Saturday, April 26, 2014

ALHAMDULILLAH ANAKKU SUDAH BISA MERASA.

Tangisan bayi laki mungil hitam lebam lewat pintu rahimku mampu merobek kesepian yang mendera hidup kami  selama lima tahun berumah tangga kebetulan bertepatan pada hari diwisudanya ayahnya sebagai sarjana hukum Universitas Pekalongan. Kehadirannya laksana sang surya yang menerobos bilik kehidupan kami berdua mengusir awan kelabu yang menghadang sinar kebahagiaan lewat jendela harapan kami. Berkat tidak ada kamus putus asa dalam berdoa akhirnya Allah mewujudkan impian indah kami.

Rasul bersabda:
Wahai manusia ambillah amalan yang kamu mampu lakukan sesungguhnya Allah tidak akan jemu sehingga kamu sendiri jemu.Dan amalan yang Allah cintai adalah apa yang dilakukan dengan istiqamah meskipun sedikit.(HR:Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra.).

Dengan rasa syukur kehadirat Allah kami beri namanya Kautsar Taqy Immanullah merupakan gabungan saran dari ayah,mama dan embahnya yang tak bisa menyembunyikan kegembiraan atas kehadiran cucunya.Suamiku mengusulkan nama Kautsar adalah kenikmatan yang diberikan Allah yang tak ternilai harganya laksana telaga Kautsar di syurga  yang airnya lebih putih dari susu,lebih manis dari madu dan lebih wangi dari aroma apapun dihadiahkan Allah kepada Rasulullah dihari kiamat.Sementara embah kakungnya mengusulkan nama Taqy dimana Taqya berarti Taqwa merupakan derajat kemuliaan tertinggi hamba disisi Allah,bukankah Allah berfirman dalam surat Al Hujurat ayat 13,Inna akromakum indallahi atqookum artinya sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantara kamu.

Aku sendiri orang yang mengagumi dokter Amanullah ahli bedah syaraf tersohor di JawaTengah yang
taat kepada Allah dan Rasulnya dan tinggi kepeduliaannya terhadap kaum duafa menyarankan nama Imanullah artinya orang beriman kepada Allah.

Nama adalah doa semoga Allah mengabulkan doa kami, anak satu satunya titipan Allah benar benar jadi insan bertaqwa tidak hanya berkecerdasan intelektual tetapi kecerdasan emosional dan spiritual. Walaupun kondisi ekonomi kami pas pasan tetapi kegembiraan kami tak bisa dibendung walau untuk memenuhi kebutuhan susu Kautsar kami rela menjual semua perhiasan yang sedikit kami miliki.

Penghasilan suamiku sebagai pegawai biasa PDAM di Pekalongan dan aku sebegai perawat di Rs Telogorejo Semarang jauh dari cukup tapi kami mampu mengelolanya dengan penghematan ketat. Sejak kemunculan Kautsar sejak 4 April 2003 dibumi Allah tampaknya bukan hanya hati kami yang bertambah lapang tetapi rizki kami berangsur angsur meningkat karena kami berusaha berinfak dalam keadaan sempit dan lapang dan berusaha untuk mencegah putusnya silaturahmi.

Bukankah salah satu ciri ciri orang bertaqwa yaitu menafkahkan hartanya waktu lapang maupun sempit(surat Ali Imran 134) dan Rasul bersabda: Barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung silaturahim.(HR:Bukhari dan Muslim).

Dan barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya akan diberikan jalan keluarnya baginya dan diberikan rizki kepadanya dari arah yang tidak disangka sangka(Qur"an surat ath Thalaq 2,3)..

Doa adalah senjata pamungkas kami untuk meredam kekecewaan dan keresahan yang kadang kala mendera apalagi Mahatma Gandhi negarawam India pernah bicara:
Tanpa doa saya sudah lama jadi gila.
Tampak wataknya seperti dewasa walaupun umurnya baru empat tahun ketika bibik pembantu rumah tangga selama ini mengurus dirinya harus pindah ke Jakarta kesedihannya tak bisa disembunyikannya 
sambil duduk termangu dikursi dapur dia melantunkan lagu SLANK ,Kutakbisa jauh jauh darimu,dengan tetesan airmata membasahi pipinya .
Ketika ditanya siapa sih mbak Tanti dia ngak tega menjawab bahwa mbak Tanty adalah pembantu mamanya dirumah karena dia sudah merasa mbak Tanti sebagai mbak kandungnyha sendiri.
Mengapa anak seumur itu sudah bisa merasa apa yang dirasakan orang lain bukan kebanyakan orang yang selalu merasa bisa.Semoga ciri khasnya ini merupakan tunas yang bakal mekar jadi taqwa.
Pepatah Jawa mengingatkan:Dadilah uwong biso rumongso ojo dadi uwong rumongso biso.
Rumongso biso membuat orang lupa diri dan ogah mendengar nasihat orang lain pada hal Umar bin Khatab dengan tegas menyatakan bahwa mayoritas penduduk NERAKA diisi oleh orang orang yang tidak mau mendengar karena merasa paling tahu padahal banyak yang dia tidak tahu.
Ingatlah salah satu kelompok orang, yang Allah tidak mau memandangnya,atau membersihkan dosanya dan akhirnya melemparkannya keneraka adalah mereka yang bodoh atau miskin tapi sombong..
Namun jangan sekali kali mengatakan tidak bisa karena Napoleon dengan tegas mengatakan
Tidak bisa hanya salah satu kata yang hanya dijumpai dalam kamusnya orang gila.
Karena kata tidak bisa, akan melumpuhkan semangat berjihad untuk mewujudkan cita cita luhurmu.
Untuk itu kami harus bisa memenuhi harapan masa depan Kautsar,dengan keterbatasan hidup, kami
usahakan menyekolahkan beliau sejak umur 2,5 tahun di Play Group Reksa Cipta Meranggen dan umur 4 tahun diTaman Kanak Kanak Islam Terpadu,mulai usia 6 tahun masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda Pucang Gading dengan harapan bukan hanya mengembang pikirannya tapi juga mental spiritualnya.
Allah menganugerahkan ketabahan dan keberanian buat Kautsar sejak umur lima tahun sudah tidur terpisah dari kami dikamar tersendiri. Sejak umur delapan tahun menakjubkan berani tidur sendiri dirumah karena ayahnya berkerja di Pekalongan hanya pulang setiap Sabtu sementara mamanya kadang dinas jaga malam dirumah sakit.
Dia mampu belajar sendiri tanpa les tambahan khusus karena apa yang didapatnya disekolahnya sudah mencukupi walaupun prestasi belajar tak istimewa banget seperti teman teman lainnya ini tidak terlepas dari jasa guru gurunya yang bersungguh sungguh mendidiknya.
Cita citanya berubah ubah pernah ingin jadi pemadam kebakaran yang terlihat menakjubkan mampu menjinakkan api yang sedang mengamuk menghanguskan setiap yang dijilatnya.

Pernah juga kepingin jadi tentara yang gagah perkasa berani bertarung nyawa dimedan perang untuk membela tanah air yang tercinta,dan tatkala dibawa mamanya kelingkungan rumah sakit cita citanya berubah lagi ingin jadi dokter yang selalu senyum dengan bangga mampu keringankan penderitaan pasienya dan terakhir kepingin jadi santri di pesantren moderen kelak jadi kiai kondang dimedia televisi dan bisa menggaet celebriti sebagai teman hidupnya.

Yang sangat melapangkan dada mama dan ayahnya karena sejak umur delapan tahun tidak pernah meninggalkan sholat dan puasa ramadhan sangat dinanti nantikannya.,mengajinya sudah sampai surat Al Anfal ayat 56 semoga Kutsar jadi hafiz al Quran. Diusia sebelas tahun ini dia sudah duduk dikelas lima dan begitu ketat mengatur jadwal waktunya untuk berbulu tangkis dan berenang secara rutin.

Satu pertanyaan yang mengharukan kenapa mama tidak memberiku adik lagi betapa sepinya aku sendiri dan terus sendiri.Kucoba merespons: Bukankah Allah yang menentukan segala galanya walaupun mama dan ayah terus berdoa seperti kami pernah berdoa sebelas tahun yang lalu mengharapkan kehadiranmu? Dia terdiam seribu bahasa dan sejak itu pertanyaan itu dikuburkannya sedalam dalamnya dalam hatinya dan tak boleh tampil lagi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dengan segala keputusanNya demikian bisikan hatinya.

Kautsar melangkah masuk kamarnya tanpa sepatah katapun lalu beristighfar Ya Allah ampunilah aku telah salah sangka kepadaMU,dan kuatkanlah imanku aku bersumpah akan membahagiakan kedua orang tuaku walaupun aku sadar aku pasti tidak mampu membalas jasanya walaupun kuserahkan bumi dan langit beserta isinya untuk ayah mamaku tercinta.

Aku selaku mamanya yang melahirkan ,merawat serta membesarkannya bersyukur kehadirat Allah yang masih memberiku kesempatan bersama suamiku tercinta berumrah ketanah suci dan kami telah berdoa disana semoga Kautsar jadi anak kami yang qurrota a"yunin yanfa"linnas yaitu anak yang enak dipandang mata penampilannya,karakternya,dan bermanfaat bagi manusia sekitarnya.Amiin
Ya Allah ya Tuhanku berilah kami kesempatan berhaji bertiga bersama Kautsar tersayang sekali saja selanjutnya bila ada rizki yang lapang kami akan angkat anak duafa untuk kami didik dan besarkan bersama Kautsar melangkah bersama kedepan untuk meredam kesepian kesendirian Kautsar.Amiin.
Terima kasi kami tidak terhingga kami sampaikan kepada para guru guru Kautsar yang sangat banyak membantu mengarahkan perjalanan hidup Kautsar semoga Allah merahmati kalian semua.Amiin.

Disusun:oleh ALS Semarang Minggu 27 April 2014.Insya Allah ada jalan. 

0 comments:

Post a Comment