya daripada dipimpin orang dzalim dan prinsipnya minta ampun kepada Allah berdoa semoga yang kita pilih tidak meleset dari harapan ummat .

Selamat memilih , bersiaplah menolak setiap gelombang serangan fajar.menjelang hari H,Rabu tanggal 9 April 2014 merupakan PEMILU ke XI sejak Pemilu Pertama 1955 merupakan PEMILU terbaik.


Disusun oleh :ALS,Minggu  6 April 2004 jam 12.40

0 comments:

Post a Comment