Wednesday, April 16, 2014

MUTIARA HITAM


Apa yang tidak kumiliki, kepintaran, dari Sekolah dasar sampai universitas selalu kuselesaikan dengan prestasi gemilang terakhir aku meraih sarjana satuku dengan magna cum laude di universitas terkenal. Kekayaanku tak habis tujuh keturunan karena aku satu satunya pewaris kekayaan ortuku. Kesehatan jasmaniku tak ada sesuatu yang abnormal menurut pemeriksaan dokter pribadiku dan postur tubuhku ideal dan penampilanku dengan tinggi semampai,kulitku yang putih dan hidungku yang mancung mirip Gamal Abdul Nasser mantan presiden Mesir.

Aku istiqamah sholat fardhu lima waktu,kadang kadang sholat sunat rawatib tetapi belum kurasakan sholatku  mampu memberi cahaya hidupku. Saat umurku menjelang 35 tahun terasa kesepian lebih mendera hari hariku karena aku masih sendiri.Telah lama kucoba untuk memilah pasangan hidupku tapi tak satupun wanita yang menawan hatiku kadang kadang terlintas dihatiku jangan jangan mereka hanya mengharapkan kekakayaanku.

Apakah aku akan mengikuti jejak si Ukaf pemuda tampan dan kaya yang senang hidup membujang? Bukankah Rasul mengatakan siUkaf saudaranya setan,orang paling hina karena matinya membujang? Kulihat tetanggaku begitu ceria hidupnya bersama anak istrinya walaupun tinggal digubuk reot dengan keterbatasan hidupnya masih bisa tertawa cekikikan terdengar lewat pintu depan rumahnya.

Alangkah bahagianya penarik becak lagi mendengkur tidur diatas becaknya menanti sang surya bangkit dari peraduannya menjilati tubuhnya tanpa selimut dibalut dinginnya malam yang kelam. Kenapa aku yang terbaring diperaduanku yang serba wah,semerbak mewangi dengan fasilitas AC malah membuatku bolak balik berkemih mengganggu kepulasan tidurku. Aku tak pernah merasakan perihnya perut kaum dhuafa karena makanan selalu tersedia selama 24 jam diatas meja makan maupun dalam kulkas penuh aneka buah bergelimpangan.

Padahal Rasul bersabda:
Tidak beriman seseorang yang bisa tidur dengan perutnya kenyang padahal tatangganya kelaparan.
Segala musik dan nyanyian setiap saat bisa kuhadirkan ketelingaku dengan fasilitas secukupnya sehingga mampu menutupi suara tangisan penderitaan kaum pinggiran.

Negara mana yang tak kukunjungi didunia ini namun tak kutemukan bahagia itu,padahal bahagia itu bersembunyi membisu dalam hatiku  yang tak pernah kutegur sama sekali.Akhirnya aku tak mampu menahan kesepian hidupku yang semakin mencekam hanya berbicara dengan dinding kamar tidurku yang membisu seribu bahasa.
Kucoba bangkit disepertiga malam dikala manusia pulas dengan tidurnya bertahajud yang selama ini tak pernah kulakukan sambil bermohon kehadirat Allah semoga mengutus pendamping hidupku yang memenuhi harapanku.

Entah mengapa dalam rentang waktu dua minggu kebetulan hadir seorang wanita hitam,pesek dan pendek didepan rumahku menanyakan dengan santun dan lembut rumah tetanggaku yang tak jauh dari tempat tinggalku.Dengan jilbab yang menutupi auratnya kelihatan anggun dan mungil membuat aku terpesona padahal begitu banyak dara dara yang katanya cantik dan seksi tak memnggetarkan perasaanku secuilpun.Apakah ini yang dikirim Allah buat jodohku,Allah yang Maha Tahu.

Jangan dibayangkan dia hitam seperti Farah Quin atau Oprah Winfrey terlihat manis dan seksi.
Akhirnya kucoba melakukan pendekatan dengannya lewat tetangga yang dikunjunginya dan dengan izin Allah dia menerima kehadiranku walaupun dengan perasaan tidak percaya aku menyukainya.
Tetanggaku sempat terlanjur mengingatkanku bahwa dia tak sekufu denganku,dan menyesalkan mengapa dia yang jadi pendampingku seperti siang dengan malam.
Tapi aku yakin ini kehendak Allah Yang Maha Tahu .aku menccintainya karena aku cinta Allah.
Bukankah malaikat protes kepada Allah tatkala Allah menunjuk Adam yang berdosa sebagai khalifah
dijawab Allah:Aku lebih tahu apa yang kalian sama sekali tidak mengetahuinya.
Meskipun polemik berkecamuk dalam otakku,tapi aku yakin kebahagiaanku ada pada dirinya.
Memang ternyata sejak aku menikahinya,kebahagiaan yang tertidur lelap dalam sanubariku bertahun tahun kini terbit dan bersinar menerangi seluruh kehidupanku.
Alhamdulillah Allah telah menitipkan mutiara hitam dalam bilik hatiku yang mampu memecahkan kesepian yang mencekam hidupku dimana kehadiran seorang wanita soleha  mampu membuka tabir kegelapan yang selama ini menggalaukan pikiranku.
Allah tak memandang bentuk dan rupa seseorang tapi hati dan amal salehnya.
Dari Abu Hurairah,Rasul bersabda:
Sesungguhnya Allah tidak menilai bentuk rupa atau hartamu tetapi hati adan amalmu(HR.Muslim).
Rasul juga menekankan:
Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya sebab mungkin akan membuatnya sombong,dan jangan karena hartanya karena mungkin akan membuatnya merasa lebih,tetapi nikahilah mereka karena agamanya,sesungguhnya hamba sahaya yang hitam lagi pesek hidungnya tetapi taat beragama ,itu lebih utama.(HR:Ibnu Majah).
Dibalik kulitnya yang hitam legam bersembunyi kecerdasan emosional dan spritual yang tak pernah kumiliki hanya kecerdasan intelektualku yang kugadang gadangkan.
Azan yang berkumandang yang selama ini kuacuhkan kini malah saat kunanti nantikan untuk segera melangkah ke mesjid dimana ribuan malaikat bergabung berjamaah yang membuka peluang doa sangat ijabah buat hamba hambanya yang bermohon..
Mesjid yang sederhana kurehab menjadi mesjid jamik yang sholat jumat didirikan didalamnya dengan rizki dari Allah yang dititipkannya lewat diriku.
Kulengkapi dengan pustaka Islam dimana jamaah bisa menambah wawasannya mengenai Islam yang benar,jauh dari bid"ah dan khurafat yang menyeret ummat kejurang kesesatan.
Anak2 mengaji al quran setiap ba"da maghrib didalamnya tidak hanya mampu membaca tapi juga mampu menrjemahkannya semoga jadi generasi qurani.
Dari Ustman Bin Affan Rasul bersabda:Barang siapa membangun mesjid Allah akan membangunkan istana buatnya disyurga.(HR:Bukhari dan Muslim).
Waktuku kufokuskan dengan membaca dan mendengar ceramah Islam yang membuat kedunguanku tentang Islam memudar, dan kunci pembuka pintu syurga yang berserakan dalam perjalanan hidupku
satu demi satu kukantongi yang selama ini aku buta sama sekali.
Syukur alhamdulillah ya Allah si Mutiara Hitam istri yang kucintai telah berjuang untuk mengarahkan ku dengan pertolonganMu membuka pandanganan hidupku yang lapang dan benar.
Tak pernah kecewa singgah dalam hidupnya semuanya diterima secara ikhlas walaupun kami sudah  beberapa tahun hidup bersama belum memperoleh keturunan.
Dengan memelihara dua anak yatim piatu kami cukup berbahagia seperti merawat anak kandung sendiri.yang kami pungut sejak bayi.
Bukankah Rasul bersabda:
Barang siapa memelihara anak yatim maka nanti dihari kiamat mendampingiku disyurga seperti ini sambil merapatkan jari tengah dan telinjuknya.(HR:Bukhari)).
Mulutku yang selama ini kikir mengucapkan salam sesama muslim kini merupakan tradisi harianku.
Rasul berabda:
Demi jiwaku yang dalam genggamannya kamu tidak akan dapat masuk syurga kecuali harus beriman,dan tidak beriman kecuali harus saling menyayangi .
Maukah aku tunjukkan sesuatu bila kamu lakukan niscaya kamu saling menyayangi .
Sebarkanlah salam diantara kamu.(HR:Muslim).
Dari Abdullah Ibnu Salam ,Rasulbersabda:
Wahai manusia,sebarkanlah ucapan salam,hubungkanlah tali kekerabatan,berilah makanan,shalatlah pada waktu malam saat orang lagi tidur,engkau akan masuk suyurga dengan selamat(HR:Tirmidzi).
Konsep hidup yang kupegang erat adalah apa yang kau berikan itulah milikmu yang abadi.dan barang siapa menyenangkan orang lain ,Allah pasti menyenangkannya.
Celakanya diriku hampir tidak pernah mengucapkan bismillahirrahmanirrahim setiap memulai melakukan pekerjaan apalagi waktu makan alangkah tidak bersyukurnya aku.
Kullu amrin laa yubda"u bil bismillah fahuwa aqtho"u,setiap pekerjaan tanpa dimulai dengan bismillah maka berkahnya terputus.
Allah berfirman wahai Muhammad barangsiapa mengingatku dengan nama ini dari golongan ummatku dengan hati yang tulus melafazkan bismillahirrahmanirrahim maka aku beri dia minum air empat sungai yang mengalir disurga,
Satu kebodohanku menyolok selesai wudhu kuabaikan membaca kesaksian kepada Allah dan Rasulnya(Asyhadu alla ilahaa illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasuuluhu.)
Rasul bersabda:
Tidaklah salah seorang kamu mengambil wudhu dengan sempurna lalu berkata:
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad Hamba dan Rasul Allah melainkan akan dibuka baginya delapan pintu syurga.
Dia akan masuk dari pintu mana saya yang dia kehendaki.(HR:Muslim).
Berkat sifat qanaah si Mutiara Hitam yang selalu mendampingiku, perangai emosional yang membalut hatiku yang angkuh kini rontok satu persatu dan pergi tanpa pamit dari kehidupanku.
Barangsiapa pemarah tidak akan pernah mencium bau syurga,padahal bau syurga tercium dalam perjalanan 40 tahun menuju syurga.
Allah berfirman dalam surat Ali Imran 133-4:
Bersegeralah kamu kepada ampunan dari TuhanMu,dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang yang taqwa(yaitu) orang orang yang menafkahkan hartanya baik waktu lapang maupun sempit dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain,Allah menyukai orang orang yang berbuat kebajikan.
Bukan hanya sholat fardhu tetapi sholat sunat dhuha,tahajud,rawatib bahkan sunat wudhu konsisten dilakukan oleh sang mutiara hitam sepanjang hidupnya.
Ummu Habibah Ummul Mukmin ra berkata,aku pernah mendengar Rasul bersabda:
Barang siapa yang melakukan sholat sunat 12 rakaat(4 rakaat sebelum zuhur dan 2 rakaat sesudahnya,2 rakaat sesudah maghrib,2 rakaat sesudah isya dan 2 rakaat sebelum subuh) niscaya akan dibangun sebuah rumah baginya di syurga).(HR:Muslim).
Dari Anas ra,Rasul bersabda:
Siapa saja menunaikan sholat dhuha dua belas rakaat niscaya Allah membangun sebuah istana baginya disyurga.(HR:Tirmidzi).
Dari Abu Hurairah,Rasul bersabda:
Siapa yang ahli sholat maka ia akan diseru dari pintu sholat.
Siapa yang ahli jihad akan diseru dari pintu jihad dan siapa yang ahli sedeqah akan diseru dari pintu sedeqah sementara yang ahli puasa akan diseru dari pintu Rayyan.
Abu Bakar siddiq bertanya:Mungkinkah ada yang diseru dari semua pintu?
Maka beliau menjawab:Ya ada,Dan aku berharap kamu termasuk golongan mereka(HR:Bukhari).
Jangan heran  kalau si Mutiara hitam mengakhiri hidupnya disaat sujud terakhir sholat tahajud tatkala manusia terkulai layu dalam kepulasan tidurnya.
Tidak ada pesan apapun menjelang akhir hidupnya hanya senyumnya yang khas yang dilemparkannya sehabis berwudhu menjelang tidurnya.
Kesendirianku kembali menerpa hidupku tapi kesepian tidak ditemui lagi dalam kamus hidupku karena aku merasa dekat dengan Dia pemilik sejati hidupku.
Dua anak angkatku kini telah menjadi dokter spesialist jantung dan ahli bedah thorak kebetulan dimasa tuaku penyakit jantung koroner mengerogoti diriku.
Selamat jalan istriku si Mutiara Hitam ,semoga Allah menerimamu dan mengampuni dosa dosamu insyaallah aku menyusulmu di Darul Qarar,Jalal,Salam,Khuldi,Ma"wa,Na"im,Adn atau Firdaus.Amiin


Disadur oleh:ALS  Semarang 16 April 2014  published jam 20.00 wib.

0 comments:

Post a Comment